Pantun Agama

Pantun agama adalah salah satu pantun diantara contoh lainnya yang berisikan nasehat-nasehat mengenai bidang keagamaan. Biasanya pantun ini dijumpai di bangku sekolah SMP, SMA atau bisa juga ketika mendengar ceramah seorang Ustadz.

Agar audien gak bosen ketika mendengar pidato, biasanya penceramahnya menggunakan sebuah kata-kata unik tapi sangat dalam sekali maknanya.

Nah seperti halnya Ustadz Taufiqurrahman, beliau ini adalah salah satu Ustadz yang mana, ketika berceramah ia menyisipkan sebuah pantun untuk memperkaya dakwah beliau. Jadi pantun itu bisa dijadikan sebuah ciri khas orang dalam berbicara di depan umum.

Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin pidatonya di dengar lebih nyaman, enjoy dan nggak bikin ngantuk. Saran saya coba selipkan beberapa pantun untuk memperindah pidato Anda.

Nah berikut ini beberapa contoh pantun agama dengan nasehat yang baik dan bijak untuk bisa menambah ketaatan kita kepada Sang Maha Pencipta :

Pantun Agama Islam

Islam adalah agama rahmatan lil’alamiin, jadi apapun metode belajaranya asalkan itu baik, benar dan sesuai dengan yang telah diajarkan Nabi Muhammad sholallahu ‘alaihi wassallam.

Pantun ini sangat cocok sekali untuk membangkitkan semangat dan motivasi dalam kehidupan maupun ibadah agar semakin baik untuk kedepannya.

Selain memberikan motivasi kehidupan, bisa juga berlomba-lomba dalam kebaikan untuk mendapatkan ganjaran (pahala) dari Allah subhaanahu wa ta’ala. Nah berikut ini beberapa contoh pantun agama Islam :

Pantun tentang Nabi

pantun, ibadah, agama, pantun agama, islam, umat beragama, toleransi, semangat, kristen, hindu dan lain-lain

Rasa rindu yang dirasakan oleh seluruh umat Islam selarang ini terhadap Nabi Muhammad sholallahu ‘alaihi wassallam, begitu besar dan berat ingin bertemu dengan beliau.

Dengan membuat pantun tentang Nabi ini, semoga bisa mengobati rasa rindu terhadap Nabi kita. Nah berikut ini beberapa pantun tentang Rasulullah :

Kumpulkan pahala untuk akhirat
Nah tugas kita di dunia apa
Nabi Muhammad SAW itu Nabi seluruh umat
Sifatnya tegas pemaaf dan baik hatinya

Sholat fardhu adalah ibadah
Ibadah sholat wajib sebagai tiang agama 
Rindu Nabi Muhammad SAW itu berkah
Berkah kita menambah iman dan taqwa

Mengucap salam dengan senyum bahagia 
Yang menjawab pasti tersenyum simpul 
Untuk umat islam dimanapun berada 
Selamat Menyambut Maulidur Rasul

Jaringan puput merata-rata
Campakkan bilis ke dalam pukat
Keringlah laut menjadi tinta
Takkan tertulis ajaran Muhammad

Mengayuh jung di pagi jumat
Tali kemudi jela berjela
Sungguh agung Nabi Muhammad
Budi pekerti tiada bercela

Tidak menunaikan sholat hati resah 
Menunaikan sholat hati bahagia 
Menauladani Nabi Muhammad SAW itu ibadah 
Semoga dapat berlimpah pahala

Jalan-jalan lihat pohon pinang
Pinang tumbuh di tepi serambi
Jangan lakukan hal yang dilarang
Jika tidak ingin dibenci Nabi

Banyaklah orang menggali halia
Halia di gali beri bertempat
Banyaklah orang berbudi mulia
Mulialah budi Nabi Muhammad

Banyaklah redup perkara redup
Redup alamat hari kan hujan
Banyaklah hidup perkara hidup
Hidup Muhammad menjadi teladan

Menyiram tanaman setiap hari
Salah satunya tanaman tomat
Banyak Nabi antara Nabi
Tak semulia Nabi Muhammad

Membeli anting dan juga kalung
Jika dipakai terlihat mengkilap
Kepada Allah tempat bergantung
Kepada Nabi tempat mengucap

Hari jumat menggali halia
Hari hujan menyuluh ketam
Budi Muhammad budi mulia
Jadi ikutan seluruh alam

Pantun tentang Sholat

pantun, ibadah, agama, pantun agama, islam, umat beragama, toleransi, semangat, kristen, hindu dan lain-lain

Sholat adalah rukun islam yang ke-lima. Dan persyaratan sah islam adalah melakukan semua rukun islam tersebut yang terutama sholat. Seperti kata Ustadz Adi Hidayat, ” Kunci dari semua hal adalah sholat. Kalau kita masih sering berbuat salah, maka ada yang salah dalam sholat kita

Untuk bisa menimbulkan rasa semangat dalam beribadah yaitu dengan mengeluarkan motivasi-motivasi untuk diri Anda. Diantara motivasi itu adalah dengan pantun, berikut ini ada beberapa contoh pantun tentang sholat :

Beratap langit beralas tanah
Kain batik kain sulam
Siapa sholat subuh berjamaah
Laksana sholat setengah malam

Minum obat agar sembuh
Semua obat pahit rasanya
Dua rakaat sebelum subuh
Lebih berharga dari seluruh dunia

Pergi berburu sambil berkemah
Membawa tali untuk mengikat
Tunaikan sholat subuh berjamaah
Karena disaksikan oleh malaikat

Jangan terbang tinggi-tinggi
Nanti dapat jatuh kebawah
Ayo sholat untuk luruskan hati
Didalam ibadat turuti sunnah

Pergi ke pasar membeli sapu
Tidak sengaja menginjak duri
Jangan lupa sholat lima waktu
Di sela kegiatan sehari-hari

Hari teduh main di taman
Main ke kolam melihat ikan
Sholat subuh tanda iman
Meninggalkannya kemunafikan

Jalan-jalan membeli nanas
Nanas dikupas lalu dimakan
Ayo kita cepat bergegas
Sholat Jumโ€™at akan ditegakkan

Jalan-jalan beli buah tomat
Sebelum dimakan harus dikupas
Hai teman mari kita sholat
Agar kita jadi orang cerdas

Pohon jati untuk mengukir
Ujung kayu tolong pahatkan
Setelah sholat membaca dzikir
Dzikir pagi jangan ditinggalkan

Para petani memanen padi
Saat di sawah melihat batu
Ingatlah Allah Setiap hari
Dengan sholat lima waktu

Pantun tentang Puasa

pantun, ibadah, agama, pantun agama, islam, umat beragama, toleransi, semangat, kristen, hindu dan lain-lain

Akhir bulan mendapat gaji
Gaji untuk membeli ketupat
Rajin-rajinlah sholat dan mengaji
Janganlah lupa puasa dan zakat

Bu Siti jualan bubur
Bubur dicampur buah kelapa
Selesai sahur langsung tidur
Bangun-bangun sudah berbuka

Tanam kacang di pagi hari
Tumbuh enam layu sebatang
Keburukan orang jangan dicari
Bila kalian sedang puasa

Pak kopral dan komandan
Dua-duanya adalah tentara
Bulan suci bulan ramadhan
Semua mukmin bergembira

Sungguh harum daun pandan
Buah kurma dari Mekah
Marhaban ya Ramadhan
Bulan suci penuh berkah

Angin berhembus amat pelan
Pisang raja satu pandan
Kepada kawan dan handai taulan
Marhaban di bulan ramadhan

Beli computer itu biasa
Supaya belajar jadi semangat
Mari kita belajar puasa
Agar kita jadi kuat

Batu gunung berbongkah-bongkah
Bulat seperti bentuk bola
Ramadhan penuh berkah
Waktu untuk mendulang pahala

Pantun tentang Haji

pantun, ibadah, agama, pantun agama, islam, umat beragama, toleransi, semangat, kristen, hindu dan lain-lain

Saat berenang bertemu ubur-ubur
Janganlah engkau melempari tomat
Jika anda ingin jadi haji mabrur
Rajinlah mengaji dan juga sholat

Pergi ke pasar membeli tahu
Jangan lupa membeli kwaci
Jika kalian sudah mampu
Segeralah menunaikan haji

Siang-siang makan jambu biji
Jambu biji sangatlah manis
Mari menabung untuk berhaji
Pulangnya nanti memakai gamis

Pantun tentang Surga dan Neraka

pantun, ibadah, agama, pantun agama, islam, umat beragama, toleransi, semangat, kristen, hindu dan lain-lain

Sandal sepatu dipasang di kaki
Belinya jauh di kota Jakarta
Janganlah engkau iri dan dengki
Agar tidak masuk neraka

Depan rumah ada pohon mangga
Sebelahnya ada daun suji
Jika ingin masuk surga
Janganlah lupa selalu mengaji

Jalan-jalan ke Kota Mekah
Menginap semalam di Kuala Muda
Sholat itu adalah perintah
Jika ditinggal masuk neraka

Buah semangka dibelah-belah
Dapat sebagai pelepas dahaga
Ikutilah firman Allah
Supaya dapat masuk surga

Buah mentimun buah bergetah
Hati-hati untuk memakannya
Jika suka tinggalkan ibadah
Sudah pasti masuk neraka

Pantun Agama Kristen

pantun, ibadah, agama, pantun agama, islam, umat beragama, toleransi, semangat, kristen, hindu dan lain-lain

Pantun ini berisi tentang kata-kata yang dapat membangun jiwa untuk berbuat baik dan terpuji. Dengan melakukan perbuatan terpuji, maka Tuhan akan selalu menyayangi Anda.

Agar hidup menjadi lebih baik, maka carilah kalimat-kalimat motivasi agar membantu Anda dalam berbuat kebaikan. Berikut ini beberapa pantun agama kristen :

Pantun tentang Natal

Jalan-jalan ke kota baru
Jangan lupa beli sepatu
Natal sudah didepan pintu
Sambut kelahirannya dengan hatimu

Siang hari ke pasar baru
Mari kita membeli ragi
Selamat natal dan tahun baru
Semoga esok lebih baik lagi

Buah nanas rasanya manis
Dapat juga dijadikan bekal
Anak cantik jangan menangis
Karena sekarang hari natal

Di depan rumah ada batu bata
Janganlah engkau jadikan bantal
Hari natal sudah di depan mata 
Jangan lupa hias pohon natal

Kena ulat jadi gatal
Ulatnya jatuh kena batu
Mari kita rayakan natal
Rayakan pula tahun baru

Pantun tentang Rohani

Di meja banyak semut
Mengerubungi buah leci
Lebih baik kita menurut
Jika kita ingin diberkati

Jalan-jalan menuju gurun
Disana ada sebuah goa
Hari petang mentari turun
Yesus tersayang terkenang jua

Siang-siang pakai kemeja
Jangan lupa untuk diikat
Anak Tuhan selalu ke Gereja
Pulang-pulang membawa berkat

Pergi ke kebun ambil pisang
Pisang matang langsung dimakan
Untuk apa mengaku orang
Jika belum baca firman

Beli baju warna โ€“warni
Turun hujan bajunya basah
Mari dengar lagu rohani
Agar hati tidak gelisah

Hari Minggu pergi liburan
Sambil lihat patung berbaris
Jika anda baca firman Tuhan
Anda terhindar dari iblis

Pantun Agama Hindu

pantun, ibadah, agama, pantun agama, islam, umat beragama, toleransi, semangat, kristen, hindu dan lain-lain

Seperti halnya dengan agama lain, pantun agama hindu ini juga bertujuan untuk mengajak pemeluknya agar selalu taat dalam beragama. Selain itu, umat hindu juga diwajibkan untuk berperilaku baik dan terpuji.

Salah satu cara untuk mengajak pemeluk agama hindu agar taat dalam beragama ialah dengan pantun. Berikut ini beberapa contoh pantun agama hindu :

Pantun tentang Kehidupan

Pulang sekolah berlari-lari
Karena akan datangnya hujan
Lakukan Tri Sandya tiga kali sehari
Jangan pernah anda lewatkan

Pergi ke kota beli bakpia
Jangan lupa membeli nasi
Kedamaian tiba ke dunia
Tebarlah kasih dengan tat twam asi

Jalan-jalan dengan Pak sopir
Tidak lupa membeli kebaya
Tubuh disucikan dengan air
Pikiran disucikan dengan satya

Pergi jauh untuk berkelana
Jangan lupa membawa peta
Sang Hyang Widhi maha sempurna
Kitab Weda panduan kita

Burung nuri burung dara
Hinggap di pohon buah delima
Brahma Wisnu juga Iswara
Tuhan satu namun banyak nama

Jalan-jalan ke Australia
Jangan lupa membeli gula
Jadilah orang berhati mulia
Ingatlah selalu karma pahala

Ada batu permukaannya rata
Batunya ringan mudah dibawa
Mari kita bermunajat pada dewata
Agar dapat keselamatan jiwa

Pantun tentang Hari Raya Nyepi

Berangkat ke pasar membeli buah
Jumlahnya ada sepuluh biji
Jika aku punya salah
Tolong maafkan walau sekali

Di dalam kandang ada sapi
Setiap hari selalu dijaga
Selamat hari raya Nyepi
Semoga kita selalu bahagia

Jalan-jalan memakai topi
Topi dibeli di pasar Sleman
Selamat hari raya Nyepi
Semoga tercipta kedamaian

Naik mobil kesana-sini
Perginya sampai luar kota
Di tahun baru Saka ini
Mari eratkan persaudaraan kita

Pak tukang memasang atap
Atapnya dipasang di rumah warga
Walau kita tak bisa bertatap
Ucapkan maaf untuk keluarga

Siang hari main kecapi
Jangan main sambil olahraga
Selamat hari raya nyepi
Semoga bahagia jiwa dan raga

Pantun Mengenai Kematian

pantun, ibadah, agama, pantun agama, islam, umat beragama, toleransi, semangat, kristen, hindu dan lain-lain

Di antara ketetapan-ketapan Allah, hal yang pasti terjadi adalah kematian. Coba Anda fikirkan, takdir jodoh dan kematian, mana yang akan lebih dahulu menghampiri dan pasti terjadi bagi Anda?

Pasti adalah kematian, maka dari pada itu persiapkan lah bekal untuk menuju surganya Allah subhaanhu wa ta’ala. Nah dalam mempersiapkan bekal, Anda membutuhkan motivasi agar timbul semangat dalam beribadah.

Salah satu di antara motivasi itu adalah pantun tentang kematian ini. Nah berikut ini beberapa contoh pantun mengenai kematian :

Bunga melur bunga melati
Tumbuh di samping pohon angsana
Sesiapa yang hidup pastikan mati
Bila suratan ajal tiba

Senang bermain kesana-sini
Lari-lari riang kemari
Lupa hati lupa diri
Padahal ajal selalu mendekati

Makan Sate dua puluh tusuk
Lapar hilang hausnya datang
Pengemis meminta manusia rakus
Tibalah ajal beserta kematian

Bila memetik mawar berduri
Jika tersilap tangan terluka
Tinggal jenazah seorang diri
Di dalam liang gelap gulita

Jalan-jalan ke kota jakarta
Jangan lupa mampir ke mallnya
Manusia bangga hidup di dunia
Padahal kematian selalu menyapanya

Bunga kamboja batangnya subur
Daunnya gugur dikala petang
Selalu kuhantar jenazah ke kubur
Entahlah esok giliranku datang

Pantun Mengenai Kebesaran Tuhan

pantun, ibadah, agama, pantun agama, islam, umat beragama, toleransi, semangat, kristen, hindu dan lain-lain

Jika mengaitkan tentang agama Islam, pasti ada hubungannya dengan sang Maha Pencipta alam semesta. Tuhan merupakan zat yang paling utama di kehidupan ini.

Nah dalam pantun ini terdapat unsur mengenai kebesaran dan kekuasaan-Nya. Sebagai suatu bentuk kesyukuran, kekuasaan, dan pengingat bagi manusia untuk lebih taat bertuhan kepada-Nya.

Berikut ini beberapa contoh pantun mengenai kebesaran Tuhan, dengan adanya ini Anda bisa lebih ingat, taat kepada-Nya :

Banyaklah rajut perkara rajut
Rajut bertali bunga bercanggah
Banyaklah sujud perkara sujud
Sujud sejati kepada Allah

Banyak rumpun perkara rumpun
Rumpun gelagah diterjang rusa
Banyaklah ampun perkara ampun
Ampunan Allah sepanjang masa

Pergi ke Yogya asik sekali
Sampai disana naik delman
Jangan lupa introspeksi diri
Agar selamat dunia dan akhirat

Banyak selasih disebut orang
Selasih berbuah tidak tertebas
Banyaklah kasih disebut orang
Sayang kan Allah tiada terbatas

Pergi ke pasar bersama Rani
Tidak lupa untuk membeli sayur
Nikmatilah rezeki setiap hari
Allah sayang orang yang bersyukur

Lihat cermin nampak muka
Muka cantik muka tampan
Buat apa bangga dengan penampilan
Jika Allah selalu ditinggalkan

Pantun Mengenai Hidup bertoleransi

pantun, ibadah, agama, pantun agama, islam, umat beragama, toleransi, semangat, kristen, hindu dan lain-lain

Ketika hidup di sebuah daerah atau negara, pasti ada yang namanya toleransi. Apa sih yang dimaksud dengan toleransi? Toleransi adalah suatu sikap yang saling menghargai kelompok-kelompok atau antar individu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya.

Setiap manusia pasti menginginkan sebuah bentuk kedamaian, sedangkan kedamaian itu sendiri timbul dari sikap toleransi terhadap sesama.

