Doa Masuk Rumah

Doa masuk rumah – Di dalam islam pasti ada perintah yang harus dilaksanakan dan larang yang harus dihindari. Dan semua ini harus kita taati dan laksanakan, sebab agar kita terjaga dari berbagai kejahatan dan keburukan yang ada di dunia ini.

Ketika masuk rumah, itu kan ada tuntunan dan doanya ketika masuk agar rumah kita terhindari dari keburukan yang telah kita bawa dari luar rumah. Dan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam menganjurkan kepada kita untuk berdoa sebelum masuk rumah.

Nah pada kesempatan kali ini Admin membahas mengenai doa masuk rumah.

Baca Juga : Doa Masuk Rumah Baru (Bacaan Doa Arab, Latin dan Terjemahan Artinya)

Doa Masuk Rumah Sesuai Sunnah Rasulullah

Bacaan Doa Masuk Rumah Arab

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Bacaan Doa Masuk Rumah Latin

Allahumma Innii As-aluka Khoirol Mauliji wa Khoirol Makhroji Bismillaahi wa Lajnaa wa Bismillaahi Khorojnaa Wa’alallohi Robbina Tawakkalnaa

Terjemahan Arti Doa Masuk Rumah

Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal

Adab Masuk Rumah Sesuai Sunnah Rasulullah

Sebagai umat islam yang senantiasa melaksanakan apa yang telah dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassallam ketika keluar atau masuk rumah dengan adab yang dianjurkan oleh beliau.

Dan di dalam islam permasalahan seperti ini telah diatur sedemikian rupa sehingga menjadi sempurna seperti saat ini.

Maka dari pada itu, agama yang paling sempurna ialah agama Islam yang sudah mengatur semuanya dan tertuang dalam Al-Quran.

Termasuk saat memasuki rumah, nah itu juga ada adabnya yang sudah dicontohkan dan dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam. Berikut adab masuk ke rumah :

1. Dianjurkan agar Mengetuk Pintu dengan Pelan

Sebagai umat islam ketika ingin memasuki rumah, dianjurkan terlebih dahulu untuk mengetuk pintu dengan pelan.

Terus, jangan lupa ketika mengetuk pintu jangan terlalu keras dikhawatirkan akan mengganggu penghuni rumah tersebut. Mengingat mengettuk pintu dengan keras, ada kisah yang terjadi kepada Imam Ahmad sebagai berikut.

Dikisahkan ada seseorang yang mengetuk pintu rumah Imam Ahmad dengan keras dan terus-menerus. Kemudian beliau bangkit dan membuka pintu dan berkata kepadanya, Ini adalah ketukan pintu aparat keamanan!

Jadi kita bisa mengambil kesimpulan dari kisah ini, bahwa jangan mengetuk pintu rumah dengan keras apalagi keras dan terus-menerus juga, Nah itu dikhawatirkan mengganggu penghuni rumah tersebut.

2. Mengucapkan Salam

Kenapa dianjurkan mengucapkan salam? Yang pertama, mengucap salam akan membuat penghuni rumah tahu bahwa ada orang diluar rumah.

Kedua, mengucap salam bertujuan memberikan doa, saling mendoakan dan menyebarkan kasih sayang di dalam rumah.

Dan menambah keakraban antara seseorang dengan keluarga serta mendapatkan keberkahan dan jaminan dari Allah subhaanahu wa ta’ala.

3. Membaca Doa Masuk Rumah

doa masuk ruma

4. Masuk dengan Mendahulukan Kaki Kanan

Sama halnya ketika mau keluar dari rumah, kita dianjurkan untuk masuk ke rumah dengan menggunakan kaki kanan terlebih dahulu.

Baca Juga : Doa Keluar Rumah (Bacaan Doa Arab, Latin dan Terjemahan Artinya)

Karena mendahulukan kaki kanan dalam segala urusan termasuk petunjuk Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassallam, kecuali dalam perkara-perkara yang jelek dan sejenisnya.

Demikian penjelasan mengenai doa keluar dari rumah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan amal jariyyah bagi yang mengamalkannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar