11+Kerajinan dari Kulit Jagung Yang bikin Greget Orang And Unik Lho!

Kerajinan dari jagung ini merupakan salah satu kerajinan yang berbahan dasar yang sederhana dan tidak bernilai harga. Nah dan ketika seorang pengrajin yang kreatif dan mempunyai inisiatif untuk merubah sebuah kulit jagung yang awalnya tidak bernilai sekarang bisa menjadi sebuah barang yang mempunyai nilai jual yang tinggi.

Yang biasanya dijadikan sebagai bahan pokok makanan saja. Nah, ketika adanya seorang pengrajin yang kreatif sehingga kulit jagung tersebut bisa menjadi sebuah omset jual beli bahkan saat dijual belikan harganya bisa mencapai juta an rupiah. Nah, saat ini kami memberikan contoh serta cara pembuatan kerajinan dari kulit jagung ini.

Berikut ini contoh kerajiannya.

Contoh Kerajinan dari Kulit Jagung, Beserta Cara Pembuatannya

Siapa sangka kan, ketika bahan pokok makanan bisa menjadi kerajinan yang bernilai? Nah, jika ada kemauan untuk berkreatifitas, jika Tuhan Berkehendak pasti bisa mempunyai hasil yang sempurna dan memuaskan. Ayok, kita semak pembahasan berikut ini.

Boneka

kerta.net

Ni buktinya, comel kan? Anda bisa membuatnya dirumah, karena cara membuatnya tidak susah kok alias mudah kok. Dan kebanyakan juga boneka ini juga sering ditemukan didaerah wisata manapun. Daripada anda membeli mending coba membuatnya saja, lebih hemat keuangan anda. Berikut ini alat dan bahan serta cara pembuatannya.

Alat dan Bahan:

  • 10-12 lembar kulit jagung.
  • Gunting.
  • Tali benang atau tali rafia.
  • Air hangat secukupnya kurang lebih semangkuk.
  • Benang wol dengan berbagai warna yang anda inginkan.
  • Handuk kertas.
  • Sekam kering jagung kotak.
  • Lem.
  • Manik-manik.
  • Handuk kertas.

Cara Pembuatannya:

  1. Pertama, Mulailah anda dengan merendam kulit jagung dengan air hangat yang sudah disediakan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, jika ada sisa air hangat lebih, maka bilaslah menggunakan handuk atau kain. Lalu ambil dan susunlah sekitar 4 kulit jagung dalam satu genggaman.
  2. Kemudian, ikatlah bagian atas atau lehernya menggunakan tali dengan ketat dan kuat. Jarak leher ikatan sekitar satu inchi dari atas.
  3. Balik dan tarik ujung-ujung panjang kulit ke bawah.
  4. Dengan menggunakan benang tipis, kemudian ikat kembali bagian atas atau leher seikat kulit jagung yang telah dibalik tadi. Ikat sehingga membentuk kepala. Nah, dan jarak yang bisa dipakai adalah sekitar 1 inchi.
  5. Selanjutnya, ambillah satu lembar kulit jagung. Lalu gulunglah secara horizontal/memanjang. Dan buatlah ikatan tali di ke dua ujungnya. Sehingga membentuk gulungan kulit jagung seperti di bawah ini. Gulungan ini nantinya akan jadi bagian tangan dari boneka.
  6. Posisikan bagian lengan tepat di bawah ikatan leher tadi. Selipkan tepat di antara bagian kulit jagung.
  7. Kemudian ikatlah pada bagian pinggang dengan benang atau tali yang agak tebal. Untuk membentuk boneka perempuan, silakan bentuklah bagian bawahnya sedemikian rupa. Yang penting rapih dan enak dilihat. Lebih detailnya bisa dilihat seperti gambar berikut.
  8. Untuk membentuk boneka laki-laki, bagilah bagian bawah menjadi 2 bagian sama. Tujuannya untuk membentuk kaki. Setelahnya, ikat lutut dan pergelangan kaki menggunakan tali. Dan guntinglah/rapikan hingga merata.
  9. Nah, boneka pun sudah jadi. Tapi tentu masih sangat mentah.

Silahkan Mencoba Kawan!

Bunga

alfikeer.com

Bagus and indah kan? Nah, bunga tersebut adalah bunga yang terbuat dari bahan limbah buangan kulit jagung, sehingga mudah sekali untuk mencari kulit jagung tersebut. Jika anda tertarik untuk membuatnya, caranya mudah kok gak usah repot-repot dalam permbuatannya.

Anda hanya membutuhkan alat dan bahan saja. Bahan utamanya adalah kulit jagung, gunting, benang, jarum jahit, jika ingin dikasih warna boleh dengan menambahkan pewarna. Silahkan Mencoba Kawan!

Baca Juga yaa Kerajinan Dari Bambu

Kipas

Kerajinan tangan dari kulit jagung selanjutnya adalah kipas, nah pada zaman modern ini banyak orang yang memanfaatkan kerajinan ini untuk mengembangkan kreativitas sebagai peluang usahanya.

Selain itu, dapat juga untuk menciptakan sebuah lapangan kerja bagi orang yang ada disekitarnya bahkan juga untuk orang yang pengangguran.

Kerajinan dari kulit jagung ini bisa dikreasikan dalam bentuk kipas lipat, namun untuk pengerjaannya sedikit ditambahkan alat khusus agar bisa membuat lembaran kulit tersebut melebar.

Selain itu, juga diperlukan media pewarnaan agar untuk mempercantik tampilan dari kipas itu sendiri, sehingga bukan hanya berfungsi melainkan bisa untuk dijadikan sebagai koleksi atau hiasan dirumah.

Gantungan Kunci

deskgram.net

Nah, awal dari pembahasannya ialah cara membuat boneka dari kulit jagung. Nah, disini kami membahas gantungan kunci hampir mirip dengan boneka hanya saja tertambah dengan centelaan yang berfungsi seperti gantungan pada umumnya. Penempelan centelannya, anda bisa memperkirakan dimana letak centelan tersebut sehingga bisa terletak diatas kepala. Gak usah ribet dan Simpel kan!

Vas Bunga

bukalapak.com

Selain dijadikan hiasannya bunganya, nah disini juga menyediakan vas bunganya juga yang terbuat dari kulit jagung. Jadi, kulit jagungnya hanya sebagai cover dari lapisan vas bunga yang telah anda buat sebelumnya.

Iki Sisan yaa Kerajinan dari Kain Flanel

Nah, untuk cara pembuatannya vas bunga nya anda bisa menggunakan kaleng bekas untuk dijadikan penopang bunganya, kemudian diatur sedemikian rupa dan dilapisi dengan kulit jagung. Rekatnya kulit jagung dengan kaleng tersebut itu bisa menggunakan lem atau tali yang berwarna-warni agar lebih menarik dan unik. Silahkan Mencoba Kawan!

Sandal

Sendal?

Anda pernah berfikir gak kalau kulit jagung bisa dijadikan sandal? Hmmm, penulis juga gak pernah si berfikir kalau kulit jagung bisa dijadikan sandal, bahkan secara logika gak mungkin, kan kulit jagung sifatnya tipis dan mudah sobek. Loh kok bisa gimana caranya?

Karena penulis bukan ahlinya jadi hanya bisa menjelaskan saja, jadi sandal ini lebih mirip seperti anyaman tali, tapi banyak orang yang mengira bahwa sandal tersebut terbuat dari kulit jagung, Hebat kan!

Keranjang

caramerawatbungamawar12.blogspot.com

Jang jang keranjanggg, hehe seperti jualan aja. Keranjang ini merupakan salah satu kerajinan yang terbuat dari anyaman kulit jagung. Jadi gimana keren and menarik kan? Silahkan anda bisa membuatnya dirumah.

Tas

udfauzi.com

Anda mungkin tidak percaya kalo tas ini terbuat dari kulit jagung, bahkan anda tidak sadar bahwa tas ini sering ditemukan di area sekitar pasar atau tempat wisata. Jika anda ingin membuatnya bisa anda lakukan dirumah dan juga sebagai obat jenuh bagi ibu runah tangga, biar gak bosen pakek tas belanjaan itu-itu mulu.

Tempat Tisu

tokopedia.com

Tempat tisu ini terbuat dari kulit jagung loh, kami akan memberikan bagaimana cara membuatnya?

Alat dan Bahan:

  • Kulit jagung.
  • Gunting.
  • Kertas duplex.
  • Lem fox atau anda bisa menggunakan lem yang lain terpenting adalah rekat kulit jagung dengan kertas duplex.
  • Cutter.
  • Tali emas.
  • Pensil, penggaris, dan penghapus.
  • Anda juga bisa menambah i dengan pernak-pernik agar lebih menarik.

Cara Membuatnya:

  1. Siapkan bahan-bahan dasar untuk membuatnya.
  2. Kemudian, gambar kertas sesuai pola jaring-jaring balok tanpa ada tutup di atasnya.
  3. Lalu, lagi buat sebagai penutup kotak tisu di atas kertas duplex tadi,
  4. Kemudian, potong pola yang sudah di gambar tadi dan di lipat sesuai gambar lalu rekatkan dengan lemnya.
  5. Tunggu sampai mengering.
  6. Jika sudah terbentuk kotak tisu yang belum ada penutupnya. Kemudian lapisi dengan kulit jagung yang sudah di siapkan sebelumnya.
  7. Untuk bagian penutup jangan lupa di kasih lubang di tengahnya.
  8. Selanjutnya melapisi bagian penutupnya dan memberi hias agar menarik.

Silahkan Mencoba Kawan!

Dress atau Gaun

Waaaaauuu, keren banget tu gaun. Tau kan anda, bahwa gaun tersebut terbuat dari kulit jagung. Jujur saja, kami sebagai penulis baru kali ini melihat kerajinan gaun yang terbuat dari kulit jagung, Gak Nyangka yaa bisa sekeren ini.

jadi, cara membuatnya ini harus orang pada tempatnya alias pada ahlinya, karena dalam pembuatannya sangat membutuhkan ketelitian dan keuletan tangan si pengrajin. So, gak sembarang orang yang bisa membuat gaun dari kulit jagung ini.

Tempat Pensill

udfauzi.com

Tempat pensil, kami akan memberi cara untuk membuat tempat pensil dari kulit jagung. Berikut ini cara membuatnya.

Alat dan Bahan:

  • kaleng atau kayu juga bisa dengan gelas plastik
  • Gunting.
  • Lem tembak.
  • cutter atau pisau
  • Manik-manik.
  • bisa tambahkan stik es krim.
  • Kulit jagung yang sudah direbus dan juga dikeringkan.

Baca Juga Kerajinan dari Cangkang Kerang

Cara Membuatnya:

  1. Apabila menggunakan kaleng potong bagian ujungnya. Agar lebih mudah memotongnya bisa dilubangi dahulu dengan paku/ujung gunting
  2. Rapikan agar tidak melukai tangan ketika sudah jadi
  3. Bisa pakai stik es krim untuk dasarnya sesuai selera anda saja
  4. Jika pakai stik es krim atau kulit jagung selesaikan semua permukaannya
  5. Dan mulai menghias dengan manik-manik atau pake stik es krim,kulit jagung
  6. Rekatkan semua hiasan dan jadilah hiasan tempat pensil untuk di gunakan

So, apalagi silahkan anda membuatnya.

Nah, terimakasih atas perhatiannya sudah membaca artikel ini. Semoga dpaat bermanfat sehingga bisa menimbulkan kreativitas anda yang lebih gigih dalam membuat sebuah kerajinan dari bahan apapun.

Ini Juga Mas bro and Mbak Bro Kerajinan dari Sedotan

Leave a Reply