Doa Masuk Rumah Baru

Doa masuk rumah baru adalah salah satu anjuran dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam. Ketika mendapatkan nikmat dan rezeki dari Allah yaitu sebuah rumah, maka Anda wajib untuk mensyukurinya.

Rasa syukur itu dimanapun, apapun yang Allah berikan baik berupa harta, jasmani dan rohani itu harus kita syukuri. Dengan mensyukuri nikmat Allah, maka Allah akan menambah nikmatnya tetapi jika kufur atas nikmat-Nya maka azab Allah sangat lah pedih.

Pada kesempatan kali ini pembahasan kita adalah doa masuk atau menempati rumah baru agar terjaga dari keburukan rumah tersebut.

Baca Juga : Doa untuk Orang Tua (Bacaan Doa Arab, Latin dan Terjemahan Artinya)

Doa Masuk Rumah Baru Berdasarkan Hadits Rasulullah

Agar rumah baru Anda mendapat keberkahan dan terhindar dari gangguan syaitan dan jin, maka kita dianjurkan untuk membaca doa.

Sebenarnya doa apapun bisa kita panjatkan asalkan doa tersebut baik. Nah kita bisa membaca tiga surah terakhir dalam Al-Quran yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas. Dan juga iika kita membaca surah yang lain bisa.

Nah berikut ini beberapa bacaan doa saat menempati rumah baru beserta dengan amalan-amalan yang bisa dilakukan sebagai rasa syukur kita kepada Allah. Berikut penjelasannya.

Doa Pertama

doa masuk rumah baru

Pada doa yang pertama ini, diambil dari hadits riwayat Imam Muslim. Dari Khaulah binti Hakim radhiyallahu ‘anha pernah berkata. “Aku mendengar Rasulullah shallahu ‘alaihi wassallam, bersabda ” :

مَنْ نَزَلَ مَنْزِلًا ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ

Artinya :

Barang siapa yang singgah di suatu tempat lalu ia membaca, ‘A’udzu bikalimaatillaahit taammaati min syarri maa khalaq.’ [Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya]. Maka tak ada sesuatu pun yang membahayakannya sehingga ia beranjak dari tempatnya tersebut.

Doa Kedua

doa masuk rumah baru

Kemudian doa yang kedua ini diambil dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan At Thabrani :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma Innii As-aluka Khairal Mawlaji wa Khairal Makhraji Bismillahi wa Lajnaa wa Bismillahi Kharajnaa wa ‘Alaallahi Rabbanaa Tawakkalnaa. ”

Artinya :

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.

Doa Ketiga

doa masuk rumah baru

Dan yang terakhir ini bacaan doa masuk atau menempati rumah baru.

اَللهم يَا مَنْ فَلَقَ الْبَحْرَ لِمُوْسَى بْنِ عِمْرَانَ وَنَجَّى يُوْنُسَ مِنْ بَطْنِ الْحُوْتِ وَسَيَّرَ الْفُلْكَ لِمَنْ شَاءَ أَنْتَ الْعَالِمُ بِعَدَدِ قَطْرِ الْبِحَارِ وَذَرَّاتِ الرِّمَالِ يَا خاَلِقَ أَصْنَافِ عَجَائِبِ الْمَخُلُوْقَاتِ أَسْأَلُكَ الْكِفَايَةَ يَا كَافِيَ مَنْ اِسْتَكْفَاهُ يَا مُجِيْبَ مَنْ دَعَاهُ يَا مُقِيْلَ مَنْ رَجَاهُ أَنْتَ الْكَافِيْ لَا كَافِيَ إِلَّا أَنْتَ اِكْفِنِيْ شَرَّمَا أَخاَفُ وَأَحْذَرُ وَامْلَأْ مَنْزِلِيْ هَذَا خَيْراً وَبَرَكَةً وَصَلِّ عَلَى نَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allaahumma yaa man falaqal bahra limuusaa bin ‘imraan, wa najjaa yuunusa min bathnil huut. Wa sayyaral fulka liman syaa’a antal ‘aalimu bi’adadi qathril bihari wa dzarraatir rimal. Yaa khaliqa ashnaafi ‘ajaa’ibil makhluuqat. As’alukal kifaayah yaa kaafiya man istakfaah, yaa mujiiba man da’aah, yaa muqila man rajaah. Antal kaafi laa kaafiya illa anta. Ikfinii syarra ma akhaafu wa ahdzar. Wamla’ manzilii haadzaa khairan wa barakah. Washalli ‘ala nabiyyika wa rasuulika sayyidina muhammadin wa aalihi wa shahbih wa sallim.

Artinya :

Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin Imran dan menyelamatkan yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapapun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil. Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk. Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya. Engkau Maha mencukupi, tiada yang mencukupi selainMu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang ku khawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada nabi dan utusan-Mu junjungan kami Nabi Muhammad SAW dan kepada keluarga serta sahabatnya.

Doa Masuk Rumah Baru dari Berbagai Surah Dalam Al-Quran

Nah doa ini diambil dari surah-surah dalam AL-Quran dengan mambaca ini, Insyaa Allah rumah kita terjaga dari kejahatan jin dan syaitan.

1. Surah Al-Baqarah

Membaca surah Al-Baqarah adalah sunnah saat menempati rumah baru. Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassallam bersabda bahwa rumah yang tidak pernah dibacakan ayat suci Al-Quran, maka tidak jauh beda dengan kuburan.

Anjuran tersebut terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, sebagaimana berikut :

لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِى تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Artinya :

Janganlah membuat rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan surah al-Baqarah.  (H.R. Muslim no. 1860)

Jadi terapkan dan amalkan lah anjuran ini dirumah baru atau lama agar terlindungi dari segala kejahatan jin dan syaitan.

2. Surah Al-Kahfi

Selain membaca surah Al-Baqarah, doa memasuki rumah baru lainnya ialah membaca sebagian surah Al-Kahfi ayat 39, sebagaimana berikut :

وَلَوْلَا إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَاءَ اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ ۚ إِنْ تَرَنِ أَنَا أَقَلَّ مِنْكَ مَالًا وَوَلَدًا

Artinya :

Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu “maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan.

Ibnu Qayyim menjelaskan tentang ayat tersebut. Dari kitab Al-Wabilus Shayyib, terdapat pada hal. 165.

Ibnu Qayyim mengatakan bahwa bagi orang yang memasuki kebun atau rumahnya, atau terheran dengan harta keluarganya, maka sebaiknya membaca doa tersebut. Dengan membaca doa tersebut,maka nikmat yang ada di dalam rumah tidak akan buruk.

Tak hanya itu, Ibnu Qayyim juga memperjelas dengan hadits Rasulullah yang diriwayatkan dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam, bersabda yang maksudnya :

Ketika Allah memberikan seorang hamba nikmat kebaikan terhadap harta,keluarga dan anak. Kemudian ia mengucapkan, ” Masyaa Allahu laa quwwata illa billah “, maka tidak ada cacat dalam nikmat, selain kematian.

Itu lah penjelasan Ibnu Qayyim mengenai surah Al-Kahfi ayat 39.

Baca Juga : Doa Masuk Rumah (Bacaan Doa Arab, Latin dan Terjemahan Artinya)

3. Surah Al-Ikhlas

Pilihan surah dalam Al-Quran yang dijadikan ucapan saat menempati rumah baru ialah surah Al-Ikhlas. Berikut surah Al-Ikhlas yang harus dibaca seblum memasuki rumah.

4. Surah Al-Mu’minun

Kitab ini ditulis oleh Syekh Al-Habib Muhammad bin Ali-Khirid Al-Alawi Al-Husaini At-Tarimi. Kitab ini menjelaskan tentang tata cara berdoa ketika masuk rumah dengan membaca surah Al-Mu’minun.

  • Bacalah surah Al-Fatihah sebanyak 3X.
  • Baca surah Al-Mu’minun ayat 28-29 sebagai berikut :

وَقَالَ رَجُلٌ مُؤْمِنٌ مِنْ آلِ فِرْعَوْنَ يَكْتُمُ إِيمَانَهُ أَتَقْتُلُونَ رَجُلا أَنْ يَقُولَ رَبِّيَ اللَّهُ وَقَدْ جَاءَكُمْ بِالْبَيِّنَاتِ مِنْ رَبِّكُمْ وَإِنْ يَكُ كَاذِبًا فَعَلَيْهِ كَذِبُهُ وَإِنْ يَكُ صَادِقًا يُصِبْكُمْ بَعْضُ الَّذِي يَعِدُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي مَنْ هُوَ مُسْرِفٌ كَذَّابٌ (28) يَا قَوْمِ لَكُمُ الْمُلْكُ الْيَوْمَ ظَاهِرِينَ فِي الأرْضِ فَمَنْ يَنْصُرُنَا مِنْ بَأْسِ اللَّهِ إِنْ جَاءَنَا قَالَ فِرْعَوْنُ مَا أُرِيكُمْ إِلا مَا أَرَى وَمَا أَهْدِيكُمْ إِلا سَبِيلَ الرَّشَادِ (29

  • Bacalah Doa seperti berikut ini sebanyak 3X.

اَللهم يَا مَنْ فَلَقَ الْبَحْرَ لِمُوْسَى بْنِ عِمْرَانَ وَنَجَّى يُوْنُسَ مِنْ بَطْنِ الْحُوْتِ وَسَيَّرَ الْفُلْكَ لِمَنْ شَاءَ أَنْتَ الْعَالِمُ بِعَدَدِ قَطْرِ الْبِحَارِ وَذَرَّاتِ الرِّمَالِ يَا خاَلِقَ أَصْنَافِ عَجَائِبِ الْمَخُلُوْقَاتِ أَسْأَلُكَ الْكِفَايَةَ يَا كَافِيَ مَنْ اِسْتَكْفَاهُ يَا مُجِيْبَ مَنْ دَعَاهُ يَا مُقِيْلَ مَنْ رَجَاهُ أَنْتَ الْكَافِيْ لَا كَافِيَ إِلَّا أَنْتَ اِكْفِنِيْ شَرَّمَا أَخاَفُ وَأَحْذَرُ وَامْلَأْ مَنْزِلِيْ هَذَا خَيْراً وَبَرَكَةً وَصَلِّ عَلَى نَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

  • Dan yang terakhir, bacalah amalan tersebut sampai tiga hari berturut-turut diwaktu pagi dan sore.

Demikian lah penjelasan bacaan doa masuk atau menempati rumah baru. Sehabis membaca ini jangan lupa untuk diamalkan ke kehidupan Anda.

Dan jangan lupa di share agar mendapatkan Amal jariyyah. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan komentar