Doa Keluar Rumah

Doa keluar rumah – Ketika seorang muslim keluar dari rumah, mereka sangat dianjurkan agar membaca doa terlebih dahulu. Supaya mendapatkan perlindungan Allah subhaanahu wa ta’ala ketika dalam perjalanan keluar rumah.

Dan juga ketika membaca doa jangan lupa untuk memperhatikan adabnya supaya doa yang dibaca sempurna sesuai tuntunan Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassallam.

Doa ini sangat lah penting untuk Anda ketahui, sebab saat Anda praktekkan dalam aktivitas atau perjalanan Anda mendapatkan jaminan perlindungan dari Allah subhaanahu wa ta’ala.

Nah pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai doa keluar rumah, simak dan baca baik-baik.

Baca Juga : Doa Selamat Dunia dan Akhirat (Bacaan Doa Arab, Latin dan Terjemahan Artinya)

Doa Keluar Rumah Sesuai Sunnah Rasulullah

Doa Keluar Rumah

Bacaan Doa Keluar dari Rumah Arab

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bacaan Doa Keluar dari Rumah Latin

Bismillahi, Tawakkaltu ’Alallah, Laa Haula Wa Laa Quwwata illaa Billaah

Arti Bacaan Doa Keluar Rumah

Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah

Baca Juga : Doa Masuk Rumah (Bacaan Doa dan Adab sesuai Ajaran Rasulullah)

Adab Keluar Rumah Sesuai Sunnah Rasulullah

Adab adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki seorang muslim. Dengan adab kita akan lebih mudah dalam melakukan amalan atau mengambil ilmu terhadap seorang guru.

Tapi, sebelum membahas lebih dalam lagi mengenai adab keluar rumah, kita harus mengetahui apa itu adab?

Adab secara bahasa artinya menerapkan akhlak mulis. Ibnu Hajar menyebutkan, pada kitab Fathul bari :

وَالْأَدَبُ اسْتِعْمَالُ مَا يُحْمَدُ قَوْلًا وَفِعْلًا وَعَبَّرَ بَعْضُهُمْ عَنْهُ بِأَنَّهُ الْأَخْذُ بِمَكَارِمِ الْأَخْلَاقِ

Al adab artinya menerapkan segala yang dipuji oleh orang, baik berupa perkataan maupun perbuatan. Sebagian ulama juga mendefinisikan, adab adalah menerapkan akhlak-akhlak yang mulia ” (Fathul Bari, 10/400).

Adab menurut Rasulullah adalah pendidikan tentang kebajikan yang merupakan bagian dari keimanan. Keberhasilan seseorang biasanya ditentukan oleh adab yang dimiliki.

4 Adab atau Sunnah Ketika akan Keluar rumah

Nah ketika Anda melakukan amalan ini, Insyaa Allah akan mendapatkan pahala. Berikut adab dan sunnah ketika akan keluar rumah.

1. Lakukanlah Sholat 2 Raka’at sebelum Keluar Rumah

Kenapa melakukan sholat 2 raka’at dulu? Dengan mengerjakan sholat sunnah 2 raka’at, ini juga termasuk adab atau perbuatan yang dapat menghindarkan Anda dari kecemasan, kesulitan dan bencara.

Hal ini berdasarkan kata-kata Baginda Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassallam :

Jika kamu keluar dari rumah kamu dan melakukan sholat dua rakaat, maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukalah sholat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam   (HR. Al-Bazzar dalam sunannya)

2. Membaca Doa Keluar Rumah

Doa Keluar rumah sesuai Sunnah Rasulullah

3. Mengangkat Pandangan ke Langit Ketika Membaca Doa

Pandangan ke Langit Ketika Membaca Doa

Selain membaca doa yang Bismillahi, Tawakkaltu…. dan seterusnya, Nabi juga menganjurkan jika akan keluar rumah Anda memandang langit terlebih dahulu dan membaca doa berikut ini.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya

Artinya : Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku didhalimi, atau kebodohanku atau dibodohi

Baca Juga : Doa untuk Pengantin (Bacaan Doa Arab, Latin dan Terjemahan Artinya)

4. Keluar Rumah dengan Kaki Kanan Terlebih Dahulu

Nah setelah Anda melakukan sunnah-sunnah diatas, ketika Anda keluar dari rumah usahakan lebih dahulukan kaki kanan. Karena kaki kanan untuk melakukan segala urusan yang baik termasuk petunjuk Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam.

Nah demikian lah bacaan doa, adab dan sunnah keluar rumah. Dengan melakukannya Insyaa Allah akan mendapatkan jaminan perlindungan dari Allah subhaanahu wa ta’ala. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar