15+ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, Kuliah, Kerja, Kegiatan dsb (LENGKAP)

Surat izin merupakan surat yang memuatkan tentang keterangan seseorang bahwa yang membuat atau pemegang surat tersebut meminta izin. Alasannya kenapa? Alasannya untuk melakukan sesuatu diluar tugas yang wajib pembuat lakukan, seperti sekolah, kuliah, kerja, dan lain-lain.

Tapi ingat satu hal kawan, ketika Anda membuat surat izin usahakan itu kebenaran yang terjadi pada saat itu, jangan sampai semata-mata untuk kepentingan pribadi diluar kewajiban Anda sebagai pekerja maupun mahasiswa.

Surat izin biasanya ditujukan kepada yang berhubungan dengan kepentingan seseorang, semisalnya surat izin tidak masuk sekolah. Maka tentu orang tersebut harus membuat surat izin yang ditujukan kepada wali kelas untuk memberitahukan bahwa ada salah satu muridnya tidak hadir karena ada halangan atau alasan tertentu yang membuatnya tidak masuk sekolah.

Berbeda dengan seorang yang kerja, biasanya mereka diberika batas waktu cuti bagi karywan atau pegawai mereka. Sehingga mereka hanya bisa cuti dengan waktu yang telah ditentukan oleh atasan mereka dan ketentuan itu tidak boleh dilanggar.

Nah, berikut ini beberapa contoh surat izin yang bisa dijadikan referensi saat ada diantara pembaca yang berhalangan untuk masuk sekolah, kuliah maupun kerja. Tapi sebelum masuk ke pembahasan intinya kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat surat izin tersebut.

Cara Membuat Surat Izin

moondoggiesmusic.com

Nah kawan cara membuat surat izin sangat mudah kok, asalkan Anda mengetahui pola dalam membuat surat izinnya. Apa saja yang harus dipersiapkan dan diperhatikan dalam membuat surat izin. Yang pertama adalah:

Tujuan Pengiriman Surat

Yang dimaksud tujuan adalah dimana surat ini berisi sebuah informasi izin yang kepada siapa surat ini akan dikirimkan atau ditujukan. Apakah kepada kepala sekolah, pimpinan perusahaan, wali kelas atau yang lainnya.

Yang perlu diperhatikan, jikalau Anda sudah memakai kata “kepada”, maka Anda tidak usah memakai kata “Yth”, begitu juga dengan sebaliknya jika Anda sudah memakai kata “Yth” sebaiknya Anda tidak usah memakai kata “kepada”. Tapi jika Anda ingin memakainya tidak apa-apa. Selanjutnya⏩

Pengirim Surat

Maksud dari pengirim surat adalah orang yang membuat surat tersebut. Terkadang surat itu dibuat bukan sama orang yang bersangkutan, semisalnya saat Anda sedang sakit, maka Anda akan menyuruh orang lain atau keluarga untuk membuat suratnya. Selanjutnya⏩

Alasan Izin

Unsur alasan ini sangatlah penting dalam membuat surat izin. Karena unsur alasan ini lah yang menentukan Anda diterima atau tidak ketika meminta izin melalui surat tersebut. Maka Anda harus menulis alasan yang benar-benar masuk akan dan logis. Sehingga atasan Anda tidak bingung ketika membaca alasan Anda.

Bagian-Bagian Yang Harus Diketahui

Walaupun surat izin biasanya di tulis dan dibuat oleh pribadi, namun surat izin ini bisa di katakan surat yang resmi. Oleh karena itu dalam menulis surat izin sebaiknya di tulis secara jelas dan baku. Inilah bagian-bagian yang harus Anda ketahui dalam membuat surat izin

  1. Tanggal dan tempat pembuatan surat
  2. Alamat tujuan
  3. Salam pembuka
  4. Kalimat pembuka surat
  5. Isi dalam surat
  6. Salam penutup surat
  7. Nama pengirim surat

Sekarang Anda dapat memahami bagian-bagian dan pokok-pokok yang terdapat dalam surat, langsung saja Anda simak pembahasan intinya contoh surat izin berikut ini.

Baca Juga : Format Contoh Surat Pernyataan

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

moondoggiesmusic.com

Nah, surat izin tidak masuk sekolah ini sering sekali dibuat oleh para siswa dan siswi yang berhalangan hadir untuk mengikuti pelajaran. Banyak sekali alasannya, mulai dari sakit, ada keluarga yang meninggal, dan lain sebagainya.

Alasan diatas tidak menjadi persoalan, asalkan surat izin yang tlah dibuat jelas dan bisa dipahami. Untuk lebih jelasnya kami akan memberikan contohnya.

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Sidoarjo, 14 Januari 2017

Kepada Yth

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX A

SMP AL-Fattah, Buduran, Sidoarjo

السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Dengan hormat,
Dengan ini kami orang tua/wali murid dari :

Nama:Dimas Maulana
Kelas:IX A

Dengan adanya surat ini kami segenap orang tua murid memberitahukan bahwa putra/i kami tidak dapat melaksanakan kegiatan belajar seperti biasa  pada hari, Senin 14 Januari 2017 di karenakan sakit DBD yang mengharuskan anak kami harus di rawat di rumah sakit. Oleh sebab itu, maukah kiranya Bpk/Ibu Guru Wali Kelas IX A memberi izin.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas izin yang Bapak ibu Guru berikan kami mengucapkan banyak terima kasih.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Hormat Kami,

Orang tua/Wali Murid Dimas Maulana

Catatan : Jika ingin berbeda dengan alasan diatas Anda tinggal mengganti alasan, sekolah, nama, kelas, dan kota dimana Anda tinggal.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

zonasultra.com

Sangat berbeda dengan anak sekolah, biasanya mahasiswa mahasiswi bikin surat izin sendiri dan tidak dibuatkan oleh orang tuanya. Biasanya kampus juga mempersiapkan format surat izin kuliah bagi mahasiswanya. Kalau kampus belum menyediakan, Anda bisa menggunakan contoh surat izin tidak bisa masuk kuliah.

Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Hal : Permohonan Izin Tidak dapat Mengikuti Kuliah

Yth.

Bapak/Ibu Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Universitas Gajah Mada Yogyakarta

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini dari Departemen Ilmu Kesahatan Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Nama:Yoga Pangestu
NIM:16/468982/TK/43248
Prodi:Kesehatan
No. HP:081356543232

Bermaksud meminta izin untuk tidak mengikuti semua kegiatan perkuliahan dari 15 April – 15 Maret 2016

Hal itu karena saya sedang melakukan tugas praktek di RS Darmo dari tanggal 15 April – 15 Maret Februari 2018. Berhubungan dengan hal tersebut, kalau selama dalam proses praktek ada tugas, sudinya saya mengikuti tugas setelah selesai praktek.

Demikian surat ini saya buat dengan sebaik-baiknya, saya ucapkan terima kasih.

Cijurug, 15 April 2018

Hormat saya,

Yoga Pangestu

Penanggung Jawab Lapangan

RS DARMO

Bandi Subekti

Catatan : Jika berbeda alasan dengan contoh diatas, Anda bisa menggantinya dengan alasan Anda sendiri. Atau juga jika berbeda Universitasnya Anda bisa menggantinya sesuai dengan data Anda.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

antaranews.com

Bukan hanya sekolah dan kuliah saja, rutinitas kerja di kantor terkadang juga ada halangan. Apalagi kalau sudah berkeluarga, pasti ada saja permasalahan atau urusan yang mengharuskan Anda untuk tidak masuk kerja. Tetapi jangan lupa untuk membuat surat izin tidak masuk kerja, agar Anda tidak terkena sanksi.

Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Tanggulangin, 17 April 2017

Hal : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Lamp. : 1 lembar

Kepada ,

Yth. Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 5 Tanggulangin

di

Kudus

السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dimas Maulana
Alamat: RT 07 / RW 06 Desa Keden Kec. Tanggulangin

Bermaksud untuk mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja selama 4 hari, dikarenakan mengikuti Program Peningkatan Kapasitas Forum dan Mitra Dikmas 2017. Sebagai bukti saya lampirkan surat undangan.

Demikian surat izin ini saya sampaikan, mohon menjadi maklum. Atas perhatian serta kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Hormat saya,

(Dimas Maulana)

Contoh Surat Izin Orang tua

Contoh surat izin ini ditujukan bagi orang tua atau wali murid. Pada umumnya sih pihak yang membuat surat semacam ini adalah organisasi.

FORUM KOMUNIKASI PASKIBRAKA SEKOLAH (FKPS)

KECAMATAN BANJARBARU KABUPATEN NGANJUK

Jalan Raya Puncak- Sekarsari km 24 Kode Pos 64311

Nomor : 09/455/FKPS-BJS/2016

Lampiran : –

Perihal : Izin Mengikuti Kegiatan Pengibaran Bendera Merah Putih

Kepada,

Yth. Bapak/Ibu Orang Tua Murid

Di –

Tempat

Kami selaku Komunitas Paskibraka Sekolah akan mengadakan kegiatan latihan pengibaran bendera Merah Putih tingkat Kecamatan Banjarbaru. Penyelenggaraan kegiatan ini sebagai penetapan Pengibaran Bendera 17 Agustus 2016.

Adapun pelaksanaannya Insya allah akan di selenggarakan pada :

Bulan : Juli dan Agustus

Tanggal : 5 – 12 dan 4 – 17

Waktu : Pukul. 07.30 s/d selesai

Tempat : Alun-alun Kecamatan Banjarbaru

Mennyangkut pentingnya kegiatan kali ini, kami mohon kepada Bapak/Ibu selaku Orang Tua/ Wali Murid untuk memberi izin putra putrinya untuk melakukan kegiatan tersebut.

