14+Kerajinan dari Kain Flanel Yang Unik dan Mudah Dibuat!

Meskipun kain flanel buka termasuk kebutuhan pokok, akan tetapi salah satu bahan dari sebuah kerajinan. Kerajinan dari kain flanel ini begitu popular di kalangan para pengrajin, bahkan yang bukan pengrajin pun juga bisa membuat sebuah kerajian dari bahan kain flanel.

Kenapa banyak sekali pengrajin menggunakan bahan ini? Karena kain flanel ini mempunyai sifat kain yang lembut dan memiliki banyak variasi warna yang menarik, sehingga mengundang ketertarikan pengrajin menggunakan bahan ini. Langsung saja, berikut ini contoh macam-macam kerajinan dari kain flanel.

Macam-Macam Kerajinan dari Kain Flanel

Dengan menjadi  favoritnya kain flanel di dunia kerajinan tangan, kebanyakan orang lebih mengambil kondisi ini sebagai kesempatan mendulang uang. Mungkin Anda sendiri juga menemukan kain ini di toko sekitar tempat tinggal Anda?

Berikut ini, berbagai macam contoh kerajinan dari kain flanel yang dapat menjadikan inspirasi buat Kalian

Bros Kupu-Kupu

youtube.com

Bagi para ibu dan calon ibu yang beragam Islam, memakai bros pastinya sudah menjadi ritual saat mengenakan jilbab apalagi brosnya berbentuk kupu-kupu malah menambah cantik dan menawan. Kebanyakan bentuk yang diminati adalah kupu-kupu atau bebungaan. Membuat kerajinan dari kain flanel saat ini banyak dijual di pasaran, jika Anda berminat siapa tahu dari situ rezeki Anda bisa bertambah.

Bros Boneka Jilbab

Keren bukan, jika bros ini diterapkan atau gunakan ke jilbab, krudung anda. Tentunya akan terlihat lebih terkesan, imut, dan menawan pada jilbab yang dikenakan oleh orang tersebut. Ini fungsinya sama tapi yang membedakannya adalah bentuk dan warnanya.

Kerajinan dari kain flanel ini jarang kita temui karena jarang orang pengrajin menggunakan bahan ini, akan tetapi biasanya kerajinan dari kain flanel ini dibuat bagi tugas-tugas Prakarya atau kesenian di SD s/d SMP.

Boneka Doraemon

dictio.id

Jika anak anda rewel pengen beli boneka, kemudian anda bingung? Jika anda orang yang mampu silahkan anda belikan boneka, jikalau anda orang yang kurang (harta) anda bisa membuat boneka doraemon ini.

Dengan menyiapkan barang-barang ini diantaranya gunting, kain flanel, benang, jarum, glue gun, kapas, dan kertas karton. Untuk langkah-langkah silahkan ikuti pada gambar diatas.

Dadu Kain Flanel

Tentu saja tidak untuk digunakan orang dewasa. Dadu flanel diperuntukkan balita mengingat kelembutan bahan. Bagi Anda yang anaknya masih berusia kurang lebih dua tahunan pasti khawatir dengan setiap benda di sekitarnya.

Jangan-jangan nanti dia memasukkan benda berbahaya ke mulut. Nah, dengan dadu flanel ini resiko saat bermain dan mengenal benda bisa diminimalisir tingkat bahayanya.

Dengan menggunakan dadu yang berasal dari kain flanel ini dan juga memiliki bentuk yang cukup besar, Anda tidak perlu khawatir atau was-was jika mainan ini tertelan, karena aman untuk si Kecil atau si buah hati kalian.

Sampul Buku

pusatpandang.com

Bosen dengan cover sampul buku, nah artikel ini memberikan solusinya yaitu buatlah sampul buku seperti contoh yang diatas. Sekarang, ayo saatnya untuk membuat kerajinan dari kain flanel yang mudah dan sederhana untuk dicoba. Hanya saja anda harus menyediakan alat dan bahan untuk proses pembuatan, maka kita bersiap untuk mempraktekannya.

Alat dan juga bahan:

  1. Sediakan kain flanel
  2. Kanjing di baju yang sudah tak terpakai
  3. Benang jahitan
  4. Jarum

Nah, langkah-langkahnya silahkan ikuti berikut ini.

  1. Pertama, kurangi kain flanel dengan ukuran yang Anda inginkan.
  2. Buat 2 komponen atau bagian, satu lebih panjang lagi dari yang lain.
  3. Setelah itu, pasang kancing pada kain berukuran lebih kecil.
  4. Begitu tombolnya terlekat, maka jahitkan kedua potongan kain di bagian samping.
  5. Buatlah itu berbentuk seperti kantong yang rapi.
  6. Jangan lupa juga, buatlah bukaan pada bagian kain yang panjang, untuk memasukkan kancing baju.
  7. Kantung pensil siap untuk digunakan

Silahkan mencoba!

Tempat Kacamata

poemcrafting.blogspot.com

Ingin bepergian, kemudian lupa membawa kacamata. Nah kebetulan disini anda bisa mencontoh untuk membuat tempat atau kantong buat wadah kacamata anda biar nggak terlalu sering lupa bawa kacamata. Bahan dan alatnya sama seperti contoh yang diatas, gunting, kain flanel, benang dan jarum jahit. Simpel and praktis kan, silahkan mbak and mas bruu untuk membuatnya!

Boneka Bernard

masfikr.com

Selain boneka dari kardus, Anda juga bisa membuat boneka dari bahan kain flanel dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Baca Juga yaa Kerajinan dari cangkang kerang

Bunga Mawar

beritaseputar20.blogspot.com

Ingin menghias ruang tamu, udah kailan gak usah bingung-bingung langsung aja anda membuat kerajinan seperti contoh diatas yaitu kerajinan dari kain flanel berbentuk bunga. Nah, itu bunganya keliataan menarik kan, hanya terbuat dari sebuah kain flanel anda sudah bisa membuat ruang tamu anda menjadi lebih menarik, unik, keren, bahkan bisa menjadi lebih indah.

Silahkan mencoba, bahan dan alatnya yang diperlukan nggak terlalu banyak, bahan dan alat yang diperlukan adalah.

  • Yang terpenting adalah kain flanel.
  • Gunting.
  • Jikalau ingin menggabung kain yang satu dengan yang lain, anda bisa menggunakan lem tembak atau benang jahit.
  • Penggaris untuk mengukur.
  • Sedotan atau besi kawat untuk batang dan tangkai bunga.

Kemudian bentuk bunga bisa anda sesuaikan dengan keinginan anda masing-masing. Silahkan mencoba!

Ikat Rambut

galleryuci.blogspot.com

Khusus untuk gadis ya, jangan laki-laki gondrong. Anak perempuan yang sedang beranjak dewasa pasti akan lebih manis mengenakan kuncir rambut dari flanel dan lebih terlihat comel dari belakang, hehe. Boleh juga anak kecil yang sudah panjang rambutnya menggunakan pita kain flanel yang sepotong ini di atas rambutnya. Cukup dengan kain sisa saja, tidak usah membeli lembaran kain flanel supaya lebih hemat.

Kotak Tisu

dekorrumah.net

Sering memakai tisu di setiap aktivitas harian? Bahkan setiap orang memiliki tisu di setiap ruangan ditambah tisu cadangan di saat bepergian, kerja, bahkan ketika sekolah. Beda lagi kalo sekolah, ketika sekolah biasanya cuma membawa yang kecil.

Merawat wadah tisu akan terlihat lebih elegan jika memanfaatkan kain flanel. Nah ini biasanya kerajinan dari kain flanel berikut ini menjadi favorit ibu-ibu untuk meletakan tisu di sudut ruangan.

Gantungan Kunci

slbbcoba.blogspot.com

Comel nyee, hehe. Biar kunci anda tidak sering kehilangan, anda coba beli atau membuat gantungan kunci ini. Banyak sekali variasi warna dan bentuk dari gantungan ini, dan anda juga bisa mengoleksinya.

Wadah Toples

artenergic.blogspot.com

Nah, buat hari raya ‘Idul Fitr keren nih. Tak usah beli wadah yang harga mahal cukup hanya dengan toples kemudian dilapisi dengan kerajinan dari kain flanel ini, simpel anda keren kan.

Tempat Pensil

seruni.id

Tak usah repot-repot untuk membawanya, anda bisa lebih ringan dan simpel tuk membawa pensil didalam tas. Mudah dibuat, simpel, praktis dan juga terliat keren, jhhh.

Tas Kain Flanel

masfikr.com

Tas cantik ini terbuat dari kain flanel. Cantik kan? Membuatny, Anda membutuh selembar kain flanel. Buat sketsa atau pola, lalu jahitkan untuk menggabungkan kain flanel menjadi tas. Manfaatkan mesin jahitan sehingga lebih kuat dan lebih ramping. Tambahkan aksesoris atau dekorasi di bagian luar untuk memperbaiki keindahannya. Sederhana saja kan?

Bagaimana? Kerajinan dari kain flanel, keren bukan? Nah, mulailah untuk membuat karya-karya dari kain flanel yang terlihat lucu, menarik, unik, dan lain-lain. Siapa tau nanti anda bisa membuat sebuah perusahaan atau kenang-kenangan? Semoga berhasil mencoba, SEMANGAT!

Ojok Lali Diwoco Sisan yoo  Kerajinan dari sedotan

Leave a Reply