Olahraga Rumahan

Olahraga Rumahan – Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang wajib kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Karena manfaat dari olahraga itu sendiri ialah untuk menjaga atau merawat tubuh kita agar tetap sehat.

Melakukan kegiatan olahraga bukan hanya ditempat khusus saja, Anda dirumah pun juga bisa. Nah, disini kami menyediakan beberapa olahraga rumahan untuk referensi Anda ketia dirumah,

Maka dari pada itu, simak baik-baik dan jangan lupa untuk dipraktek kan.

Olahraga Rumahan Untuk Menurunkan Berat badan

Yang pertama yang harus Anda lakukan ialah sebuah niatan ingin menurunkan berat badan, kemudian usaha. Nah, disini ada beberapa olahraga rumahan yang bisa menurunkan berat badan Anda. Seperti contoh berikut :

Lompat Tali (Skipping)

olahraga rumahan, skipping, lompat tali, membakar kalori, membakar lemak, sehat selalu, menjaga kesehatan, olahraga pagi hari
programfitnes.com

Olahraga lompat tali atau yang biasanya kita sebut dengan skipping ini bisa menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk menurunkan berat badan Anda.

Begitu pun tempatnya, tak harus keluar rumah di dalam rumah pun Anda bisa melakukannya atau disekitar rumah pun bisa. Meski terlihat sederhana, olahraga ini sangat efektif membakar lemak maupun kalori dan bisa menurunkan berat badan dengan baik.

Bersepeda

olahraga rumahan, membakar kalori, membakar lemak, sehat selalu, menjaga kesehatan, olahraga pagi hari, bersepeda pagi, muslimah bersepeda, muslimah olahraga sepeda
cahayawahyu.wordpress.com

Untuk Anda yang senang bersantai dan sangat suka menikmati udara pagi yang sejuk, apalagi di temenin oleh pasangan halal, hehe. Nah olahraga sepeda ini adalah solusinya.

Bersepeda akan membuat tubuh bergerak dan lebih aktif, sehingga bisa membakar banyak sekali kalori. Lakukan olahraga ini dengan rutin dan teratur, setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Agar berat badan ideal yang Anda inginkan segera tercapai.

Baca Juga : Olahraga Bridge

Jogging

olahraga rumahan, jogging, jogging pagi, muslimah jogging, olahraga pagi hari, muslimah olahraga, olahraga sehat, olahraga pagi
lombokita.com

Sama halnya dengan bersepeda tadi. Jogging ini bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja sesuai dengan keinginan. Selain olahraga ini sangat sederhana dilakukan, jogging juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Salah satunya efektif menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat. Untuk hasil maksimal, olahraga ini Anda lakukan secara teratur dan setidaknya 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30-60 menit.

Yoga

olahraga rumahan, olahraga yoga, yoga, sehat bugar, olahraga lentur, olahraga pagi hari, muslimah yoga, muslimah latihan kesabaran dengan yoga, hidup sehat
dream.co.id

Yoga juga menjadisalah satu olahraga yang bisa menurunkan berat badan dengan baik. Meskipun olahraga ini kelihatan sangat sederhana dan hanya berupa gerakan yang lambar saja, tapi terbukti ampuh membakar lemak dan kalori dalam jumlah banyak.

Jumping Jacks

olahraga rumahan, olahraga jumping jacks, jumping jacks, olahraga pagi, menjaga kesehatan
wikihow.com

Adapun dengan gerakan, jumping jacks ini juga mampu untuk menurunkan berat badan. Gerakan ini bisa dilakukan dimana saja karena nggak membutuhkan tempat yang luas.

Gerakannya hanya membentangkan tangan kemudian lompat sambil menepuk tangan dan membuka kaki. Terus jangan lupa lho yaa! Olahraga ini dilakukan secara berulang-ulang. Dijamin bisa membakar lemak di daerah kaki dan tangan.

Berjongkok

olahraga rumahan, kebugaran, sehat, olahraga berjongkok, berjongkok, latihan, olahraga
pixabay.com

Gerakan ini dilakukan untuk memperkokoh kekuatan paha dan punggung. Caranya mudah sekali, berdiri tegap dengan mengangkat tangan ke atas, kemudian menurunkan badan posisi jongkok seperti gambar dibawah ini.

Sit Up (Sit-Up)

olahraga rumahan, olahraga sit up, sit up, kebugaran, sehat, latihan, olahraga pagi hari
doktersehat.com

Gerakan sit up ini sangat efektif untuk membakar lemak terutama para area perut. Gerakannya pun mudah dilakukan yaitu dengan posisi terlentang dengan kaki sedikit di tekuk lalu angkat badan. Kepala dan pinggang seperti posisi duduk kemudian kembali ke posisi berbaring dan dilakukan berulang-ulang.

Lari di Tempat

kebugaran, olahraga, sehat, latihan, olahraga lari di tempat
sehatterkendali.wordpress.com

Yang kali ini, gerakannya sangat-sangat simpel sekali. Gerakannya yaitu berdiri dengan pinggul selebar dan berjalan di tempat dengan menarik lutut kanan ke arah dada, Kemudian lutut kiri ke arah dada. Terus bergantian secepat mungkin seperti posisi berlari.

Gerakan Lunges

olahraga, sehat, kebugaran, latihan, olahraga lunges
loop.co.id

Gerakan ini dilakukan dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri yang dijatuhkan lebih rendah. Dan kaki kanan menekuk kedua lutut ke 90 derajat. Lakukan secara berulang dan berbalikan untuk membantu menguatkan otot kaki dan membakar lemak.

Simpel kan broo? Nah, bagi Anda yang menginginkan berat badan turun dan membakar lemak tapi nggak punya untuk melakukan olahraga keluar rumah. Dan tentunya ini merupakan gerakan-gerakan pilihan yang tepat. Selamat mencoba Guyysssss.

Baca Juga : Olahraga Kardio

Olahraga Rumahan untuk Menambah Tinggi Badan

Memiliki tubuh yang ideal merupakan salah satu impian semua orang terutama kaum pria. Untuk Anda yang saat ini yang mempunyai tubuh yang pendek atau biasa saja, jangan khawatir!

Kami akan memberikan beberapa tips olahraga yang bisa membuat tubuh atau badan lebih ideal bahkan tinggi dan kekar. Tapi yang teruatama adalah niat terlebih dahulu dan usahanya. Sehingga apa yang Anda inginkan dapat tercapai.

Langsung saja, Anda bisa lakukan beberapa jenis gerakan olahraga seperti dibawah ini.

Gerakan Pull Up

olahraga, kebugaran, sehat, latihan, olahraga pull up
programfitnes.com

Awal mula melakukan gerakan ini memang berat dan susah untuk menaikkan badan ke atas. Akan tetapi kalo sudah terbiasa melakukannya, maka mudah dan ringan.

Tapi jangan remehkan gerakkan ini! Karena gerakkan ini sangat ampuh dan efektif untuk meningkatkan tinggi badan dan pokoknya jangan diragukan lagi dah olahraga ini.

Gerakan ini adalah gerakan yang mana Anda harus dan diwajibkan untuk bisa mengangkay badan Anda sendiri dengan kedua tangan atau bisa juga bergelantungan hanya sampai beberapa waktu saja. Pokoknya saya jamin 100% bisa banget dan cepat meningkat tinggi badan Anda (jika rutin melakukannya).

Lompat Tali (Skipping)

olahraga, kebugaran, sehat, latihan, skipping
primawater.co.id

Skipping ini terliat lebih mudah dari pada pull up tadi. Karena tidak perlu mengeluarkan tenaga yang besar pada bagian tangan. Skipping merupakan gerakan olahraga dimana kita melompat dan kalo bisa pakai lompat tali.

Dan harus Anda ketahui bahwa gerakan ini termasuk gerakan ringan di pagi hari. Lakukan gerakan ini rutin setiap hari dirumah atau ditempat mana pun, karena melakukannya gak perlu tempat khusus.

Dan ingat juga! Awal mula melakukannya jangan terlalu banyak, kalo bisa bertahap. Dikit demi sedikit yang terpenting konsisten dan rutin melakukan olahraga tersebut.

Push Up dan Sit Up

olahraga push up, olahraga, kebugaran, sehat, latihan, olahraga pagi hari
tipspengembangandiri.com
olahraga rumahan, olahraga sit up, sit up, kebugaran, sehat, latihan, olahraga pagi hari
doktersehat.com

Kedua gerakan ini bisa dibilang sebuah gerakan yang sangat populer di berbagai kalangan, dari mulai kecil hingga dewasa bahkan usia tua pun ada yang melakukannya.

Biasanya push up dan sit up ini dijadikan sebagai olahraga untuk hukuman misalnya saat kegiatan pesantren yang dilanggar santri dan lain sebagainya.

Dan harus Anda ketahui juga! Bukan cuma tinggi badan, otot-otot tubuh akan terbentuk dengan olahraga ini.

Dan tau kah Anda? Kalau ternyata gerakan ini sangat efektif untuk meninggikan badan. Selain itu, gerakan ini juga bisa dilakukan dirumah, jadi sangat efektif dan tentunya tanpa alat tambahan.

Gerakan Menendang

olahraga, kebugaran, sehat, latihan, olahraga pagi hari, olahraga menendang
hipwee.com

Selain ketiga gerakan di atas, ada gerakan lain yang juga efektif untuk meningkatkan tinggi badan Anda, yaitu gerakan menendang.

Ketika disebutkan gerakan menendang pasti timbul pertanyaan? Kok bisa gerakan menendang termasuk suatu yang bisa menambah tinggi badan? Karena dalam gerakan ini tulang kering dan paha Anda akan menjadi lebih panjang dan otomatis badan Anda akan jadi lebih tinggi.

Akan tetapi perlu saya ingat kan kembali! Lakukan terlebih dahulu pemanasan atau pelemasan otot kaki sebelum melakukan, untuk mencegah keseleo atau cedera yang lain.

Gerakan Mencium Lutut

olahraga, kebugaran, sehat, latihan, olahraga pagi
ukmyogamataram.blogspot.com

Dan yang terakhir, Anda harus mencoba gerakan berupa mencium lutut, tapi lutut Anda sendiri lho bukan lutut temen, hehe. Dengan melakukan gerakan ini, punggung akan menjadi lentur yang tentu bisa membuat Anda jadi lebih tinggi.

Gerakan mencium lutut ini terliat sederhana dan gampang, tetapi secara kenyataannya termasuk sulit karena tidak semua orang bisa melakukan ini.

Tapi kalo udah terbiasa, juga akan bisa dan mudah dengan sendirinya. Tapi ada syaratnya! Yaitu lakukan setiap pagi selepas bangun tidur untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Macam-macam Olahraga Rumahan

Dan yang terakhir ini beberapa olahraga rumahan yang belum tertulis dipembahasan sebelumnya. Nah, kalo olahraga ini pasti Anda bisa mendapatkannya.

Gerakan Dinding Duduk

olahraga rumahan, olahraga wall sit, olahraga pagi hari, olahraga, kebugaran, latihan, sehat
dietsehat.co.id

Gerakan satu ini sangat mudah dilakukan. Selain itu juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh diantaranya untuk melatih kekuatan otot kaki bagian bawah.

Posisi awal ialah berdiri tegak dengan menempelkan punggung tepat pada tembok atau dinding. Lalu perlahan lanhkah kaki satu persatu ke depan, tekuk lutut kedua kaki seperti memposisikan tubuh saat duduk di atas kursi.

Gerak Naik Turun Tangga

olahraga rumaha, olahraga, kebugaran, sehat, latihan, olahraga pagi hari, naik turun tangga, olahraga, olahraga naik turun tangga
harianlampung.co.id

Mungkin bagi Anda, yang berada dirumah atau pun di tempat kerja, naik turun tangga merupakan hal yang sudah biasa dilakukan. Meskipun terliat biasa-biasa saja, akan tetapi bisa dijadikan sebuah olahraga lho.

Kali ini naik turun tangga bisa dijadikan olahraga yang cukup ringan dan hal ini sangat mudah Anda lakukan. Tapi persyaratannya dirumah Anda harus mempunyai tangga lho yaa, hehe.

Olahraga rumahan ini bisa dilakukan untuk program diet. Naik turun tangga dengan cepat dan juga terbukti efektif membakar lemak dengan cepat dan juga memperkuat otot kaki dan betis.

Gerakan Plank

olahraga rumahan, kebugaran, olahraga, sehat, latihan, olahraga plank, plank sehat, olahraga pagi hari
www.coachmag.co.uk

Selain melakukan olahraga sit up, plank juga dapat dilakukan untuk membentuk otot bagian perut. Salah satu cara untuk melakukan plank dengan mengambil posisi push up lalu menekuk siku hingga membentuk 90 derajat.

Kemudian menahan badan dengan menggunakan bagian dari telapak tangan hingga menuju siku. Lakukan gerakan ini hingga anda merasa tidak kuat lagi untuk menahannya.

Usahakan agar anda bisa melakukan plank dengan minimal selama 30 detik. Sekiranya anda belum bisa melakukannya , anda dapat mengganti tumpuan kaki anda dengan menggunakan lutut sama seperti melakukan push up.

Gerakan Single leg Balance Stick

olahraga rumahan, olahraga sehat, olahraga single leg balance stick, kebugaran, olahraga, sehat, latihan
stack.com

Olahraga ini memiliki fungsi yaitu memperkuat otot kaki. Nah, Single leg balance stick ini dalam pengertian bahasa Indonesia berarti melakukan keseimbangan tubuh dengan menggunakan satu kaki.

Lakukan posisi berdiri dengan satu kaki dan kaki lainnya di angkat ke belakang. Tangan dan badan ke depan sehingga akan di peroleh posisi seperti superhero superman pas lagi terbang, hehe. Gerakan tangan dan badan ini untuk membantu menjaga keseimbangan tubuh.

Apabila posisi sudah benar, maka akan terbentuk huruf T dengan menggunakan tangan. Untuk gerakan ini butuh latihan dan konsentrasi dalam melakukannya.

Gerakan Side Plank

Gerakan side plank sama atau hampir dengan olahraga sit up, hanya saja gerakan side plank lebih efektif untuk membentuk otot perut lebih kencang. Gerakan ini sangat baik dilakukan untuk seorang pekerja yang mengangkat beban berat.

Karena gerakan side plank ini juga berguna untuk melatih kekuatan lengan dan bahu, sehingga otot akan tidak mudah cedera ketika bekerja.

Lakukan side plank dengan posisi badan tidur dengan menghadap ke samping kemudian angkat dan topang badan dengan menggunakan tangan dan siku.

Nah, latihan ini hampir mirip gerakan plank. Namun untuk melakukan gerakan side plank hanya menggunakan satu tangan dan dengan posisi badan menghadap kearah samping. Otot yang bekerja nantinya adalah kekuatan otot bagian perut.

Mengepel dan Menyapu Lantai

olahraga rumahan, olahraga mengepel dan menyapu, olahraga pagi hari, kebugaran, sehat, latihan, mengepel dan menyapu
seputar-rumah-kita.blogspot.com

Mungkin di dalam benak dan Anda akan merasa heran? Kok bisa mengepel dan menyapu bisa termasuk kategori olahraga? Namun percaya atau tidak, mengepel dan menyapu itu memiliki manfaat bagi tubuh.

Nah, salah satu manfaatnya ialah membakar lemak dan kalori yang ada dalam tubuh. Apalagi jika rumah yang Anda tempati memiliki area yang sangat luas dengan lahan tanah yang besar.

Jadi untuk yang sudah berumah tangga atau yang belum sabar aja yaa pasti ketemu kok, hehe. Tidak ada salahnya melakukan pekerjaan tersebut dengan senang hati. Selain itu juga, rumah yang Anda tempati akan terliat menjadi bersih dengan melakukan olahraga ringan ini.

Mencuci Pakaian

Olahraga rumahan, olahraga pagi hari, kebugaran, latihan, sehat, mencuci pakaian, suami cuci baju, olahraga mencuci baju
bugiswarta.com

Selain mengepel dan menyapu ada lagi kegiatan rumah yang bisa Anda jadikan seperti olahraga. Apa itu kegiatannya? Yaitu mencuci pakaian. Begitu pun mencuci pakaian ini efektif juga dalam membakar kalori dan lemak.

Akan tetapi, yang dimaksud mencuci pakaian ini yaitu dengan menggunakan tangan atau manual bukan dengan mesin cuci. Selain bisa membakar kalori Anda juga mendapatkan pakaian bersih dan juga bisa menghemat listrik.

Baca Juga : Pengertian Olahraga

Gerakan Brid Dog

www.advancedhumanperformance.com


Melakukan latihan bird dog akan memberikan manfaat untuk memperkuat dan menyehatkan otot dan tulang punggung. Baik bagian atas maupun bagian bawah, memperkuat lutut dan juga merampingkan perut.

Namun dalam melakukan gerakan ini perlu berhati-hati dan perlahan-lahan, untuk menghindari cedera pada tulang punggung.

Untuk memulai gerakan bird dog ini, hal yang dilakukan terlebih dahulu adalah dengan posisi lutut dan telapak tangan menempel pada lantai. Kemudian mulai mengangkat tangan kanan ke depan dan angkat kaki hingga posisi kaki sejajar dengan pundak.

Gerakan ini harus di lakukan secara bersamaan, dan tahan beberapa detik. Anda harus melakukannya secara berulang-ulang dan bergantian agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Senam Aerobik

wajibbaca.com

Bagi anda yang suka melakukan olahraga senam seperti senam aerobik bukan lagi sebuah hal yang baru. Senam ini bisanya sering di lakukan secara bersama-sama dengan seorang pemandu yang akan berdiri dipaling depan.

Namun olahraga ini juga dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan bantuan media elektronik seperti TV, HP dan lainnya. Gerakan senam aerobik ini dapat dilakukan semua kalangan dan semua jenis umur.

Dan juga senam aerobik tidak hanya membutuh tubuh lebih bugar, namun secara psikis juga membuat Anda lebih bahagia.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa jenis olahraga rumahan yang bisa Anda jadikan rekomendasi untuk olahraga dirumah. Yang terpenting adalah niat dan usaha untuk menjaga kesehatan dan juga rutin melakukan olahraga-olahraga seperti yang di atas. Semoga dapat bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply