Doa Panjang Umur

Doa panjang umur – Saya sangat yakin, pasti semua orang menginginkan umur yang panjang, kesehatan dan lancar rezekinya. Tapi itu semua sudah ada yang mengaturnya.

Namun gak ada salahnya kita sebagai hamba-Nya untuk memanjatkan dan meminta doa kepada Allah subhaanahu wa ta’ala yang telah menciptakan kita semua.

Nah berikut doa yang dapat kita amalkan jika ingin umur panjang, diberi kesehatan dan dilancarkan rezeki kita. Doa ini saya sajikan arab, latin beserta terjemahan artinya.

Baca Juga : Doa Ibu Hamil (Bacaan Arab, Latin dan Terjemahan Artinya)

Doa Umur Panjang dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam

doa panjang umur

Doa ini diambil dari Kitab Al-Adab Al-Mufrid dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam berdoa untuk anaknya, yang berbunyi:

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ ، وَأَطِلْ حَيَاتَهُ – وفي رواية: وَأَطِلْ عُمُرَهُ -، وَاغْفِرْ لَهُ .[الأدب المفرد للبخاري: صححه الألباني]

Allahumma Aktsir Maalii wa walaadahuu, wa Athil Hayaatii ‘ala Tha’atika wa ahsin ‘amalii wagh Firlii.

Artinya : “ Ya Allah, perbanyaklah harta dan anakku, Maka panjangkanlah umurku dalam keataan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.

Doa Meminta Wafat Khusnul Khotimah

doa memohon umur panjang

Selain meminta doa panjang umur, pasti kita juga meminta untuk wafat dalam keadaan baik atau dalam islam yang disebut dengan khusnul khotimah.

Karena selain yang diidam-idamkan umur panjang. Maka meninggal dalam keadaan khusnul khotimah juga menjadi suatu hal yang sangaaat diidamkan bagi semua orang.

Supaya kita tenang ketika di alam kubur nanti, maka amalkan doa berikut ini.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini, wa ‘aafiyatan fil jasadi, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wa barokatan firrizqi, wa taubatan qoblal mauti, wa rohmatan ‘indal mauti, wa magfirotan ba’dal mauti.

Artinya : “ Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.

Doa Mohon Umur Panjang dari Umar bin Khattab

doa panjang umur

Doa ini diambil dari kitab Al-Mu’talif wa Al-Mukhtalif karya Ad-Darul Qathni, yang diucapkan oleh Umar Bin Khattab radhiyallahu ‘anhu untuk mendoakan Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu yang sedang sakit, doa tersebut berbunyi:

(أَطَالَ اللهُ بَقَاءَكَ .(المؤتلف والمختلف للدارقطني

Athaala Allahu Baqaaaka.

Artinya : “ Semoga Allah memanjangkan umurmu.

Doa Mohon Umur Panjang dari Uqbah bin Amir ‘Al-Juhaniy

doa panjang umur

Doa ini ada dalam kitab Al-Adab Al-Mufrad dari Hasan. Bahwasanya doa ini dibacakan oleh Uqbah bin Amir ‘Al-Juhaniy ra kepada seorang Nasrani yang mengucapkan salam padanya saat bertemu di jalan. Yang bunyinya adalah:

إِنَّ رَحْمَةَ اللَّهِ وَبَرَكَاتِهِ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ , لَكِنْ أَطَالَ اللهُ حَيَاتَكَ وَأَكْثَرَ مَالَكَ وَوَلَدَكَ .[الأدب المفرد للبخاري: حسنه الألباني]

Artinya : “ Sesungguhnya rahmat Allah dan berkah-Nya hanya untuk orang-orang yang beriman, akan tetapi semoga Allah memanjangkan umurmu, memperbanyak harta dan anakmu.

Doa Mohon Keselamatan dan Mohon Panjang Umur

doa umur panjang

Doa ini dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu, yang berkata bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam tidak pernah meninggalkan doa ini di sore hari dan pagi hari. doa ini adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي ، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَتِي وَآمِنْ رَوْعَاتِي ، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِي وَعَنْ يَمِينِي وَعَنْ شِمَالِي وَمِنْ فَوْقِي وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

Artinya : “ Ya Allah Tuhanku, Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan di akhirat. Ya Allah Tuhanku, Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ampunan dan keselamatan dalam urusan agamaku, duniaku, keluargaku, dan hartaku. Ya Allah Tuhanku, Tutupilah kekuranganku dan hilangkanlah ketakutanku. Ya Allah Tuhanku, Jagalah aku dari depanku, belakangku, kanan dan kiriku, dan dari atasku, dan aku berlindung hanya dengan keagungan-Mu serangan dari bawahku. (Sunan Abu Dawud : shahih)

Doa Mohon Selamat dan Panjang Umur dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam

doa mohon selamat dan panjang umur

Doa ini dari Abdurrahman bin Abu Bakrah yang mendengar ayahnya selalu berdoa setiap setelah shalat Subuh sampai terbit matahari. Dan doa ini adalah sebagaimana Abu Bakrah radhiyallahu ‘anhu. Selalu mendengar Rasulullah membacakan doa ini:

اللَّهُمَّ عَافِنِي فِى بَدَنِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya : “ Ya Allah Tuhanku, selamatkanlah badanku, Ya Allah Tuhanku, selamatkanlah pendengaranku. Ya Allah Tuhanku, selamatkanlah penglihatanku, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau. (Sunan Abu Daud : Hasan)

Doa Mohon Panjang Umur dari Musnad Ahmad

doa panjang umur

Bahwa doa ini adalah dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam sesuai haditsnya yang berbunyi:

لَيْسَ أَحَدٌ أَفْضَلَ عِنْدَ اللهِ مِنْ مُؤْمِنٍ يُعَمَّرُ فِي الْإِسْلامِ لِتَسْبِيحِهِ وَتَكْبِيرِهِ وَتَهْلِيلِهِ

Artinya : “ Tidak ada seseorang yang lebih baik di sisi Allah dari seorang mukmin yang panjang umurnya dalam Islam karena tasbih, takbir, dan tahlilnya. (Musnad Ahmad : Hasan)

Baca Juga : Doa Turun Hujan Lengkap beserta Amalan-amalannya

Doa Mohon Umur Panjang dan Kesehatan

doa mohon umur panjang dan kesehatan

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma Thawwil Umuuranaa wa Shahhih Ajsaadanaa wa Nawwir Quluubanaa wa Sabbit Iimaananaa wa Ahsin A’maalanaa wa Wassi’ Arzaqanaa wa ilal Khairi Qarribanaa wa ‘Anisy-syarri Ab’idnaa waqdhi Khawaa ijanaa fiddiini waddunyaa wal Akhirati Innaka ‘alaa Kulli Syain Qadiirun.

Artinya : “ Ya Allah Tuhan kami, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan. Maka kabulkanlah segala kebutuhan kami baik dalam agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Demikianlah penjelasan tentang doa panjang umur arab, latin dan terjemahan artinya. Semoga kita bisa mengamalkan doa ini disetiap ketika berdoa.

Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa di share agar temen-temennya juga tau doa panjang umur ini.

Tinggalkan komentar