25 Jenis-Jenis Tanaman Bunga yang Indah beserta Gambar

Kebun bunga-Bunga atau biasanya yang disebut dengan kembang merupakan salah satu alat reproduksi tumbuhan yang berbunga. Pada bunga atau kembang juga ada yang namanya benang sari dan putik. Benang sari terdapat pada bunga sebagai alat reproduksi jantan, sedangkan putik terdapat pada bunga sebagai alat reproduksi betina.

Bagian-bagian Bunga Beserta fungsinya, sebagai berikut ini

mengakujenius.com

  1. Tangkai Bunga merupakan bagian berada di bawah bunga. Tangkai bunga berfungsi sebagai penopang dan penyambung antara bunga dan batang.
  2. Dasar Bunga berfungsi sebagai tempat kedudukan bunga.
  3. Kelopak Bunga merupakan bagaian terluar sebagai pelindung mahkota bunga, ketika bunga masih berbentuk kucup. Biasanya, bentuknya menyerupai daun.
  4. Mahkota Bunga umumnya memiliki banyak macam warna sehingga disebut dengan perhiasan bunga. Dengan memiliki warna yang menarik ini dapat memikat kupu-kupu atau serangga lainnya untuk menghampiri bunga tersebut. Sehingga serangga tersebut dapat membantu proses penyerbukan.
  5. Benang sari atau serbuk merupakan alat reproduksi jantan.
  6. Putik adalah bagian yang dikelilingi oleh benang sari. Putik berfungsi sebagai alat repoduksi betina dan terdiri dari tangkai putik dan kepala putik.

Jenis-jenis Tanaman Bunga

1. Bunga Anggrek

sayaajarkan.com

Orchidaceae adalah nama lain dari bunga anggrek. Dan anggrek sendiri merupakan salah satu jenis tanaman bunga yang mempunyai anggota spesies terbanyak. Spesies bunga anggrek tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar.

Bunga anggrek ini sangatlah indah dan saking banyaknya variasinya hampir tidak terbatas. Anggrek biasanya dijual sebagai tanaman pot maupun sebagai bunga potong saja.

2. Bunga Allamanda

nurserilive.com

Allamanda cathartica atau yang kita sering sebut dengan bunga terompet emas atau bunga buttercup. Tanaman ini merupakan pohon bunga yang termasuk golongan perdu berkayu dengan tinggi yang dapat mencapai 2 meter.

Bunga Allamanda ini berasal dari daerah amerika Tengah dan selatan, dan terdapat juga di daerah Brazil. Dimana bunga ini hanya digunakan sebagai hiasan, karena bentuk yang indah.

3. Bunga Anyelir

agrowindo.com

Anyelir disebut juga dengan bunga teluki, atau nama ilmiah dari Anyelir ini adalah Dianthus caryophyllus. Bunga anyelir ini adalah tanaman hias perkarangan dan pot, Anyelir berasal dari daerah Mediterania.

Bunga Anyelir dibagi menjadi dua, yaitu berjenis satu bunga unutk setiap tangkai dan jenis spray banyak bunga untuk satu tangkai. Bunga Anyelir ini, memiliki banyak variasi warna dan tanaman bunga anyelir ini, mempunyai ketinggian mencapai 2 meter.

Namun, bunga ini bisa tumbuh tegak apabila diikat dengan penyongkong. Garis pusat bunga anyelir ini bisa mencapai 1 cm dan dapat bertahan selama 18-20 bulan.

4. Bunga Apel

pixabay.com

Bunga apel mekar pada musim semi, bersamaan dengan perkecambahan pada daun. Bunga apel ini memiliki warna putih dan berbaur dengan warna pink yang berangsung memudar. Bunga ini, terdiri dari lima kelopak yang dapat berdiameter mencapai 2.5 sampai 3.5 cm.

5. Bunga Asoka

agrowindo.com

Bunga asoka merupakan tumbuhan yang digunakan sebagai tanaman hias dan penghijauan. Di Indonesia sendiri, dikenal dua jenis bunga asoka, yaitu pohon asoka yang menjulang tinggi tanpa adanya ranting (Poyalthia Longifolia) dan bunga asoka biasa (Polyalthia sp) yang memiliki ranting dan berdaun runcing.

Selain sebagai tenaman hias, bunga asoka juga memiliki khasiat tersendiri. Bunga yang dapat mengobati luka memar dengan meminum air rebusan dari bunga asoka yang di tambahkan dengan mawar kering dan daun dewa.

Selain bisa menjadi obat luka memar, bunga asoka bisa dipakai sebagai obat bagi wanita yang haid yang tidak teratur.

6. Bunga Aster

ebay.com

Dengan melihat sekilas bunga ini, hampir mirip dengan bunga matahari. Namun, bunga aster memiliki daun yang bersusun dengan variasi warna yang banyak. Bunga aster berasal dari Tiongkok dengan rata-rata 30-70 cm.

Sangatlah mudah ditemukan dan berbunganya tidak mengenal musim. Rata-rata bunga aster umurnya mencapai satu tahun.

7. Bunga Azalea

bibitbunga.com

Bunga azalea merupakan tanaman yang berbunga dari keluarga Ericaceae dan genus Rhododendron yang tumbuh di daerah yang beriklim biasa atau sedang.

Bunga yang popular karena sebagai tanaman hias sehingga banyak orang yang mengembangkannya. Warna bunga azalea bervariasi, mulai dari warna merah, ungu, kuning,dan putih.

8. Bunga Bakung

gmbarpedia.org

Bunga lily atau yang biasanya dikenal bakung adalah bunga yang memiliki aroma yang sangat wangi. Bunga bakung memiliki tiga daun bunga dengan berbagai warna, dari mulai warna merah, kuning, putih, merah muda, hingga bercorak bintik-bintik dan kehitaman.

Bunga bakung tumbuh sebagian besar di wilayah Eropa, Asia sampai jepang. Kebanyakan dari suku lily membentuk umbi polos di bawah tanah. Sekitar 110 suku dalam family dan jenis bunga bakung (Liliaceae).

9. Bunga Bangkai

life.trubus.id

Suweg raksasa atau yang biasanya dikenal bunga bangkai. Tumbuhan ini berasal dari talas-talasan dan bunga ini mengeluarkan bau yang tak sedap seperti bangkai. Yang awalnya berfungsi untuk mengundang kumbang, lalat atau serangga yang lain untuk membantu proses penyerbukan.

10. Bunga Begonia

jitunews.com

Bunga begonia merupakan genus dalam keluarga tanaman berbunga Bergoniaceae. Nama genus sendiri, diciptakan oleh Charles Plumier, adalah seorang botani Perancis untuk menghormati Michel Begon, mantan gubernur koloni dari Perancis Haiti. Terdapat lebih dari 1.500 jenis-jenisnya, Begonia adalah salah satu dari sepuluh genera angiosperma terbesar.

11. Bunga Camelia

ilmubudidaya.com

Bunga camelia ini merupakan tanaman genus Theaceae yang dapat kita temukan di Daerah Asia timur, Asia selatan dan dari Himalaya timur ke Jepang hingga ke Indonesia. Tanaman ini memiliki jenis batang yang berkayu, baik yang berbentuk semak maupun pohon.

Jenis yang sering dijumpai adalah jenis camelia sinensis yang pucuk daunnya digunakan sebagai bahan pembuatan teh. Camelia juga bisa ditanam sebagai tanaman hias berbunga.

12. Bunga Chicory

pixabay.com

Bunga Chicory (Cichorium intybus) merupakan tumbuhan yang masih bisa dibilang dalam keluarga bunga aster. Chicori adalah tumbuhan yang hidup menahun, memiliki bunga yang berwarna biru terang, ada yang kuning, dan merah muda.

Tanaman bunga ini berasal dari Benua Eropa dan tersebar hingga ke Amerika utara dan Australia. Tumbuhan ini sangat mudah sekali ditemukan di tepi jalan.

13. Bunga Cosmos

daftartanamanhias.web.id

Bunga cosmos atau bisa disebut juga dengan kenikir atau raja ulam. Tanaman ini berasal dari Meksiko. Cosmos adalah tumbuhan tropis dan tumbuhan liar dari alam. Ciri dari tanamaan ini adalah bergaris-garis dan berbatang pipa dengan ketinggian mencapai kurang lebih 1m, serta mempunyai tangkai daun yang panjang.

14. Bunga Candytuft

vrtnarstvostanonik.si

Bunga candytuft ini adalah salah satu jenis bunga liar dengan ciri khas daun mengkilap dan bunganya terdiri dari banyak cluster. Warna tanaman ini agak pink, ungu atau putih.

Tanaman ini sering dijadikan sebagai bunga potong dan hias. Cara membudidayakannya dengan menanamnya dari biji.

15. Bunga Dahlia

pixabay.com

Bunga dahlia merupakan sejenis dengan perdu berumbi yang sifatnya menahun. Oleh karena itu, Bunga dahlia ini lambat laun dikembangkan dengan secara biakan. Seorang ahli tanaman bernama Anders Dahl, berhasil mengembang biakan bunga dahlia ini. Cikal bakal dari bunga dahlia hibrida (persilangan) yang terdapat hingga saat ini, yaitu Dahlia juarezii.

16. Bunga Daffodil

home.co.id

Daffodil atau yang biasanya disebut dengan bunga Narcissus adalah tumbuhan liar yang banyak tumbuh di daerah Ukraina. Tanaman ini, mempunyai 6 kelopak bunga yang berwarna terang dan mempunyai pusat bunga yang berbentuk terompet. Bunga daffodil banyak ditemukan dengan warna kuning. Walaupun, ada juga bunga daffodil yang berwarna putih, merah mudah, dan orange.

17. Bunga Dandelion

bibitonline.com

Tanaman jenis dandelion ini dikenal juga dengan sebutan sebagai Bunga Randa Tapai yang berasal dari Benua Eropa dan Asia. Bunga dandelion masih masuk dalam genus Taraxacum dari keluarga Asteraceae.

Bunga dandelion berbentuk seperti bulu yang halus dan mudah terbang ketika di bawa angin yang kencang. Bentuk tangkainya kecil dan mudah tumbuh dimana saja, tergantung benihnya jatuh di bawa angin.

18. Bunga Eceng Gondok

pixabay.com

Eceng gondok (Eichhornia crassipes) adalah salah satu jenis tumbunhan bunga air yang hidup mengapung. Meskipun bunga eceng gondok memiliki bunga yang indah, tanaman ini memiliki kecepatan tumbuh yang sangat tinggi sehingga dapat merusak lingkungan di perairan. Eceng gondok mudah ditemukan melalui saluran air, rawa dan sungai.

19. Bunga Edelweis

pixabay.com

Bunga senduro (Anapholis javanica) atau lebih popular dikenal sebagai Edelweis jawa (Javanese edelweis) merupakan tanaman endemik zona alpina atau montana di berbagai pegunungan tinggi di Indonesia.

Tumbuhan ini, termasuk dengan kategori tumbuhan langka. Bunga edelweis sering tumbuh di hutan dan mampu bertahan hidup di daerah yang tandus.

20. Bunga Sedap Malam

qolbunhadi.com

Bunga sedap malam (Polianthes tuberosa) merupakan tumbuhan hijau yang abadi dari suku asmat. Kata “Tuberosa” sendiri, mengartikan bahwa tanaman ini memiliki umbi (tuber). saai ini, terdapat 12 spesies dari genus polianthes. Bunga sedap malam berasal dari Meksiko yang sering mekar di malam hari.

21. Bunga Seruni

pixabay.com

Bunga seruni ini bisa disebut dengan bunga krisan (Chrysanthemum sp) adalah jenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias diperkarangan rumah maupun kebun. Bunga saruni ini sama seperti bunga sakura, seruni juga merupakan bunga nasional Jepang. Dalam bahasa Jepang “kiku” karena aroma bunga yang sangat wangi.

22. Bunga Gladiol

willemsefrance.fr

Gladinol (gladiol communis) adalah salah satu tanaman bunga semusim berbentuk herba yang masih dalam keluarga Iridaceae.

Bunga gladinol ini sering dibudidayakan sebagai rangkaian dalam sebuah ruangan, contoh ruangan kerja, tamu, dll. Tanaman ini memiliki warna yang menarik dan indah dengan kesegaran yang bisa bertahan hingga 10 hari

23. Bunga Herbas

twsflorist.com

Bunga Herbas (gerbera L) merupakan tanaman hias yang termasuk dalam keluarga Asteraceae. Jenis tanaman ini termasuk semak yang dapat bertahan hidup bertahun-tahun, bentuk daunnya memanjang, bunga ini memiliki berbagai macam warna.

Di dunia terdapat lebih dari 40 spesies Herbas yang tersebar hingga ke Amerika selatan, Madagaskar, Afrika sampai wilayah tropis Asia.

24. Bunga Lavender

tanamanherbal.com

Bunga Lavender adalah tanaman bunga yang berasal dari wilayah selatan Laut Tengah, wilayah Afrika tropis hingga timur dan India. Bunga ini merupakan suku Lamiaceae yang tersusun dari 25-30 spesies.

Lavender termasuk tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak-semak pendek dan kecil. bunga Lavender sendiri ditanam dan dikembangkan di iklim yang sedang sebagai tanaman hias, bahan makanan, dan ekstrak minyak esensial.

25. Bunga Matahari

merdeka.com

Bunga Matahari yang bernama latin (Helianthus annuus L) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir (Asteraceae) yang sangan terpopuler sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak dan kuaci.

Bunga matahari dibudidayakan oleh para orang Indian Amerika Utara sejak beberapa ribu tahun yang lalu, kini bunga matahari sudah tersebar ke Amerika Selatan hingga ke wilayah Eropa Perancis dan Ikraina. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah yang beriklim subtropik dengan tanah yang subur dan hangat.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply