Olahraga Tradisional

Olahraga Tradisional – Nah, dalam artikel sebelumnya kami membahas tentang olahraga yang dilakukan di kehidupan sehari-hari. Nah, begitu pun kali ini masih dalam ketegori yang sama yakni olahraga.

Namun olahraga ini lebih mendaerah atau bisa disebut dengan olahraga tradisional. Kini kami akan mengajak Anda untuk bernostalgia dengan olahraga-olahraga tradisional milik Indonesia.

Karena anak-anak muda untuk sekarang ini sudah jarang mengetahui apa saja jenis-jenis olahraga tradisional milik Indonesia ini? Maka dari pada itu, kali ini akan membahas hal olahraga tradisional di Indonesia.

Pengertian Olahraga Tradisional

www.goodnewsfromindonesia.id

Lebihenaknya kita membahas dulu, apa sih pengertian olahraga itu yang sebenernya? Olahraga adalah sebuah aktivitas latihan fisik yang bertujuan untuk menjaga kesehatan, kekuatan, fleksibilitas dan daya tahan tubuh.

Sudah faham kan apa arti olahraga sebenarnya? Nah, kalo sudah faham, kita melanjutkan pembahasan tentang, apa pengertian olahraga tradisional itu di Indonesia?

Olahraga tradisional merupakan suatu jenis olahraga yang berasal dari suatu daerah tertentu dengan latar belakang budaya tertentu. Dan hanya berkembang baik dalam ranah lokal sebagai bagian dari kehidupan masyarakat di daerah tersebut.

Baca Juga : Olahraga Bridge

Asal Usul Olahraga Tradisional

gudangpelajaran.com

Sebagian olahraga tradisional muncul itu kebanyakan dari sebuah permainan masyarakat dalam, bahkan tak jarang juga bermula dari permainan sekelompok anak kecil.

Sebagian besar juga olahraga tradisional di Indonesia berasal dari kehidupan sehari-hari seperti aktivitas bertani berburu, bermain, atau bahkan berasal dari salah satu bentuk cara untuk menyerang atau membela diri.

Untuk memahami hal ini lebih lanjut, mari kita bahas dalam poin klasifikasi olahraga tradisional yang akan dijelaskan berikut ini.

Jenis-jenis Olahraga Tradisional Indonesia

Berikut ini ada beberapa jenis olahraga tradisional di Indonesia yang masih langgeng sampek sekarang :

Lompat Batu Nias

yukepo.com

Lompat batu merupakan olahraga tradisional yang berasal asli dari Pulau Nias. Pada masa itu, lompat batu ini digunakan oleh masyarakat nias ketika waktu perang. Atau bisa dibilang persiapan sebelum perang.

Di masyarakt Nias sana, beranggapan bahwa, khusus bagi pemuda Nias ini sanggup atau berhasil melakukan tradisi ini. Maka ia dianggap sudah dewasa dan juga matang fisik, sehingga sudah dikatakan pemuda itu bisa menikah. Begitupun sebaliknya.

Karapan Sapi

radarmadura.jawapos.com

Karapan sapi? Pasti anda mengetahui dari mana karapan sapi ini? Nah, karapan sapi ini merupakan olahraga tradisional yang berasal dari Madura.

Hewan sapi di sini akan dijadikan perlombaan dengan cara sapi yang sudah di ikat di di kereta yang tujuannya untuk menarik kereta tersebut yang sudah ditumpangi oleh pemiliknya.

Untuk balapan hingga ke garis finish dengan tim lawan mainnya atau disebut sebagi lomba untuk beradu cepat dengan sapi lain. Biasanya dilombakan pada bulan-bulan Agustus hingga Oktober.

Egrang

sportourism.id

Egrang merupakan salah satu olahraga yang dalam permainannya menggunakan tongkat atau bambu. Jadi seseorang harus berdiri dengan tongkat dan tidak boleh kaki menyentuh tanah.

Ternyata fungsi olahraga egrang itu sendiri pada zaman dulu adalah untuk menghindari dari genangan air dari banjir. Namun tahun demi tahun egrang sudah dijadikan sebagai olahraga tradisional yang dimiliki Indonesia.

Baca Juga : Olahraga Kardio

Tiban

foto.tempo.co

Tiban merupakan salah satu olahraga tradisional yang berasal dari jawa timur yang dibungkus dengan kesenian. Sehingga olahraga ini memiliki kualitas makna yakni, olahraga sekaligus kesenian yang diadakan untuk menjadi tontonan masyarakat.

Awal mula olahraga ini dari sebuah ritual yang telah ada pada zaman Hindu di wilayah kerajaan Kediri dan sekitarnya. Ritual itu diadakan untuk memanggil hujan pada musim kemarau.

Itulah kenapa acara ritual tersebut dinamai sebagai Tiban yang berarti jatuh atau secara kontekstual maknanya berarti hujan jatuh.

Pencak Silat

akurat.co

Pencak silat merupakan olahraga bela diri khas orang-orang dari Rumpun Melayu sehingga Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam memiliki olahraga Bela diri.

Jurus-jurus dalam belaadiri Pencak silat kebanyakan diambil dari gerakan binatang. Oleh karena itu ada beerbagai jenis silat seperti silat harimau, silat kera putih, silat bangau putih, dan lain sebagainya.

Meski dalam bersilat disisipkan gerakan-gerakan dengan nuansa gerak yang mengedepankan keindahan yang bisa dilihat dari kuda-kuda bergerak seperti menari, namun beladiri silat merupakan salah satu jenis beladiri yang sangat berbahaya dan mematikan.

Mendayung atau Pacu Jalur

riausky.com

Pacu jalur merupakan sebuah perlombaan mendayung di sungai dengan menggunakan perahu yang panjangnya bisa mencapai 25-40 meter.

Acara tersebut biasanya dilangsungkan di sungai Kuantan pada bulan Agustus sebagai salah satu rangkaian acara peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Karena perahu yang digunakan berukuran panjang, tentu pertandingan tersebut merupakan pertandingan beregu 40-60 orang dimana masing-masing tim harus kompak untuk bekerjasama mendayung perahu secepatnya hingga garis akhir.

Balap Karung

bimbeltikitaka.com

Balap karung merupakan salah satu permainan yang masih lestari sampai sekarang, dikarenakan masih sering diperlombakan pada saat peringatan kemerdekaan Indonesia.

Pada saat itu, karung (lebih tepatnya karung goni), merupakan satu-satunya bahan yang dapat digunakan untuk membuat pakaian. Pakaian yang terbuat dari kain merupakan sesuatu hal yang sangat langka dan termasuk dalam kategori mewah, sehingga pakaian karung goni merupakan pakaian yang biasa dijumpai pada zaman itu.

Balap karung sendiri mempunyai folosofi tersendiri, yaitu, betapa susahnya pada zaman itu (digambarkan dengan sulitnya berlari didalam karung) sehingga siapa yang mencapai garis finish digambarkan bahwa orang tersebut sudah bebas alias merdeka.

Galah Asin atau Gobak Sodor

srimartani.bantulkab.go.id

Gobak sodor atau galah asin merupakan permainan olahraga tradisional yang dilakukan minimal oleh 2 tim.

Gobak sodor berasal dari dua kata yaitu gobak dan sodor. Gobak berarti bergerak secara bebas sedangkan sodor berarti tombak. Jadi secara harfiah, gobak sodor adalah olahraga yang dilakukan dengan bergerak secara bebas dengan menggunakan tombak.

Sejarah mencatat, permainin ini berasal dari Yogyakarta, dimana permainin ini digunakan oleh para prajurit kerajaan untuk berlatih teknik kelincahan gerakan perang.

Sepak Takraw

jateng.tribunnews.com

Sepak takraw adalah olahraga tradisional yang merupakan kombinasi antara sepak bola dan bola voli. Sering juga disebut sepak raga, sepak takraw sudah ada sejak zaman kesultanan Malaka sejak tahun 1400 an dan berasal dari Sulawesi Selatan.

Olahraga ini dimainkan oleh dua regu atau tim yang terdiri dari 3 orang. Peraturan yang berlaku kurang lebih sama dengan olahraga voli karena menganut sistem jumlah point. Tim yang mencapai point yang terbanyak amak regu tersebut adalah pemenangnya.

Tarik Tambang

tribratanews.polresmerangin.com

Siapa yang tau olahraga tarik tambang? Yaa, tarik tambang merupakan olahraga tradisional yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Karena tarik tambang ini salah satu olahraga yang sering di perlombakan pada peringatan kemerdekaan Indonesia.

Karena tarik tambang hanya menggunakan dasar sebuah kekompakan tim dan kerjasama. Olahraga ini tidak membutuhkan biaya yang mahal, hanya menyediakan satu tali tambang panjang yang untuk ditarik oleh 2 tim.

Bakiak

jateng.tribunnews.com

Siapa yang tidak mengenal olahraga yang satu ini ? olaharaga tradisional ini memang sangat-sangat di gemari atau dilakukan pada saat-saat acara 17 Agustus. Olahraga ini membutuhkan keterampilan, kerja sama, kepemimpinan, kejujuran, wawasan dan lainnya.

Karena dalam olahraga ini memang harus bisa menyeimbangkan dan bekerja sama dengan baik, olaharaga ini menggunakan lata seperti sandal atau alas kaki yang panjang yang terbuat dari kayu yang pengikatnya menggunakan karet.

Dalam penggunaan olahraga ini yaitu langsung menjdi satu atau menggunakan sandal bersama atau dapat dikatakan sebagai terompah berderet dari papan yang diberi karet atau ban untuk pengikat. Olahraga ini dimainkan oleh 3 (tiga orang).

Baca Juga : Pengertian Olahraga

Phantol

www.jurnalponsel.com

Phantol merupakan satu dari jenis olahraga tradisional yang mengandung unsur bela diri pada daftar kita. Phantol berasal dari Rembang Jawa Timur, Phantol juga merupakan olahraga bela diri yang mirip dengan pencak silat.

Walaupun teknik yang digunakan jauh berbeda. Phantol lebih mengarah kepada gulat tradisional. Olahraga ini mulai dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit.

Kala itu, phantol digelar dalam bentuk sayembara untuk mencari orang-orang terbaik dan terkuat yang nantinya akan bertugas sebagai penjaga pelabuhan dari ancaman perampok dan penyamun

Geudeu-geudeu

www.gapuranews.com

Geudeu-geudeu merupakan salah satu olahraga tradisional jenis bela diri. Olahraga ini berasal dari Aceh, tepatnya di kabupaten Pidie. Geudeu-geudeu mirip dengan panthol, yang membedakan adalah jumlah pesertanya.

Bila panthol adalah pertarungan satu lawan satu, maka geudeu-geudeu merupakan gulat antara 2 tim beranggotakan masing-masing 3 orang.

Menariknya, semua anggota tim akan “berkelahi” secara bersamaan sehingga bagi yang tidak pernah menyaksikannya, arena geudeu-geudeu akan terlihat seperti tempat perkelahian massal

Kesimpulan

Nah itulah beberapa jenis olahraga tradisional yang bisa Anda jadikan rekomendasi untuk olahraga Anda atau bisa juga dijadikan sebuah perlombaan ketika hari kemerdekaan Indonesia.

Yang terpenting adalah niat dan usaha untuk menjaga kesehatan dan juga rutin melakukan olahraga-olahraga seperti yang di atas. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply