10 Usaha Sampingan Tanpa Modal Besar, Coba Sekarang!!

pexels.com

Di zaman sekarang ini, banyak dikalangan para remaja yang sudah beberapa tahun lulus dari SMA (sekolah menengah atas) itu, hanya menjadi pengangguran. Atau bisa juga, bagi seorang keryawan-karyawan pabrik, orang kantoran, dan lain sebagainya, itu menjadi pengangguran.

Alasannya karena dipecat oleh atasan, dan apalah!! karena kerjaannya tidak sesuai dengan keinginannya, dan banyak sekali alasan-alasannya itu. Terlebih khusus, bagi masyarakat Indonesia.

Terlebih juga, ekonomi, kebutuhan sehari-hari itu lama-kelamaan naik, biaya hidup naik. Nah, dari pada itu, bagaimana caranya agar bisa meningkatkan penghasilan dan mengurangi pengangguran? Berikut ini, penjelasannya.

10 Usaha Sampingan, Tanpa Menggunakan Modal Besar

Anda cuma perlu menjalankan usaha lain di luar pekerjaan utama Anda saat ini. Tanpa perlu dikhawatirkan, bahwa tidak semua usaha membutuhkan biaya atau modal yang besar. Bahkan ada, usaha yang tidak menggunakan biaya atau hanya bermodal sedikit.

Nah, berikut beberapa contok usaha sampingan yang bisa Anda lakukan dirumah, untuk menambah penghasilan bulanan Anda.

1. Bisnis Dropship

multichannelmerchant.com

Bisnis dropship ini merupakan salah satu bisnis online yang anda hanya menjadi dropshipper. Dalam bisnis ini, Anda tidak memerlukan memiliki stok barang, tapi anda hanya mempromosikan barang melalui media-media sosial atau toko online.

Jika anda sudah ada pembeli, anda hanya meneruskan proses pembeliannya hingga ke supplier, dan tugas supplier sendiri membuat dan mengirim barang,

Keuntungan yang didapatkan seorang dropshipper adalah harga jual dari dropship dikurangi nilai harga dari supplier. Semisalnya, anda menjual barang tersebut dengan harga 200.000 terus harga yang dikasih dari supplier berjumlah 180.000. Nah, jadi untung dari dropshipper bernilai 20.000, maka dari itu anda harus mencari supplier yang mau berkerja sama dengan menggunakan cara dropship.

2. Jual Pakaian Bekas

umkmjogja.com

Dengan cara ini, anda hanya menjual pakaian bekas yang masik layak dan berkualitas untuk dipakai, entah itu pakaian anda sendiri atau pakaian teman-teman anda. Disini, anda bisa membantu teman untuk menjualkan pakaian bekasnya yang berkualitas dan layak untuk dipakai.

Dan bisnis ini, tidak memerlukan biaya atau modal yang besar. Apalagi, jika anda menjual pakaian atau barang bekas apapun yang branded, karena masih ada banyak peminatnya. Daripada, tersimpan dilemari dan tidak terpakai, mending jual dan dapat menghasilkan.

Baca juga ya 15 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia beserta Gambarnya

3. Jasa Les Privat

lesprivatlge.com

Untuk bisa memanfaatkan keterampilan anda dalam ngajar-mengajar atau yang lain. Anda bisa menjadi pengajar atau guru les untuk anak usia-usia sekolah.

Anda bisa mengajarkan bahasa arab, bahasa inggris, vokal, belajar musik, atau yang lain. Coba anda promosikan diri dan menerima panggilan mengajar dirumah murid anda.

4. Makelar Properti

www.onlybisnis.com

Properti merupakan salah satu bisnis yang selalu terus mengalami peningkatan. Pasti anda tau alasannya, kenapa?? Ya pasti semakin bertambah banyak penduduknya. Anda bisa menjalankan usaha sampingan ini tanpa modal, hanya membutuhkan keahlian berkemunikasi dan jaringan yang luas.

Caranya?? Dengan melamar kerja di perusahaan agen properti dan sebagai freelance. Anda bisa mendapatkan komisi berkisar 1-3 persen, apabila anda bisa menjual rumah, apartement, atau tanah milik developer. Cara pemasarannya dengan mempunyai kenalan dan melalui internet.

5. Jasa Laundry Baju Kiloan

bukalapak.com

Jasa laundry ini sangat berpeluang dan menguntungkan sekali, apabila dijadi salah satu usaha sampingan anda ketika dirumah. Terutama bagi anda yang tinggal didaerah kampus, komplek, pondok, pokoknya yang berada didaerah keramaian.

Karena di daerah tersebut memiliki nilai kesibukan yang sangat tinggi, sehingga jasa laundry kiloan ini sangat dicari. Dan peralatan yang di butuhkan, tidak terlalu rumit juga.

6. Jasa Menjahit

jitunews.com

Jasa menjahit ini juga termasuk usaha yang menjanjikan, karena jasa ini sangat dibutuhkan. Coba anda perhatian didaerah perkotaan atau kota yang ramai akan penduduknya. Disitu anda akan menemukan banyak orang yang usaha sebagai penjahit.

Bukan hanya itu, usaha menjahit ini bisa dikembangkan kembali, agar lebih meningkat dan keuntungannya bisa lebih banyak diperoleh.

7. Jual Kaos Pre-Order

Elshinta.com

Anda bisa memulai menjalankan usaha ini dengan sistem pre-order. Usaha sampingan ini juga termasuk, dimana seorang pembeli akan membayar di muka untuk memesan barang terhadap orang yang menjual.

Dengan bentuk barang yang belum jadi atau hanya sebatas gambar. Nah, Anda akan mencetak barang tersebut, ketika para pembeli terkumpul. Anda hanya cukup membuat desain barang yang bagus dan menarik.

Terus anda mempromosikannya secara online. Pasti, apabila desain anda bagus dan anda juga pandai untuk memasarkan barang tersebut, pasti ada orang yang akan tertarik terhadap barang anda.

8. Jasa Desain Grafis

entrepreneurcamp.id

Hampir semua bisnis di bidang jasa, bisa tidak bermodal tapi berpenghasilan. Maksudnya, berbisnis di bidang jasa nyaris tidak menggunakan modal. Seperti halnya jasa desain grafis ini, disini anda hanya membutuhkan laptop atau komputer untuk bisa berkarya dan menghasilkan.

Banyak sekali yang membutuhkan jasa desain ini contoh desain-desain yang sering dibutuhkan, desain logo, poster, kartu nama, dll. Usaha ini bisa menjadi pekerjaan sampingan dan bisa anda kerjakan di rumah.

9. Jasa Translator atau Penerjemah

womantalk.com

Jika anda mempunyai sebuah keahlian dalam berbahasa, anda bisa membuka jasa penerjemah bahasa. Karena banyak sekali perusahaan dan website orang yang membutuhkan jasa penerjemah ini.

Untuk menerjemahkan artikel atau dokumen yang berbahasa asing ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya. Yang lebih menariknya lagi, anda bisa mengerjakan di rumah

10. Admin Media Sosial

pexels.com

Sekarang ini, banyak sekali orang yang menggunakan media sosial hanya untuk berkomikasi, mencari teman, dan lain-lain. Ternyata, anda bisa mengelola media sosial dengan menjadi admin media sosial untuk berbisnis toko online atau perusahaan kecil.

Biasanya, tugasnya membuat konten, manambah followers, serta memposting. Kalau masalah tempatnya, dimana pun bisa yang penting sesuai dengan kesepakatan anda dengan pemilik media sosial tersebut.

11. Bisnis Reseller

ukmsumut.com

Bagi anda yang tidak memiliki produk untuk dijual, tapi anda ingin memiliki stok barang. Maka, anda menjalankan bisnis tipe reseller ini.

Reseller di bagi menjadi dua, yaitu:

  • Bisnis reseller online
  • Bisnis reseller offline

Istilah dari keduanya sama, yaitu perdagangan biasa. Nah, bisnis ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai hobi berkomunikasi dan memiliki jaringan luas.

Jika anda inin menjalankan bisnis inni, maka anda harus mencari supplier yang terpercaya atau melalui beberapa marketplace yang besar.

Kesimpulan:

Nah, diantara usaha-usaha yang kami sebutkan tadi, jika ada ketertarikkan dalam diri anda silahkan anda coba sekarang. Untuk bisa menambah penghasilan dan kebutuhan sehari-hari anda. Yang terpenting adalah kejujuran ketika ingin menjalankan sesuatu yang bersifat bersama dengan orang lain.

Karena sikap kejujuran inilah yang harus tekankan agar mempermudah dalam usaha sampingan anda. Jika anda memang ingin bisa berpenghasilan yang tanpa modal (sedikit modalnya), silahkan anda coba usaha-usaha sampingan yang kami sebutkan tadi.

Semoga bermanfaat..!!

Leave a Reply