Doa Diberi Kemudahan

Doa diberi kemudahan – Disaat kita merasa susah dalam melakukan sebuah aktivitas, biasanya kita pasti akan meminta doa kemudahan kepada Allah subhaanahu wa ta’ala.

Karena didalam Al-Quran surah Al-Fatihah ayat 5, Allah berfirman;

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

Artinya : Hanya Engkaulah kami menyembah, dan Hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.

Oleh karena itu, disaat kita merasakan kesulitan atau mendapati sebuah musibah, maka tak lain dan tak terkecuali kita harus meminta pertolongan dan kemudahan kepada Allah subhaanahu wa ta’ala.

Kumpulan Doa Diberi Kemudahan

Disaat kita memiliki hajat, maka berdoalah agar hajat kita terselesaikan. Begitu pula dalam mencari rezeki, belajar, melamar seseorang dan semua permasalahan kita itu jangan lupa sertakan Allah didalamnya.

Supaya kita selalu diberi kemudahan oleh-Nya di dunia maupun di akhirat. Berikut beberapa doa yang bisa kamu amalkan, agar berbagai urusan kita senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah subhaanahu wa ta’ala.

Baca Juga : Doa Dimudahkan Rezeki (Bacaan Doa Arab, Latin dan Terjemahan Artinya)

Doa Pertama

doa diberi kemudahan

Bacaan doa memohon kemudahan Arab

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Bacaan doa memohon kemudahan Latin

Allahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlaan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlaan.

Terjemahan arti doa memohon kemudahan

Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan) jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

Doa Kedua

doa diberi kemudahan

Bacaan doa memohon kemudahan Arab

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Bacaan doa memohon kemudahan latin

Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa

Terjemahan arti doa memohon kemudahan

Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)

Doa Ketiga

doa diberi kemudahan

Bacaan doa memohon kemudahan Arab

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Bacaan doa memohon kemudahan latin

Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

Terjemahan arti doa memohon kemudahan

Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku

Doa Keempat

doa diberi kemudahan

Bacaan doa memohon kemudahan Arab

رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Bacaan doa memohon kemudahan latin

Robbanaa atmim lanaa nuuronaa waghfirlanaa innaka ‘alaa kulli sayaiin qadiir

Terjemahan arti doa memohon kemudahan

Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu

Doa Kelima

doa diberi kemudahan

Bacaan doa memohon kemudahan Arab

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ

Bacaan doa memohon kemudahan latin

Yaa hayyu ya qoyyum birohmatika astagist

Terjemahan arti doa memohon kemudahan

Wahai Yang Maha Hidup Kekal, Yang terus menerus mengurus ( mahluk-Nya ), hanya dengan rahmat-Mu saja, saya meminta pertolongan

Doa Keenam

doa diberi kemudahan

Bacaan doa memohon kemudahan Arab

أَللّٰهُمَّ أَصْلِحْ لِىْ دِيْنِىَ الَّذِىْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ دُنْيَاىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَاشِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ آخِرَتِىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَادِىْ وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَهً لِّىْ فِىْ كُلِّ خَيْرٍ وَّ اجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِّىْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Bacaan doa memohon kemudahan latin

Allahumma ashlih lii diini al ladzii huwa ishmatu amri, wa ashlih lii dunyaa al latii fii haa ma’aa syii. Wa ash lih lii akhirotii al latii fii haa ma’aa dii, waj’ali al hayatu dziyaadatan lii fii kulli kahir, waj’ali al mauta raa hatan lii min kulli syarri

Terjemahan arti doa memohon kemudahan

Ya Allah mohon kebaikan pada urusan agamaku karena itu adalah penjaga semua urusanku. Aku mohon kebaikan pada urusan duniaku karena itu tempat hidupku. Aku mohon kebaikan pada urusan akhiratku karena itu tempat kembaliku. Jadikanlah hidup ini tambahan kebaikan bagiku, dan jadikanlah kematianku waktu istirahat bagiku dari segala keburukan

Doa Ketujuh

doa diberi kemudahan

Bacaan doa memohon kemudahan Arab

ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِي

Bacaan doa memohon kemudahan latin

Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa’ fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘ala al qaumilkaafiriin

Terjemahan arti doa memohon kemudahan

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir

Baca Juga : Doa setelah Sholat Witir (Bacaan Doa Arab, Latin dan Terjemahan Artinya)

Faidah Doa Diberi Kemudahan

Pada doa-doa diatas banyak sekali kalimat yang mengandung meminta perlindangan dan kemudahan. Nah agar kita bisa lebih memahami isi dan makna dari doa diatas, admin sarankan untuk membaca faidah-faidah berikut ini :

  1. Ingatlah walaupun kita memiliki kehendak sendiri, jangan pernah lupa adanya kehendak Allah juga. Karena tanpa kehendak Allah usaha kita tidak akan terealisasi dengan baik.
  2. Sudah seharusnya hati kita ini selalu bergantung kepada Allah Azza wa jalla, karena jika kita bergantung kepada diri sendiri atau orang lain itu sama saja rendah dimata Allah. Jika hati kita benar-benar yakin akan doa yang bisa memudahkan permasalahan, Insyaa Allah doa yang kita panjatkan tidak sia-sia.
  3. Ingatlah dibalik takdir yang kita dapatkan, Allah pasti memiliki rencana baik untuk kita. Boleh jadi apa yang kita anggap itu baik, akan tetapi dimata Allah itu tidak baik. Dan boleh jadi dimata kita tidak baik, tapi dimata Allah baik untuk kita.
  4. Pentingnya mengimani takdir yang Allah berikan, agar ketika hati dan jiwa raga ditimpa musibah kita bisa membuat itu adalah sebuah rintangan yang mana kita sanggup melewatinya.
  5. Pentingnya mendekatkan diri kepada Allah agar seluruh masalah yang kita hadapi bisa memberikan manfaat untuk masa depan yang lebih baik. Banyak cara untuk mendekatkan diri kita kepada Allah salah satunya dengan sholat dan berdoa.

Kesimpulannya adalah yang terpenting dalam aktivitas atau kegiatan apapun, jangan lupa untuk selalu mengingat Allah subhaanahu wa ta’ala dalam kondisi apapun.

Itulah beberapa doa diberi kemudahan, semoga isinya dapat bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa di share agar kita mendapatkan amal jariyyah.

Tinggalkan komentar