1001 Manfaat dan Khasiat Daun Bidara Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

vinz-prasetyo.org

Manfaat Daun Bidara-Daun Bidara merupakan salah satu daun yang mempunyai banyak khasiat dan manfaatnya. Daun bidara yang dengan nama latin Ziziphus mauritianaa, yang biasanya dikenal sebagai  India Jujube. Dan pohon bidara ini, dapat hidup di daerah yang sedikit air, bahkan digurun pun.

Banyak sekali masyarakat yang sudah mengetahui pohon bidara ini. Akan tetapi, sedikit orang yang belum mengetahui cara memanfaatkannya dan tata cara menanamnya.

Nah, kami disini ingin memberi tahu tata cara memanfaatkan dan menanam pohon bidara ini. Mari, kita simak penjelasan di bawah ini.

Tata Cara Menanam Pohon Bidara

snap361.net

Beberapa sumber menyebutkan, bahwa ada cara untuk memperbanyak pohon bidara. Salah satunya dengan cara menanam bijinya. Berikut ini, bagaimana cara menanam pohon bidara, Insya Allah caranya kurang lebih seperti di bawah ini.

  • Pertama, kita siapkan biji bidara
  • Kemudian, ambil biji bidara, lalu rendam kuranglebih selama 3 hari
  • Setalah biji bidaranya di rendam, langkah selanjutnya melakukan persemaian
  • Media persemaiannya, bisa langsung dengan tanah, pot atau polibag
  • Tunggu beberpaa hari hingga tumbuh tunas, kira-kira tingginya mencapai 10 cm baru langsung bisa di pindahkan ke tanah
  • lakukan perawatan pohon bidara ini hingga tumbuh besar

Setelah pohon sudah tumbuh besar, meskipun belum berbuah, pohon bidara sudah dapat dimanfaatkan. Terus, apa yang dapat dimanfaatkan, tentu saja daunnya.

Daun bidara ini, bisa menjadi salah satu alat penangkal dari gangguan dari makhluk ghaib seperti pelet, sihir, santet, dll. Yang sering kita kenal dengan pengobatan ruqyah.

Manfaat dan Khasiat Daun Bidara Bagi Kesehatan Rohani

Banyak sekali manfaat dan khasiat yang terkandung dalam daun bidara ini. Dalam hal yang berhubungan dengan penyakit ghaib maupun yang dhohir. Bahkan, pohon bidara dari ujun teratas daun hingga akar itu semua dapat dimanfaatkan, apalagi daun dan buahnya.

Pohon bidara ini adalah pohon yang di takuti oleh para jin, oleh karena itu banyak sekali ustad ruqyah yang pengobatannya menggunakan daun bidara. Nah, penulis disini ingin memberi tau manfaat daun bidara dalam pengobatan ruqyah, sebagai berikut.

Manfaat Daun Bidara sebagai Pengobatan Ruqyah

Wahai sahabat muslim, sekarang ini kita hidup didunia tidaklah sendirian dan kita selalu berdampingan. Kita sebagai seorang muslim yang taat dan percaya, kita harus menyakini bahwa ada makhluk Allah yang tak kasat mata yaitu ghaib. Allah sebagai pemiliki alam semesta ini, menciptakan suatu perkara secara berpasang-pasangan.

kingsunda.com

Ada laki-laki ada perempuan, ada siang-malam, ada sehat-sakit, ada kaya-miskin. Bahkan, ada yang dhohir dan ada batin. Nah, disinilah kita harus iman terhadap ciptaan Allah yang tidak nampak yaitu jin, karena makhluk Allah ini yang sering mengganggu hamba-hamba Allah yang melakukan amal kebaikan.

Salah satu penyebab sakit yang sering kita temui di masyarakat yaitu adanya gangguan dari makhluk ghaib. Gangguan tersebut biasanya melalui perantara berupa santet, sihir, kesurupan, atau jenis gangguan yang lain.

Tidak semua jin yang melakukan gangguan ini terhadap hamba-hamba Allah, hanya jin-jin yang kafir atau syaiton yang mengikat janji terhadap tuan ata dukun-dukun. Berikut ini, penjelasannya manfaat daun bidara untuk gangguan jin.

Tata Cara Ruqyah dengan Mengguanakan Media Daun Bidara

Hai sahabaat muslim, cara ini sering dilakukan ketika dalam kondisi-kondisi tertentu. Semisalnya, anda kebetulan melihat tetangga atau saudara anda mendapat gangguan jin, sedangkan dalam kondisis tersebut tidak ada yang bisa di minta pertolongan, maka anda bisa melakukan cara-cara ini.

  • Pertama anda ambil 3-7 lembar daun bidara, disunnahkan
  • Kemudian, taruh daun tersebut ke dalam wadah yang telah diisi air bersih
  • Setelah itu, anda bisa membaca surah Ayat-ayat Alqur’an (Surah Al-Baqoroh) di samping orang yang mengalami gangguan jin tersebut.
  • Kemudian, setelah di bacakan anda cipratkan air tersebut, dengan berharap kesembuhan dari Allah subhaanahu wa ta’ala
  • Insya Allah dengan kehendak Allah, daun atau air bidara tersebut bisa merdamkan orang yang terkena gangguan jin tersebut.

Kegunaan Daun Bidara dalam proses Memandikan Jenazah

Agama islam adalah agama yang banyak pemeluknya hampir di seluruh belahan dunia. Ketika ada seorang muslim yang wafat dan tinggal dilingkungan muslim. Dan ketika memandikannya itu menggunakan daun bidara.

kingsunda.com

Nah, dibalik daun bidara tersebut, apa sih khasiat sebenarnya daun bidara ketika digunakan dalam proses memandikan jenazah? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam, bersabda:

Diriwayatkan dari Ummu ‘Athiyyah RA, berkata, “Nabi Shollallahu ‘alaihi wassallam pernah menemui kami, sedangkan kami kala itu tengah memandikan putrinya (Zainab), lalu beliau bersabda “Mandikanlah dia tiga, lima atau tujuh, atau lebih dari itu. Jika kalian memandang perlu, maka pergunakan air dan daun bidara.

(Ummu ‘Athiyyah, berkata, “Dengan ganjil?’ Beliau bersabda, ‘Ya’) Dan buatlah di akhir mandinya itu tumbuhan kafur atau sedikit darinya.” 

Sesungguhnya suri tauladan yang baik dilakukan Nabi ketika memandikan jenazah dengan menggunakan daun bidara.

Baca juga yah Kisah tentang Imam Bukhari yang Mengagumkan Umat Islam

Manfaat daun Bidara dapat menghilangkan Depresi

Pada era zaman sekarang ini, tidak heran jika kita sering melihat orang yang frustrasi, sering marah-marah tidak jelas, bahkan sampai depresi. Terutama di masyarakat perkotaan, yang menuntun hidupnya mendorong untuk berkerja di sebagian waktu hidupnya.

Depresi bukanlah penyakit yang biasa, apabila penyakit tersebut tidak cepat diatasi, maka akan menimbulkan penyakit-penyakit turunan yang lain. Karna berdampak akibat gangguan perilaku dari siklus korban. Salah satu solusi untuk menghilangkan penyakit depresi ini dengan menggunakan daun bidara.

Jika kita tersadar akan manfaat dari obat yang alami, ternyata khasiat bidara dapat menghilangkan penyakit depresi. Senyawa yang dihasilkan oleh daun bidara ini mempunyai zat yang bisa merelaksasi atau memberi kenyaman kepada penderita penyakit depresi.

Terapi bagi penderita penyakit depresi ini, dilakukan secara berulang-ulang tergantung tingkatan depresi dan dengan memohon kesembuhan dari Allah Subhaanahu Wa Ta’ala.

Khasiat Daun Bidara bagi Kesehatan Jasmani

Selain dimanfaatkan sebagai pengobatan dalam ruqyah. daun bidara ini bisa juga digunakan ubtuk kesehatan tubuh, kecantikan, mengobati luka, atau bahkan bisa dijadikan makan dan minuman. Berikut ini, beberapa khasiat daun bidara:

Daun Bidara dapat Mengobati dari Penyakit Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang mana si penderita mengalami kelebihan gula (glukosa). Kenapa daun bidara dapat menyembuhkan orang yang terkena penyakit diabetes? karena di dalam kandungan daun bidaraterdapat zat glikenik rendah, yang mampu menurukan gula darah pada seorang yang menderita penyakit diabetes.

Untuk penggunaan daun bidara, kita bisa mengumpulkan daun bidara sebanyak-banyaknya, kemudian jemur hingga kering. Apabila cuaca tidak memungkinkan untuk dijemur, bisa dilakukan dengan mengoven daun bidara.

Setelah daun sudah kering dan berwarna kecoklatan sehingga menyerupai warna teh, bisa diangkat dan disimpan ditoples atau tempat yang sudah disediakan.

Untuk penggunaannya, daun bidara ytang sudah kering di rebus dan air rebusan daun bidara di minum sebagai obat penyakit diabetes.

Daun Bidara dapat mengobati Luka

  1. Mengobati Luka Bakar

Daun bidara memiliki kandungan yang bisa mendinginkan kulit, terutama pada kulit yang mengalami luka bakar. Pertama ditemukan daun bidara dapat menyembuhkan luka bakar adalah orang negara India, bekas luka bakar yang diobati dengan daun bidara berkurang secara signifikan.

Jika anda menanam sendiri dirumah pohon bidara. Ketika tangan atau kaki kita tidak sengaja memegang atau menyenggol benda panas seperti, panci, knalpot.

Tidak usah bingung untuk membeli obat luka bakar ke apotek, anda tinggal memetik beberapa helai daun bidara yang masih muda, kemudian cuci dan segera tempel daun bidara ke bagian yang terkena panas atau luka bakar. Setelah beberapa menit kemudian, sensasi dingin akan anda rasakan ketika rasa luka bakar berkurang dikit demi sedikit.

2. Mengobati Luka Darah

Selain mengobati luka bakar, daun bidara bisa mengobati luka darah seperti, kulit tergores benda tajam. Daun bidara memiliki sifat anti peredangan/ anti inflamasi sehingga dapa mempercepat penyembuhan kulit yang terkena goresan dan mencegah keluarnya darah berlebihan.

Anda bisa membuat sendiri ramuannya dengan menumbuk segenggam daun bidara hingga halus. Kemudian jemur sampai kering. Simpan duan bidara ini yang sudah kering untuk obat darurat.

Khasiat Daun Bidara dan Buahnya

paragram.id

Banyak sekali manfaat pohon yang telah disebutkan di dalam Al-Qur’an ini, selain sebagai pengobatan kesehatan rohani dan jasmani, ternyata daun bidara dapat di manfaat kembali dengan mengelolahnya menjadi makanan.

Pada dasarnya, manusian selalu berinovasi dalam segala hal apapun, dengan kelebihan akan yang telah Allah Subhaanahu wa Ta’ala berikan kepada manusia untuk selalu memaksimalkan apa yang ada di sekitarnya. Hal yang serupa dengan pohon bidara. Pada umumnya bagian-bagian yang sering dimanfaatkan adalah daun dan buahnya.

Khasiat dan manfaat yang ada dalam kandungan daun bidara dan buahnya, memilikiefek yang luar biasa terhadap tubuh kita. Buahnya yang banyak diperjual belikan, baik yang tua maupun muda. Karena kandungan antioksidan dan kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga buah ini menjadi kaya akan manfaatnya.

Cukup sekian dari saya, semoga dapat bermanfaat

Leave a Reply