Perbedaan Biografi dan Autobiografi

Perbedaan Biografi dan Autobiografi. – Dilihat sekilas tidak ada perbedaan antara biografi dan autobiografi, ternyata ketika diteliti ada perbedaan dan persamaan dari keduanya.

Nah, di dalam pelajaran sekolah terkhusus pada pelajaran bahasa Sunda di Jawa barat. Pasti Anda mengenal akan istilah biografi dan autobiografi, akan tetapi yang membingungkan ialah, bagaimana cara membedakannya?

Jika Anda membuka blog ini, pas sekali dan sangat tepat. Karena membahas semua yang terkait dengan biografi dan autobiografi. Maka dari pada itu, simak dengan baik agar bisa Anda ajarkan kepada yang masih belum tau.

Pengertian Biografi dan Autobiografi

Sebelum membahas materi yang lebih jauh lagi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu, apa sih yang dimaksud keduanya.? Maka berikut ini penjelasannya.

Biografi

Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Dalam penulisan biografi biasanya penulis akan menuliskannya secara rinci dan lengkap.

Dari mencangkupkan nama orang tersebut, nama orang tua, tanggal dan tempat lahir, alamat, dan peristiwa menarik yang pernah ia lalui beserta karya dan prestasi orang tersebut.

Autobiografi

Autobiografi atau bisa juga disebut dengan otobiografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri. Jadi orang itu menulis dirinya sendiri kepribadiannya sendiri untuk mengekspresikan perasaan pribadi yang dirasakan oleh seseorang.

Nah keduanya ini juga memiliki kesamaan juga dalam hal tujuan, yaitu sama-sama menceritakan tentang perjalanan hidup seseorang

Pengertian Biografi dan Autobiografi dalam bahasa Sunda

Berikut ini adalah perbedaan biografi dan autobiografi dalam bahasa Sunda.

” Janten anu ngabentenkeun buku biografi sareng autobiografi, nyaeta anu ngarang bukuna, kusabab buku biografi dikarang ku benten jalmi. Upami buku autobiofrafi nyaeta buku anu dikarang ku anjeuna. “

Tenang saja, bagi yang tidak mengetahui artinya. Karena sudah di sediakan translate ke bahasa Indonesia yang normal.

Arti dari perbedaan tersebut :

” Yang membedakan buku biografi dan autobiografi, yaitu yang mengarang bukunya ialah orang lain. Jika buku autobiografi yaitu buku yang dikarang orangnya atau orang itu sendiri. “

Tabel Perbedaan

BiografiAutobiografi
PenulisOrang lain
Contoh : Biografi Ariel Natha Fahruddin ditulis oleh Yoga Pangestu
Orang yang sama
Contoh : Autobiografi Ariel Natha Fahruddin ditulis sendiri oleh Ariel Natha
IzinBisa dengan izin / tidakTidak perlu
Gaya BahasaOrang ke-3Orang pertama
TujuanInformatifInformatif dan Mengekspresikan perasaan pribadi
DataDikumpulkan dari berbagai narasumber
Contoh: Biografi Ariel Natha dikumpulkan dari data – data Ariel Natha Fahruddin sendiri, istri, keluarga dekat, rekan kerja, kompetitor dan orang lain yang berhubungan
Pengalaman pribadi

Struktur Biografi dan Autobiografi

Nah berikut ini adalah struktur biografi dan autobiografi. Struktur biografi terdiri dari 3 struktur, sedangkan autobiografi terdiri atas 5 struktur, berikut ini contohnya :

Biografi

  • Orientasi

Pada tahap ini adalah baggian pengenalan suatu tokoh, berisi gambaran awal kisah tentang tokoh tersebut di dalam teks biografi.

  • Peristiwa dan Masalah

Kemudian pada bagian ini adalah kejadian atau peristiwa yang pernah dilalui oleh tokoh yang di ceritakan.

Berisi tentang suatu cerita yang baik, senang atau yang menyedihkan. Dan ketika pemecahan masalah, proses berkarir, hingga proses mengantarkan tokoh tersebut meraih mimpi, cita-cita, dan kesuksesan.

  • Reorientasi

Yang terakhir adalah bagian penutup. Di dalam penutupan yaitu berisi tentang pandangan si penulis terhadap tokoh yang ia ceritakan. Reorientasi ini bersifat opsional semata, jadi boleh ada maupun tidak ada pada buku biografi.

Autobiografi

  • Latar Belakang Keluarga

Bagian ini berisi tentang keluarganya yaitu kedua orang tua, tanggal tempat lahir, alamat, anak yang ke berapa dan menceritakan semua saudaranya.

  • Latar Belakang Pendidikan

Bagian yang kedua ini adalah menceritakan tentang pendidikannya yang telah ia capai ketika duduk di bangku sekolah maupun kuliah. Dengan tahun dan nama sekolahnya serta diawali dengan paragraf baru.

  • Prestasi yang Ia Capai

Bagian ini berisi tentang semua prestasi yang pernah ia capai dari kecil hingga sekarang.

  • Pekerjaan yang Ia Jalani

Nah jika tokoh buku autobiografi sudah bekerja, biasanya ia mencantumkan pekerjaannya. Tetapi jika tokohnya masih pelajar, maka bagian ini bisa di hilangkan.

  • Hasil Karya

Sama halnya seperti pekerjaan, jadi tokoh itu sudah bekerja dan sedangkan pelajar perihal ini bisa di hilangkan.

Akan tetapi, menurut penulis sendiri hasil karya itu tak melihat tokoh itu sudah bekerja atau belum. Hasi karya itu siapa pun bisa melakukannya, bahkan yang masih SD pun bisa menciptakan sebuah karya.

Jadi hasil karya itu tidak memandang ia sudah bekerja atau belum. Tapi lebih condong kepada tokoh yang sudah bekerja.

Manfaat dan Tujuannya

Biografi dan autobiografi ini juga memiliki manfaat dan tujuan Jadi ketika Anda membaca keduanya Anda akan mendapatkan sebuah pelajaran yang akan merubah hidup Anda. Berikut manfaat dan tujuannya :

Manfaat Biografi

  • Mempelajari Hidup
  • Melihat bahwa Usaha dan Kerja Keras akan Berbuah Manis
  • Melihat bahwa Manusia punya Kelebihan dan Kekurangan
  • Menghargai Nilai-nilai Kehidupan
  • Menjadi Inspirasi dan Teladan Hidup
  • Pengingat untuk tidak Melakukan Hal Buruk
  • Meniru Kebaikan yang Pernah Dilakukannya
  • Mengambil Hikmah dari Setiap Bagian Hidup
  • Menjadi Lebih Percaya Diri

Tujuan Biografi

  • Menumbuhkan Kesadaran Pembaca
  • Pembaca dapat Mencontoh Semua Kebaikan dari Tokoh tersebut
  • Pembaca dapat Mempelajari Unsur-unsur manusiawi dari Tokoh
  • Pembaca dapat Menjauhi dan Meninggalkan Kebiasan-kebiasaan yang tidak Baik pada Diri Tokoh

Manfaat Autobiografi

  • Sebagai Refleksi untuk Memahami Masa Lalu lebih Baik
  • Membantu Tokoh Move-on dari Kejadian Buruk di Masa lalu
  • Mengetahui Bagaimana Orang llain Mengartikan Dirimu
  • Menyadari Perubahan dalam Diri Tokoh dari Tahun ke Tahun
  • Melihat Kesalahan Masa lalu dan Memperbaikinya
  • Menjadi Nilai Plus dalam Masalah Professionalitas

Tujuan Autobiografi

  • Menumbuhkan Kesadaran Pembaca
  • Pembaca dapat Mencontoh Semua Kebaikan dari Tokoh tersebut
  • Pembaca dapat Mempelajari Unsur-unsur manusiawi dari Tokoh
  • Pembaca dapat Menjauhi dan Meninggalkan Kebiasan-kebiasaan yang tidak Baik pada Diri Tokoh

Keterangan : Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwasannya biografi dan autobiografi itu memiliki kesamaannya yaitu pada tujuan di tulisnya buku itu.

Contoh Biografi dan Autobiografi

Kali ini adalah contoh teks biografi dan autobiografi. Nah disini Anda bisa mengambil manfaat dan hikmah dari contoh teks di bawah ini.

Contoh Teks Biografi

Biografi Mohammad Amin, S.Pd, M.Si, Ph.D

Lahir Pada tanggal 19 Januari 1967 di Nganjuk, Jawa Timur. beliau menyelesaikan program Sarjana dalam bidang Pendidikan Biologi di Universitas Negeri Malang pada tahun 1991 dan program Magister dalam bidang reproduksi dan perkembangan hewan di Jurusan Biologi Institut Teknologi Bandung pada tahun 1997.

Gelar Doktor (Ph.D.) diperoleh dari Institut of Animal Breeding and Husbandry , Faculty of Agriculture, Martin Luther University Halle-Wittenberg, Germany dan bidang genetika dan biologi molekuler pada tahun 2003.

Sejak athun 1993 hingga sekarang, beliau asalah dosen Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Selama pengabdian di UM, beliau ditunjuk menjadi :

  1. Anggota tim penyusun proposal TPSDP (Technological and Propesional Skill Development Project Batch III) Jurusan Biologi UM pada Tahun 2003;
  2. Anggota tim penyusun Evaluasi Diri Jurusan Biologi UM pada tahun 2003;
  3. Anggota tim pengembang Lembaga Penelitian UM dan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup pada tahun 2003 hingga sekarang;
  4. Anggota Task Team C (Information and Dissemination) JICA IMSTEP di FMIPApada tahun 2003 hingg sekarang;
  5. Anggota tim pelaksana Proyek Hibah Kompetisi A2 untuk Jurusan Biologi UM pada tahun 2003 hinga sekarang;
  6. Ketua Program Studi Pendidikan Biologi S2/S3 PPS UM pada tahun 2008 hingga sekarang.

Selain itu, beliau pernah menjadi pemateri workshop tentan pembelajaran MIPA dan bioteknologi. Beberapa buku penunjang perkuliahan yang telah ditulisnya adalah Tingkah Laku Hewan pada tahun 2001, Biokimia (Asam Amino , Protein dan Enzim).

Pada tahun 2003, dan Pengantar Evolusi Molekuler pada tahun 2003. Beliau pernah meraih penghargaan sebagai peserta terbaik I pada Pelatihan Audit Lingkungan Angkatan ke-10 PSLH UGM pada tahun 2006.

Contoh Teks Autobiografi

Autobiografi Diri Sendiri

Namaku Dewi Anggini, lahir di Majalengka, 12 Desember 1997. Aku adalah anak kedua dari lima bersaudara, buah dari pasangan Dimas Koswara dan Nyimas Ratuwangi.

Dewi adalah panggilan akrabku, Aku terlahir dari keluarga yang sangat sederhana. Ayahku seorang pegawai negeri sipil di lingkungan Pemda. Sedangkan Ibuku adalah seorang guru di sebuah madrasah tsanawiyah tak jauh dari rumah.

Sejak kecil Ayah selalu menasehatiku agar rajin beribadah, bersikap jujur dan baik terhadap sesama.

Ketika berumur 6 tahun, aku mulai bersekolah di SDN 1 Pasawahan, Majalengka, kemudian setelah lulus melanjutkan pedidikan di SMPN 4 Majalengka di tahun 2009. Selepas lulus SMP di tahun 2012. Aku pindah ke kota Bandung dan tinggal bersama Tanteku di sekitaran daerah Buah Batu dan melanjutkan pendidikan di salah satu SMA yang tak jauh dari sana.

Ketika menginjak tahun kedua di SMA, aku mengikuti perlombaan menulis cerpen antar SMA se-kota Bandung, dan ketika itu puisiku yang berjudul “Senja di Timur Cikapundung” menjadi juara 2 dalam perlombaan tersebut. Aku sangat gembira, hari itu menjadi hari yang tak akan pernah kulupakan dalam hidupku.

Momen pada saat namaku disebut oleh juri diatas panggung adalah momen yang tak terlupakan, apalagi ketika aku berjejer diatas panggung, disalami, diberi sebuah piagam penghargaan dan piala oleh pak Walikota Bandung saat itu, Ridwan Kamil. ‘

Setelah peristiwa itu, semangatku dalam menulis semakin menggebu-gebu, aku berharap suatu hari nanti aku dapat menjadi penulis yang terkenal yang karya-karyanya selalu ditunggu-tunggu dan dapat menginspirasi orang lain.

Saat ini aku masih duduk di kelas XI SMA jurusan Bahasa,Selepas lulus SMA nanti, aku berencana melanjutkan kuliah di Jurusan Sastra Indonesia Universitas Padjajaran.

Penutup

Demikian perbedaan biografi dan autobiografi, jadi apakah Anda sudah paham? Kalau paham, jangan lupa di ajarkan yaaa biar manfaat bagi kita semua.

Tinggalkan komentar