Demikian yang kami sampaikan, mengenai kurang lebihnya isi dari surat tersebut kami minta maaf yang sebesar-besarnya dan atas perhatian yang di berikan kami ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamualaikun wr.wb.

Mengetahui,

Mengetahui,
Ketua FKPS Kec.BanjarbaruRahmad BudiantoNRA. 06.28.03.12
Banjarsari, 4  Juli 2015 Ketua Pelaksana Dimas Maulana

NRA. 08.65.98.13

Banjarbaru, 6 Juli 2016

Ketua Pelaksana Dimas Maulana

Tembusan :

  1. Camat Banjarbaru ( sebagai Laporan )
  2. Kapolsek Banjarbaru
  3. Danramil Banjarbaru
  4. Bapak Kepala Sekolah

Surat izin peminjaman tempat

Jika kamu adalah anggota aktivis pastinya akan sangat membutuhkan contoh surat peminjaman tempat ini. Apalagi kalau suatu organisasi/komunitas.

contoh surat izin peminjaman tempat

السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Segala puji kita tujukan kepada allah swt yang telah memberikan begitu banyak nikmat yang di berikan kepada kita. Shalawat dan salam kita tunjukan kepada nabi agung yaitu kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing umatnya dengan sangat baik.

Hubungan dengan program KDA Al islami, kami selaku panitia akan mengadakan proram ini, yang insyaallah akan di lakukan pada:

Hari : Senin

Tanggal : 7 Maret

Waktu : 09 WIB s.d selesai

Tempat: Kampus SMK 2 Cibuntu

Berhubungan adanya hal ini Bapak/Ibu Saudara/i untuk berkenan memberi izin agar kami bisa menjalankan program tersebut di tempat yang sudah di tentukan.

Demikian surat ini kami buat dengan sebaik-baiknya. Atas pengertiannya kami banyak mengucapkan banyak terima kasih.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Ketua Pelaksana

Sekertaris

Baca Juga : Penulisan Amplop Lamaran Kerja

Contoh Surat Izin Mengadakan Acara

thegorbalsla.com

Nomor       : ………………..
Lampiran   : ………………..
Hal           : Permohonan Izin Kegiatan

Yth.
Pembantu Dekan III
_______________
Di tempat

السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, semoga kita selalu dalam limpahan iman dan keindahan bertawakkal kepada-Nya. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang tetap istiqamah hingga akhir zaman.
Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan …………….yang Insyaalllah akan diselenggarakan pada :

Hari\Tanggal:………………..
Waktu:………………..
Tempat:………………..

Maka kami selaku pelaksana bermaksud memohon izin untuk mengadakan kegiatan kegiatan tersebut.
Mengingat pentingnya kegiatan ini, besar harapan kami agar permohonan izin diperkenankan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana. Atas perhatian dan dukungannya, kami ucapkan terima kasih.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Panitia ………………..

Menyetujui,

Ketua Pelaksana                                                                                 

( ……………….. )

Sekretaris                                                                   

( ……………….. )

Mengetahui,

Ketua ………………..

( …………………)

Contoh Surat Izin Menikah

hipwee.com

Biasanya sebelum seseorang yang ingin melanjutkan hubungan serius alias jadi pasangan suami istri. Dia terlebih dahulu membuat sebuah surat izin menikah. Nah, berikut ini telah kami beri contoh.

Surat Izin Menikah

Lampiran 7 KMA No.123 Tahun 2018

Pasal 5 ayat (1)

Model N-1

KANTOR KELURAHAN : SUKA MAJU

KECAMATAN : BUDURAN

KABUPATEN/KOTA : SIDOARJO

SURAT KETERANGAN UNTUK MENIKAH

Nomor :

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

1. Nama lengkap dan alias : Dimas Maulana
2. Jenis Kelamin : Laki-laki
3. Tempat dan tanggal lahir : Surabaya, 19 Februari 2000
4. Warganegara : Indonesia
5. Agama : Islam
6. Pekerjaan : Guru Sekolah Dasar
7. Tempat tinggal : Jl. Jember No. 12 RT.01 Banjarsari, Buduran, Sidoarjo
8. Bin/Binti : Yoga Pangestu
9. Status Perkawinan :
a. Jika pria, terangkan jejaka, duda atau beristri dan berapa istrinya :
b. Jika wanita, terangkan perawan atau janda : Perawan
c. Nama istri/suami terdahulu :

Demikian surat keterangan ini saya buat dengan mengingat sumpah jabatan dan untuk digunakan seperlunya.

Sidoarjo, 19 Februari 2018

Suka Maju

35465786

NIP. 1472778

Penutup

Demikian beberapa contoh surat izin yang mana bisa dijadikan rujukan untuk pekerjaan ataupun aktivitas yang lain. Semoga dapat bermanfaat. Jika ingin mengetahui beberapa artikel lainnya. Silahkan kunjungi MasBay.

Tinggalkan komentar