55+ Kumpulan Kaligrafi Allah Yang Menakjubkan dan Indah Beserta Penjelasannya

Sudah lama penulis nggak pernah membahas atau menulis artikel tentang sebuah karya seni. Disini penulis akan kembali menulis tentang kaligrafi. Apa itu kaligrafi? Kaligrafi merupakan salah satu karya seni yang tercipta dari hasil pemikiran para desainer untuk mengagungkan, mengindahkan dan membesarkan nama Allah subhaanahu wa ta’ala.

Kaligrafi atau khath ini, dibuat atau dilukiskan sebagai kecantikan rasa, senjata pengetahuan, penasehat pikiran, penyimpan rahasia dan berbagai masalah kehidupan. Oleh sebab itu, beberapa ulama menyebutkan, “Khath itu ibarat tuh di dalam tubuh manusia.”

Kok bisa ibarat ruh? Karena dari keunikan dan juga keragaman dari seni kaligrafi tersebut. Maka seni kaligrafi ini terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut.

  • Khath Riq’ah
  • Khath Tsuluts
  • Khtath Diwani
  • Khath Khufli
  • Khath Farisi atau Ta’liq
  • Khath Naski

Menulis kalimat Allah ini kami ungkapkan rasa Taqorrub (kedekatan) dan kasih sayang kita terhadap sang Maha Pencipta Allah subhaanahu wa ta’ala. Dengan sebuah niat yang kecil ini, semoga Allah dapat memberikan ampunan terhadap kita semua (penulis maupun pembaca).

Nah, berikut ini beberapa kumpulan kaligrafi Allah.

Kumpulan Kaligrafi Allah Subhaanahu Wa Ta’ala


Nama dari macam gaya kaligrafi seperti yang ada di atas pastinya mempunyai alasan tersendiri dan juga sejarah asal mula dari penamaan dari jenis kaligrafi tersebut.

Namun sayangnya pada kesempatan kali ini saya tak hanya sekedar ingin membahas seputar asal muasal dari berbagai jenis kaligrafi di atas melainkan pada postingan kali ini saya hanya ingin berbagi sebuah contoh kaligrafi lafadz Allah dengan tema berupa kaligrafi Lafadz Jalalah.

Lafadz jalalah menjadi obyek khusus yang paling digali keindahannya dalam dunia kaligrafi. Para kaligrafer, biasanya sangat menguasai penulisan lafadz Allah dalam berbagai jenisnya.

Menuliskan nama Allah dengan indah, tentu merupakan salah satu bentuk taqarrub dan wujud cinta kita terhadap Yang Sang Maha Pencipta seluruh Alam, yang telah mengilhamkan keindahannya kepada para kaligrafer.

Indahnya semua kaligrafi ini yang bertuliskan Allah sang Maha Pencipta. Tiada tara keindahannya dan tidak ada yang bisa melebihi cantiknya lafadz Allah SWT.

Allah tuhan semasta alam. Kita patut bersyukur pada-Nya. Jangan sampai kita melalaikan atas dengan apa yang telah Allah berikan kepada kita semua. Agungkanlah selalu nama-Nya.

Besarkanlah nama-Nya. Karena keelokan namanya akan membawa kedamaian yang begitu mendalam. Sebutlah terus nama-Nya dan selalu ingat kepada-Nya. Karena tiada ketenangan dan ketentraman yang abadi kecuali dengan selalu mengingat nama-Nya.

Kumpulan Kaligrafi Bismillah Yang Menakjubkan Pandangan Mata


Dengan kreasi dan karya seni kaligrafi ini, sehingga kita bisa mendapatkan cinta Allah subhaanahu wa ta’ala dengan mengagungkan nama-nama-Nya.

Kumpulan Kaligrafi Alhamdulillah yang Indah dan Cantik (LENGKAP)

Dengan contoh-contoh kaligrafi yang telah penulis berikan, semoga dapat dijadikan sebuah keinginan untuk berkarya juga, sehingga anda dapat menjadi seorang yang selalu dirindukan oleh-Nya.

Janganlah menyerah ketika doamu tidak diijabah oleh Allah SWT. Jika Allah belum mengijabah segala do’a-do’a yang pinta kepada-Nya. Maka Allah SWT sedang meningkatkan kadar kesabaranmu dan ketaatanmu.

Nah, jika Allah SWT tidak mengijabah doamu. Maka Allah akan kabul kan do’amu sesuai dengan apa yang kalian butuhkan bukan yang kalian inginkan.

Maka dari itu, selalu awali hari dengan bismillah. Berfikir optimis, maju kedepan, dan selalu tawaqal kepada Allah subhaanahu wa ta’ala. InsyaAllah kita akan mendapat berkah dari-Nya.

Yang terpenting jangan pernah berburuk sangka kepada Allah subhaanahu wa ta’ala, karena Allah tidak pernah men-dzolimi hambanya. Maka dari itu, kita harus berbaik sangka atau husnuzzon kepada Allah.

Maka Allah akan selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-hamba yang selalu berprasangka baik kepada-Nya. Semoga bermanfaat yaa.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply