Doa Nabi Sulaiman

Doa Nabi Sulaiman – Nabi Sulaiman ‘alaihi salam merupakan salah satu nabi yang wajib kita imani bagi umat Islam. Beliau adalah anak dari nabi Daud ‘alaihi salam dan namanya disebut 27 kali di dalam Al-Quran.

Sejak kecil Nabi Sulaiman dikenal dengan tingkat kecerdasan yang amat tinggi, sehingga menjadi pewaris Nabi Daud yang agung dan bijaksana.

Beliau menggantikan Nabi Daud ‘alaihi salam sebagai raja yang berkuasa atas manusia, jin dan binatang. Kekayaannya pun begitu luar biasa dan istananya juga sangatlah megah. Akan tetapi itu tak membuatnya lupa bahwa semua harta yang beliau adalah titipan.

Sekilas Tentang Nabi Sulaiman

doa nabi sulaiman
republika.co.id

Nabi Sulaiman ‘alaihi salam merupakan salah satu nabi dan rasul yang Allah utus dimuka bumi ini. Beliau adalah anak dan pewaris tahta kerajaan Nabi Daud ‘alaihi salam.

Nabi Sulaiman mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi, bahkan hal terseut sudah terlihat ketika beliau masih berusia belia.

Nabi Sulaiman dikenal sebagai penguasa yang agung dan bijaksana. Karena beliau mempunyai otak yang jenius dan strategi pengembangan kerajaan yang ia kembangkan menjadi sangat luarr biasa.

Sehingga tak ada yang mampu menandingi kekuasaan kerajaan Nabi Sulaiman. Banyak keputusan yang arif, bijaksana dan penuh kecerdasan sehingga membuat kerajaan lain segan terhadap Nabi Sulaiman.

Nabi Sulaiman ‘alaihi salam Allah berkahi dengan kekayaan yang sangat berlimpah. Dan Allah berkahi kepadanya suatu mukjizat yaitu bisa berinteraksi terhadap bangsa jin dan hewan. Dan ia berkuasa atas angin dan lautan.

Dengan kekayaan yang sangat berlimpah, akhirnya beliau mendirikan istana yang amat sangat megah. Dimana ketika pembuatan istana tersebut dibantuan oleh manusia, bangsa jin dan binatang.

Masyaa Allah, gimana? Hebat bukan? Dengan dinding yang terbuat dari batu pualam, tiang dan pintunya terbuat dari emas dan juga tembaga, atap dari perak. Dan hiasan istana terbuat dari mutiara, intan dan berlian.

Namun dengan kekayaan yang ia miliki, tidak akan membuatnya lalai bahwa itu semua adalah titipan dari Allah subhaanahu wa ta’alaa. Beliau masih tetap beribadah, tetap memanjatkan doa yang menunjukkan rasa syukurnya kepada Allah subhaanahu wa ta’alaa.

Doa Nabi Sulaiman

Meskipun sudah mempunyai bergelimpang harta, beliau tidak pernah lupa bersyukur atas yang telah diberikan oleh Allah subhaanahu wa ta’alaa.

Dengan itu semua malah membuat Nabi Sulaiman lebih giat beribadah dan berdoa kepada-Nya. Nah, ada beberapa doa yang sering diamalkan oleh Nabi Sulaiman ‘alaihi salam, berikut doanya.

1. Doa Murah Rezeki dan Cepat Kaya

doa nabi sulaiman

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Qaala rabbiighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii ahadin min ba’dii innaka antal wahhaab.

Artinya : Dia berkata, Yaa Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah yang Maha Pemberi. (Al-Quran surah Shaad : 35)

Banyak orang yang menyakini bahwa Nabi Sulaiman ‘alaihi salam merupakan orang terkaya sepanjang masa. Tentu saja kekayaan itu adalah anugerah dari Allah subhaanahu wa ta’alaa khusus untuk Nabi Sulaiman ‘alaihi salam.

Doa memohon agar cepat kaya raya sepeti Nabi Sulaiman itu saat ini diyakini mempunyai karomah. Sehingga banyak orang yang menggunakan doa ini untuk sarana memohon kemakmuran.

2. Doa Nabi Sulaiman Menundukkan Bangsa Jin dan Binatang

doa nabi sulaiman

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ. أَلَّا تَعْلُوا عَلَيَّ وَأْتُونِي مُسْلِمِينَ

Innahu min sulaimaana wa innahu bismillaahir-rahmaani-rahiim. Allaa ta’luu ‘alayya wa ‘tuunii muslimiin.

Artinya : “ Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)-nya ; ‘Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang’. Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri. (Al-Quran surah An-Naml : 30-31)

Salah satu dari mukjizat Nabi Sulaiman yang diberikan Allah adalah mampu berbicara dengan jin dan binatang.

Dengan kemampuannya itu, Nabi Sulaiman ‘alaihi salam dengan penuh wibawa dan juga dengan jiwa kepemimpinan dapat menundukan binatang-binatang maupun jin yang kemudian mau mengikuti perintahnya.

Tentu kita masih ingat dengan kisah Nabi Sulaiman ‘alaihi salam dalam Al-Quran yang menyebut jika Nabi Sulaiman pernah memerintahkan kepada suatu jin untuk memindahkan singgasana nya ratu Balqis dengan sekejap mata.

Kisah itu merupakan bukti bahwa memang Nabi Sulaiman dapat menundukan jin.

3. Doa Nabi Sulaiman dalam Mensyukuri Nikmat agar Menjadi Hamba yang Selalu Bersyukur

Doa Pertama

doa nabi sulaiman

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Rabbi awzi’nii an-asykura ni’matakal latii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an ‘amala shaalihan tardhaahu wa adkhilnii birahmatika fii ‘ibaadikash-shaalihiin.

Artinya : “ Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh. (Al-Quran surah An-Naml : 19)

Doa Kedua

doa nabi sulaiman

وَلَقَدْ آتَيْنَا دَاوُودَ وَسُلَيْمَانَ عِلْمًا ۖ وَقَالَا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي فَضَّلَنَا عَلَىٰ كَثِيرٍ مِنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِينَ

Wa laqad aatainaa daawuda wa sulaimaana ‘ilmaa, wa qaalal-hamdulillaahillazii faddholanaa ‘alaa katsiirim min ‘ibaadihil-mu’miniin.

Artinya : “ Dan sungguh, Kami telah memberikan ilmu kepada daud dan sulaiman, dan keduanya berkata, ‘Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari banyak hamba-hamba-Nya yang beriman. (Al-Quran surah An-Naml : 15)

Kekayaan, kekuasaan dan mukjizat yang dimiliki Nabi Sulaiman ‘alaihi salam itu tidak membuatnya menjadi sombong diri.

Beliau tidak pernah lupa bahwasannya semua yang beliau punya itu hanya titipan dari Allah subhaanahu wa ta’ala. Yang bisa Allah ambil kapan saja.

Karena selalu mawas diri serta selalu mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah. Nabi Sulaiman pun selalu memperoleh tambahan atas setiap yang beliau syukuri.

Allah subhaanahu wa ta’alaa selalu menambah dan mencukupi segala kebutuhannya. Untuk itu, mari kita belajar dalam mengikuti jejak Nabi Sulaiman ‘alaihi salam.

Manfaat Membaca Doa Nabi Sulaiman

doa nabi sulaiman
acehsatu.com

Jika dilihat dari unsur bahasa doa yang diucapkan oleh Nabi Sulaiman, maka doa ini mengandung sebuah pengingat. Pengingat apa? Yaa pengingat bagi kita agar selalu mengingat, bersyukur, meminta ampunan dan pertolongan itu hanyalah kepada Allah semata.

Sebagaimana namanya, doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan ini memiliki manfaat dalam permohonan kelancaran rejeki dan sebagai pembuka pintu sumber kekayaan Anda.

Jadi apabila Anda saat ini sedang dirundung kesulitan atau kesempitan ekonomi. Maka doa ini sangatlah dianjurkan untuk dipanjatkan agar Allah mempermudah ekonomi Anda.

Cara Mengamalkan Doa Nabi Sulaiman

bagaimana cara mengamalkan doa
islami.arbamedia.com

Bagaimana cara mengamalkannya? Yaa seperti Anda memanjatkan doa-doa lainnya. Untuk mengamalkan doa ini, maka Anda bisa membacanya selepas sholat sunnah dan sholat wajib.

Tapi ada yang harus Anda ketahui, memanjatkan doa ini itu harus rutin dan yakin bahwa Allah akan mengabulkan doa kita. Dalam artian, Anda tidak boleh hanya sekali berdoa terus lantas lupa membacanya kembali.

Disamping memanjatkan doa, Anda juga harus berikhtiar untuk bisa mencapai keinginan Anda. Usaha dan doa itu adalah dua hal yang sangatlah berhubungan untuk menentukan nasib Anda.

Yang terpenting adalah setiap doa harus diiringi oleh ikhtiar, usaha dan kerja keras. Jadi tidak ada kekayaan yang tiba-tiba turun dari langit tanpa ada usaha yang menyertainya.

Doa hanya sebagai suatu permohonan yang dapat membuka pintu rezeki. Namun, agar rezeki itu datang kepada kita maka harus melalui usaha. Dan… oh yaa, jika memanjatkan doa ini jangan lupa pada waktu-waktu yang mustajab.

Terkabulnya Doa Nabi Sulaiman

terkabulnya doa kita
idntimes.com

Doa yang dibaca oleh Nabi Sulaiman akhirnya didengar dan dikabulkan oleh Allah subhaanahu wa ta’alaa. Dalam hal ini, Allah memberikan anugerah yang besar kepada Nabi Sulaiman berupa pengetahuan yang sangat luas dan tingkat kecerdasan yang sangat tinggi.

Selain itu, Nabi Sulaiman mendapatkan limpahan kekuasaan dan wewenang yang besar.

Tanda-tanda itulah yang menjadi indikator bahwa doa yang dibaca Nabi Sulaiman dikabulkan. Dalam hal ini, ada hikmah yang bisa Anda ambil.

Salah satu hikmah yang bisa diambil adalah Allah subhaanahu wa ta’alaa mengetahui apa yang dibutuhkan oleh hamba-Nya. Oleh karena itu, terkadang Allah mengabulkan permintaan yang berbeda dengan apa yang Anda baca.

Demikian lah penjelasan tentang doa nabi sulaiman yang bisa Anda panjatkan disetiap selesai sholat sunnah maupun wajib. Apalagi dipanjatkan pada waktu-waktu mustajab. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share agar menjadi amal jariyyah kita semua.

Leave a Reply