Doa Selamat Dunia Akhirat

Doa selamat – Setiap umat manusia pasti ingin merasakan keselamatan dalam melakukan perjalanan maupun aktivitas. Dan sehingga mereka selalu memohon agar diberikan keselamatan.

Daftar Isi

Arti Selamat

Arti selamat ialah terbebas dari marabahaya, jauh dari malapetaka, terhindar dari bencana, tidak mendapatkan gangguan kerusakan, tidak kurang dari suatu apapun dan dijauhkan dari perbuatan maksiat atau salah.

Di dalam islam selamat itu ada 2 yaitu dunia dan akhirat. Pasti kali mau kan selamat di dunia dan juga di akhirat.

Selamat di dunia itu dijauhkan dari segala hal yang berbahaya atau tidak baik selama di dunia sedangkan selamat akhirat artinya dijauhkan dari api neraka dan dijaga ketika hisab.

Tujuan memanjatkan doa keselamatan :

  1. Mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat
  2. Terhindar dari tipu daya orang kafir
  3. Terhindar dari bencana atau malapetaka
  4. Selamat dari orang zalim
  5. Selamat dari penguasa zalim
  6. Dijauhkan dari siksa api neraka yang bergejola

Pasti seluruh umat islam menginginkan selamat di dunia dan akhirat. Maka dari pada itu selalu memperbanyak doa selamat agar Allah subhaanahu wa ta’ala menjaga kita.

Baca Juga :

Doa Selamat

Berikut ini ada beberapa doa selamat yang bisa Anda amalkan dikehidupan sehari-hari. Mulai dari doa yang pendek atau panjang.

Silahkan mana aja Anda boleh mengamalkannya, karena makna dari doa tersebut sama yakni meminta perlindungan kepada Allah dari segala keburukan dunia dan akhirat. Langsung saja berikut bacaan doa selamat beserta artinya.

1. Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Doa selamat dunia akhirat ini adalah salah satu doa setelah sholat yang dipanjatkan kepada Allah agar mendapat keselamatan selama di dunia dan mendapatkan keselamatan juga di akhirat kelak.

Sehingga bacaan ini sangat dianjurkan untuk dijadikan bacaan doa setelah sholat wajib maupun sunnah yang dibacakan dengan doa-doa yang lainnya.

Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat

Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat

Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat Arab

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat Latin

“Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut. Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab”

Arti Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut

Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab

2. Doa Selamat Pendek

Doa selamat pendek ini adalah doa yang sesuai dengan hadist shahih yang diriwayatkan oleh Imam muslim.

Bacaan Doa Keselamatan Pendek

Bacaan Doa Keselamatan Pendek

Bacaan Doa Keselamatan Pendek Arab

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

Bacaan Doa Keselamatan Pendek Latin

“Allaahumma Antas Salaam, Wa Minkas Salaam, Tabaaròkta Dzal Jalaali Wal Ikròòm”.

Arti Doa Keselamatan Pendek

Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Allah, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan

3. Doa Selamat dari Siksa Neraka

Doa selamat dari siksa neraka ini biasanya lebih familiar dengan sebutan doa sapu jagat. Dan juga doa ini sering sekali diucapkan oleh Baginda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam agar dijauhkan dari siksa api neraka.

Bacaan Doa Selamat dari Siksa Neraka

Doa sapu jagat

Bacaan Doa Selamat dari Neraka Arab

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Doa Selamat dari Siksa Neraka Latin

Ròbbanaa Aatinaa Fid Dunyaa Hasanah, Wa Fil Aakhiròti Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar

Arti Doa Selamat dari Siksa Neraka

Ya Rabb kami, limpahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka

Baca Juga :

4. Doa Selamat dari Nabi Luth

Doa ini adalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Luth ‘alaihi salam agar mendapatkan perlindungan dari Allah dari segala perbuatan yang keluarga atau ahlinya kerjakan.

Bacaan Doa Selamat Nabi Luth

Doa perlindungan Nabi Luth

Bacaan Doa Selamat Nabi Luth Arab

رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ

Bacaan Doa Selamat Nabi Luth Latin

Ròbbi Najjinii Wa Ahlii Mimmaa Ya’maluun

Arti Doa Selamat Nabi luth

Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan

5. Doa Selamat dari Orang Zalim

Doa selamat dari orang zalim ini adalah doa Nabi Musa ‘alaihi salam untuk orang-orang zalim. Doa ini terdapat pada Al-Quran Surah At-Tahrim ayat 11.

Bacaan Doa Selamat dari Orang Zalim

Bacaan Doa Selamat dari Orang Zalim Arab

رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Bacaan Doa Selamat dari Orang Zalim Latin

Ròbbi Najjinii Minal Qòumidh Dhòlimiin

Arti Doa Selamat dari Orang Zalim

Ya Tuhanku, selamatkanlah dan lindungilah aku dari orang-orang yang zalim itu

6. Doa Selamat dari Penguasa Yang Zalim

Apakah Anda kenal dengan fir’aun? Fir’aun adalah pemimpin yang sangat zalim dan semena-mena kepada rakyatnya.

Sampai-sampai Fir’aun menyekutukan Allah dengan mengaku tuhan. Dan doa ini dipanjatkan oleh Istri Fir’aun sendiri yang bernama Asiyah. Doa ini terdapat pada Al-Quran Surah At-Tahrim ayat 11.

Tapi doa minta perlindungan dari penguasa zalim ini tidak hanya untuk zaman terdahulu. Jika Anda menemukan penguasa atau presiden yang zalim terhadap rakyatnya, Anda bisa memakai doa ini untuk dipanjatkan agar terlindungi dari penguasa zalim.

Bacaan Doa Selamat dari Penguasa Zalim

Bacaan Doa Selamat dari Penguasa Zalim Arab

رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Bacaan Doa Selamat dari Penguasa Zalim Latin

Ròbbibni Lii ‘Indaka Baitan Fil Jannati Wa Najjinii Min Fir’auna Wa ‘Amalihi Wa Najjinii Minal Qòumidh Dhòlimiin

Arti Doa Selamat dari Penguasa Zalim

Wahai Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga, dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim

7. Doa Selamat dari Tipu Daya Orang Kafir

Ketika membahas tentang tipu daya orang kafir, sudah sejak dulu orang kafir berusaha untuk mengajak, menghasut umat islam agar mengerjakan apa-apa yang dilarang oleh Allah subhaanahu wa ta’ala.

Doa ini sudah tertera pada Al-Quran Surah Yunus ayat 85 dan 86.

Bacaan Doa Selamat dari Tipu Daya Orang Kafir

Bacaan Doa Selamat dari Tipu Daya Orang Kafir Arab

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Bacaan Doa Selamat dari Tipu Daya Orang Kafir Latin

Ròbbanaa Laa Taj’alnaa Fitnatal Lil Qòumidh Dhòòlimiin Wa Najjinaa Biròhmatika Minal Qòumil Kaafiriin

Arti Doa Selamat dari Tipu Daya Orang Kafir

Ya Tuhan kami, Jangan jadikan kami sasaran fitnah dan jauhkanlah kami dari sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari tipu daya orang-orang yang kafir

Baca Juga :

Keutamaan Membaca Doa Selamat

Doa merupakan inti dari ibadah maka akan tidak lengkap jika ibadah tanpa doa. Perumpamaan ibadah tanpa doa bagaikan buah tanpa isi atau seperti jasad yang tidak memiliki otak yang waras.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wassallam yang berbunyi : “Doa itu adalah otak ibadah“(HR. Bukhari). Otak adalah sarinya, inttinya dan yang paling berarti dari sesuatu itu (ibadah).

Setiap amalan dan ibadah itu memiliki nilai-nilai keutamaannya sendiri yang baik sehingga dianjurkan untuk dikerjakan. Tapi anjuran ini bersifat tidak memaksa, jadi boleh Anda kerjakan ataupun tidak.

Setiap keselamatan umat manusia selalu disenderkan dengan akhlak dan aqidah masing-masing. Bisa juga dikarenakan keberuntungan mereka mendapatkan perlindungan-Nya.

Jadi bagi seluruh umat islam dianjurkan sekali untuk memanjatkan doa keselamatan untuk terhindar dari keburukan dunia dan akhirat.

Agar Anda juga selalu berada pada jalan lurus yang dilindungi oleh Allah. Nah ketika Anda berencana melakukan perbuatan yang menyimpang dari agama Islam, maka akan dihindarkan tanpa Anda sadari.

Pentingnya Mempelajari Doa Selamat Sejak Dini

Patut bagi para orang tua agar mendidik anaknya mempelajari berbagai doa terutama doa keselamatan dunia dan akhirat. Kenapa harus diajarkannya?

Karena di usia dini itu memiliki otak yang masih jernih dan masih suci dari pemikiran yang gak baik. Insyaa Allah, jika dididik dengan baik dan tanpa ada kekerasan anak itu akan lebih taat dan mengerti.

Jika didikannya baik dan tidak ada kekerasan tanpa sadar anak tersebut akan terbentuk akhlak dan kepribadiannya.

Simak beberapa poin untuk para orang tua berikut ini :

  • Di usia dini, anak juga memiliki kemampuan baik dalam menghafal banyak hal sehingga sangat bagus jika Anda memberikan hafalan Al-Quran atau Doa-doa keselamatan.
  • Anak di usia dini memiliki pemikiran yang fresh dan mudah untuk mengingat sesuatu hal.
  • Ajaran tentang nilai-nilai keutamaan membaca doa juga bisa ditangkap dan diterima tanpa berfikir panjang oleh anak sehingga Anda bisa membentuk karakter anak tersebut.
  • Anak-anak yang mempelajari doa-doa sekaligus berlatih untuk melafadzkan huruf-huruf Arab dengan benar.
  • Melatih anak untuk membaca doa selamat akan membiasakan mereka hingga tumbuh dewasa untuk senantiasa meminta pertolongan kepada Allah yang maha Kuasa.
  • Ini juga bisa menjadi pemula untuk membentuk karakter kepribadian anak yang taat, rajin doa dan beribadah.
  • Amalan doa-doa yang diajarkan kepada anak-anak bisa dijadikan sebagai awal mereka mudah untuk membaca tulis Al-Quran.

Waktu Yang Tepat Membaca Doa Selamat

Ketika ada seseorang yang mengingat Allah sekaligus berdoa di waktu mustajab, maka ia akan mendapatkan keistimewaan. Hal itu bisa di dapatkan dari doa-doa yang di kabulkannya.

Adapun waktu-waktu mustajabnya doa-doa, serta baik untuk mengamalkan doa selamat di dunia dan akhirat, antara lain.

Baca Juga :

1. Setelah Adzan

Tahu kah Anda bahwasannya setelah adzan itu adalah waktu yang sangat mustajab untuk berdoa?

Yaps benar, seperti hadits Nabi dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam bersabda,

إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ فَادْعُوا

Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan dan iqomah, maka berdoa lah (kala itu) ” (HR. Ahmad 3/155. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Maka di waktu ini lah perbanyak berdoa kepada Allah, Insyaa Allah apa-apa yang Anda minta dikabulkan oleh-Nya.

2. Setelah Sholat Malam (Tahajjud)

Allah subhaanahu wa ta’ala, mencintai hamba-Nya yang berdoa disepertiga malam terakhir. Sepertiga malam terakhir adalah waktu yang sangatlkah penuh berkah. Kenapa?

Di waktu itulah Allah subhaanahu wa ta’ala turun ke langit dunia dan mengabulkan setiap doa yang dipanjatkan oleh hamba-Nya. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam bersabda,

ينزل ربنا تبارك وتعالى كل ليلة إلى السماء الدنيا ، حين يبقى ثلث الليل الآخر، يقول : من يدعوني فأستجيب له ، من يسألني فأعطيه ، من يستغفرني فأغفر له

Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang terakhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman : Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Ku berikan, orang yang meminta ampunan dari Ku akan Ku ampuni ” (HR. Bukhari no. 1145, Muslim no. 758).

Dari hadits ini jelas bahwa sepertiga malam terakhir itu adalah waktu yang dianjurkan untuk memperbanyak doa. Lebih lagi pada bulan Ramadhan.

3. Saat Berbuka Puasa Wajib dan Sunnah

Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa ketika datang waktu buka puasa itu adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

Keberkahan lain di waktu buka puasa adalah dukabulkannya doa orang yang berbuka puasa sunnah maupun wajib, sebagaimana hadits Nabi shalallahu ‘alaihi wassallam,

ثلاث لا ترد دعوتهم الصائم حتى يفطر والإمام العادل و المظلوم

” Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terdzalimi ” (HR. Tirmidzi no. 2528, Ibnu Majah no. 1752, Ibnu Hibban no. 2405, dishahihkan Al-Albani di shahih At-Tirmidzi).

Oleh karena itu, jangan sampai kelewatan kesempatan yang baik ini ketika menunggu waktu buka puasa.

4. Malam Lailatul Qadar

Malam yang sangat dirindukan dan dinanti-nanti ialah malam lailatul qadar. Karena malam lailatul qadar itu malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Sehingga membuat semua umat islam berlomba-lomba memperoleh keistimewaan malam tersebut dengan beritikaf, berdzikir dan sebagainya.

Jika Anda menemui malam ini, jangan lupa untuk membaca doa keselamatan dunia dan akhirat.

5. Doa Pada Hari Arafah

Sebagaimana hadits Nabi, dari “Amr bin Syu’aib radhiyallahu ‘anhu dari bapaknya dari kakeknya, bahwasannya Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassallam bersabda,

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ

Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arafah.” (HR. Tirmidzi no. 3585. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan). Maksudnya, inilah doa yang paling cepat dipenuhi atau terkabulkan (Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 10: 33).

6. Saat Hujan Turun

Dari Shal bin A’ad radhiyallahu ‘anhu bahwasannya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam bersabda,

ثِنْتَانِ مَاتُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِ وَ تَحْتَ الْمَطَرِ

Dua doa yang tidak pernah ditolak ; doa pada waktu adzan dan doa pada waktu kehujanan”. (Mustadrak Hakim dan dishahihkan oleh Adz-Dzahabi 2/113-114. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahihul Jami’ No. 3078).

Demikian ulasan tentang doa keselamatan di dunia dan akhirat yang bisa Anda panjatkan di waktu-waktu yang mustajab. Dan semoga kita selalu mendapatkan perlindungan dari Allah subhaanahu wa ta’ala.

Yang terpenting jangan pernah berhenti untuk memohon keselamatan dan perlindungan kepada Allah, karena dengan berdoa kita merasa dekat kepada Allah.

Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan manfaat yang besar diluar sana. Dan jangan lupa share ke teman-teman agar mereka juga mengamalkannya.

Leave a Reply