Doa Ibu Hamil

Doa ibu hamil – Hamil untuk seorang wanita yang baru mengalami atau sebelumnya sudah pernah adalah sebuah anugerah dari Allah.

Dan ketika diberi rezeki dengan mengandung seorang anak, maka patutlah kita bersyukur kepada Allah subhaanahu wa ta’alaa. Maka dari itu, kita harus menjaga kehamilan tersebut.

Banyak sekali cara untuk menjaga kehamilan, baik menjaga secara jasmani dan rohaninya. Semisal menjaga jasmani yaitu dengan makan makanan sehat yang mencukupi nutrisi bagi janin.

Bisa juga dengan olahraga seperti, senam hamil maupun istirahat yang cukup. Rajin memeriksakan kandungan ke dokter itu juga bentuk ikhtiar secara jasmani.

Adapun secara rohani, ibu hamil disarankan agar memperhatikan dan memperbanyak membaca Al-Quran, dzikir dan sholawat. Nah semua itu dengan tujuan agar sang anak kelak menjadi anak yang sholeh dan sholihah.

Banyak doa dan ayat Al-Quran yang bisa dibaca untuk memohon deberikan keturunan yang sholih dan sholihah serta rupawan. Berikut ini doa untuk ibu hamil yang bisa Bunda amalkan.

Doa Ibu Hamil

doa ibu hamil

Ibu hamil memiliki keistimewaan tersendiri karena membawa makhluk ciptaan Allah di dalam dirinya. Oleh karena itu, Allah subhaanahu wa ta’alaa mengistimewakan wanita dan di dalam islam kedudukan seorang wanita itu setara dengan laki-laki.

Oke langsung saja, berikut beberapa doa yang dianjurkan agar dibaca oleh ibu hamil.

1. Baca Surah Ali ‘Imran ayat 35

رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ مَا فِي بَطْنِي مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Robbi inni nadzartu laka maa fii bathnii muharroron fataqobbalminnii, Innaka antas sami’ul alim.

Artinya : “ Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku manjadi hamba yang shaleh dan berkhidmat karena itu terimalah (nazar) itu daripadaku. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mendengarlagi Maha Mengetahui.

2. Baca Surah Ali ‘Imran ayat 38

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Rabbii habli miladunka dzurriyyatan thoyyibah. Innaka sammi’uddu’aa.

Artinya : “ Ya Allah berikanlah kepadaku dari sisi-Mu keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau adalah pendengar permohonan (doa).

3. Baca Doa Nabi Ibrahim ‘alaihi salam

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Rabbii hablii minash shoolihin.

Artinya : “ Ya Allah berikanlah kepadaku anak yang shalih.

4. Baca Surah Ibrahim ayat 40

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Robbij’alnii muqiimash sholaati wa min dzurriyatii robbanaa wa taqobbal du’aa.

Artinya : “ Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.

5. Doa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam

Allahumma aktsir maalii wa waladii wa wasi’lii fii daarii wa baariklii fiimaa a’thoytanii wa ahsin ‘amalii waghfirlii.

Artinya : “ Ya Allah perbanyaklah hartaku dan anakku, serta berkahilah apa yang Engkau karuniakan padanya, perbagus perangainya, serta ampunilah aku.

Doa ini terdapat dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

Ibu Hamil juga harus membaca doa ini

اللّهُمَّ احْفَظْ وَلَدِى مَادَامَ فِى بَطْمنِى وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِى لاَشِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَيُغَادِرُ سَقَمًا. اللّهُمَّ صَوِّرْهُ فِى بَطْنِى صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ. اللّهُمَّ أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِى وَقْتَ وِلاَدَتِى سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا. اللّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلاً حَذِقًا عَالِمًا عَامِلاً. اللّهُمَّ طَوِّلْ عُمْرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ القُرآنِ وَالحَدِيْثِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Allahummahfadz waladi maadaama fii bathni wasyfihi antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaan laa yughodiru saqoman. Allahumma showwir fii bathni shurotan hasanatan wa tsabbit qolbahu iimanan bika wa birosuulika. Allahumma akhrijhu min bathni waqta wilaadati sahlan wa tasliiman. Allahumaj’alhu shohiihan kaamilan ‘aaqilan hadziqon ‘aaliman ‘aamilan. Allahumma thowwil ‘umrahu wa shohhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshih lisaanahu wa ahsin shurotahu liqirooatil haditsi walqur’aani bibarokati Muhammadin Shollallahu ‘alaihi wasallama walhamdu lillahi robbil ‘aalamin.

Artinya : “ Ya Allah, jagalah anakku selama dalam perutku ini. Berilah ia kesembuhan (karena) Engkaulah Yang Maha Menyembuhkan, tiada kesembuhan selain kesembuhan-Mu, yakni kesembuhan yang tidak menyisakan penyakit sedikitpun. Ya Allah, bentuklah ia dalam perutku ini dengan sempurna, tetapkan hatinya pada iman kepada Engkau dan Rasul Engkau.

Ya Allah, keluarkanlah ia dari perutku di waktu melahirkan dengan mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia kelak anak yang sehat, sempurna, cerdas, pandai, dan beramal saleh. Ya Allah, panjangkan usianya, sehatkan tubuhnya, sempurnakan budi pekertinya, fasihkan bicaranya, dan indahkan suaranya dalam membaca al-Quran dan Hadis dengan berkah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Segala puji bagi Allah, Rabb sekalian alam.

Doa Lainnya

doa untuk ibu hamil
inspiradata.com

Nah ada beberapa surah dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan untuk ibu hamil adalah sebagai berikut.

  • Al-Mu’minuun (Surah ke 23 ayat 12-14)
  • Lukman (Surah ke 31 ayat 14)
  • Yusuf (Surah ke 12 ayat 1-16)
  • Maryam (Surah ke 19 ayat 1-15)
  • Ar-Rahmaan (Surah ke 55 ayat 1-78)

Baca Juga : Doa Ziarah Kubur Lengkap beserta Hukum, Adab dan Hikmahnya

Demikianlah penjelasan tentang doa ibu hamil. Semoga bagi ibu yang sedang mendapat momongan, coba untuk mengamalkan doa-doa diatas. Agar mendapatkan keturunan yang sholih dan sholihah. Aamiin Allahumma Aamiin, Semoga dapat bermanfaat.

Dan jangan lupa di share agar kita mendapatkan amal jariyyah.

Leave a Reply