Oleh karena itu, agama juga terkait dengan faktor-faktor munculnya rasa damai di hati dan kehidupan umat manusia. Nah berikut ini beberapa contoh pantun mengenai toleransi terhadap sesama :

Si Nina pergi mencuci
Mencuci sama si gia
Janganlah kamu saling mencaci
Agar hidup aman bahagia

Panjat pohon rambutan banyak semut
Digigit semut jangan menangis
Jika beta punya salah masa dahulu
Maafkanlah dan beri senyum manis

Meniup balon sebesar bola
Ada bola dikandang kambing
Janganlah bertengkar perkara agama
Hidup ini indah jika bertoleransi

Pergi Tamasya ke pulau Bali
Beli minum di pinggir jalan
Hidup indah dengan bertoleransi
Supaya hidup aman dan tenteram

Bikin sambal pakai terasi
minta cabai sama yaya
hidup beragama harus bertoleransi
agar kita berbahagia

Potong rambut di pinggir pasar
Ada bang dadang jual ikan
Jika adinda marah dengan diri beta
Beta minta maaf dengan manisnya senyuman

Duduk di kelas bersendau gurau
Diam sejenak ada ibu guru
Sudikah dikau memaafkan diriku
Agar hilang kesalahan yang sudah berlalu

Pantun Mengenai Nikmat Surga

pantun, ibadah, agama, pantun agama, islam, umat beragama, toleransi, semangat, kristen, hindu dan lain-lain

Mau ngebetulin genteng kudu siapkan tangga
Peralatan yang dibutukan tentu harus dibawa
Kata pak ustad, setiap hamba dijamin masuk surga
Jika benar2 beriman dan konsisten dalam bertakwa

Bermain di lapangan luas dan lega
Bisa nendang bola ke segala arah
Kalau memang mau masuk surga
Jangan korupsi dan jangan menjarah

Katanya siapapun yang  mandi di telaga
Dilarang memetik kembang yang merekah
Katanya, kepingin banget sampai di surga
Kok banyak rezeki, malah malas bersedekah

Kalau ingin nikmat dalam bertetangga
Janganlah keseringan berbasa basi
Bilangnya, cuma mau masuk surga
Kok uang rakyat malah dikorupsi

Kalau siang dan malam selalu di jaga
Kondisi aman di kampung selalu terasa
Katanya setelah mati  mau masuk surga
Kok nggak ngaji, gak shalat gak puasa

Pantun Mengenai Siksa Neraka

pantun, ibadah, agama, pantun agama, islam, umat beragama, toleransi, semangat, kristen, hindu dan lain-lain

Siang kerja hingga malam
Malam tidur hingga pagi
Tak pernah ngaji tak pernah sembahyang
Di lempar batu sana sini

Sudah tua pincang kaki
Berjudi dari pagi hingga petang
Tak tahu diri tak sadar hati
Panas neraka sampai ke tulang

Minum jamu sambil duduk
Duduk di tepi ada perigi
Jadi manusia malah saling membenci
Digantung di neraka kesana kemari

Cari muka hilang rasa
Cari hati hilang diri
Masa di hidup mencuri harta
Di pukul palu hancur diri ini

Ambil emas lari lepas
Ambil uang lari kencang
Siksa pedih di akhirat
Di potong kaki di potong tangan

Pantun Mengenai Rajin dalam Beribadah

pantun, ibadah, agama, pantun agama, islam, umat beragama, toleransi, semangat, kristen, hindu dan lain-lain

Beli batik warna merah
Beli batik dipekalongan
Mari kita rajin beribadah
Agar disayang oleh Tuhan

Ditempat sampah banyak lalat
Lalat hinggap pada makanan basi
Jangan pernah lupa solat
Solat amal ibadah dibawa mati

Memotong Kayu dengan Gergaji
Hendak Digunakan Sebagai Penggaris Telunjuk
Rajin-rajinlah Adinda Mengaji
Agar dirimu mendapat Petunjuk

Dari kecil nak cincilak padi
Sudah besar cincilak padang
Dari kecil nak duduk mengaji
Sudah besar tegak sembahyang

Menyeduh Kopi yang Amat Pekat
Sambil Memainkan Gitar Enam Dawai
Janganlah Lalai dalam Shalat
Agar Hidupmu Tenteram dan Damai

Pergi kepasar membeli itik
Pulang mampir beli gergaji
Buat apa punya paras cantik
Kalo tidak pernah mau mengaji

Penutup

Demikian beberapa contoh pantun agama yang bisa dijadikan sebuah motivasi untuk meningkatkan semangat dalam beribadah kepada Tuhan. Semoga Bermanfaat, Jangan lupa di share yaa, biar temen kalian mengetahui bahwa pantun juga bisa dijadikan motivasi.

Tinggalkan komentar