15 Jenis Ular Berbisa yang Harus Kalian Waspadai, Ketika Berpetualang!!

Bagi seorang petualang hal yang terpenting dan harus diperhatikan adalah kewaspadaan diri dimana ia berada, termasuk di hutan yang lebat. Di tempat tersebut, pastinya ada jenis-jenis hewan yang berbahaya. Apalagi hewan yang melungker, panjang, dan melata itu.

Ya ular, hewan ini sangat berbahaya ketika berpetualang di hutan yang lebat. Karena hewan ini, tempatnya yang tidak bisa kita prediksi, dimana tempat bersembunyi nya. Nah, disini kami ingin membahas jenis-jenis ular yang berbisa. Oke, mari kita simak pembahasan kali ini.

Jenis-Jenis Ular yang Berbisa

Jenis-jenis ular inilah yang harus anda hindari dan waspadai, ketika berpetualang di hutan-hutan manapun.

1. Ular Cabe

aps18.com

Meskipun sebutnya agak sepele, akan tetapi ular ini dapat melumpuhkan syaraf-syaraf manusia. Ular ini gampang sekali kita kenali yaitu, dari segi kulitnya yang belang-belang berwarna hitan dan merah.

Hati-hati dengan ular yang berwarna seperti ini. karena susah untuk dikenali ketika berada di semak-semak. Ukuran ular ini, lumayan kecil, panjangnya maksimal sekitar 50 cm. Jadi, anda harus bisa lebih berhati dan jeli untuk melihat keadaan lingkungan sekitar.

Cara untuk menghindarinya, anda harus menghindari ranting-ranting yang menjulur mendakat diatas kepala anda. Karena ular ini biasanya bertempat di rerantingan pohon.

walaupun bentuk dan warna menarik, anda harus inget juga dengan bisanya (racun) yang di kandungnya. Karena racunnya dapat melumpuhkan syaraf-syaraf di bagian tubah anda yang terkena gigitannya. Anda harus waspada.

2. Ular Welang (Banded snake)

sejujurnya.com

Ular welang ini juga memiliki warna yang menarik, sehingga menimbulkan rasa penasaran untuk memegangnya. Tapi, jangan sekali-sekali anda punya rasa ingin bisa memegang ular ini. Karena dibalik kemenarikannya ada sesuatu yang berbahaya pada ular tersebut yaitu, racun atau bisanya.

Ular welang memiliki racun yang dapat melumpuhkan otot-otot manusia yang terkena gigitannya. Ciri-ciri ular welang, ia mempunyai warna kuning dan hitam dengan panjang 1 hingga 2 meter. Keberadaan ular welang biasanya di sawah atau diantara pohon bambu.

3. Ular Kobra

Siapa sih yang gak kenal sama ular satu ini? Ya ular kobra, karena ular kobra ini termasuk kategori ular yang berbisa di dunia. Ular kobra itu biasanya hidup di persawahan hingga ke pemukiman semu-urban.

kumparan.com

Ciri-ciri ular kobra, pasti banyak yang mengetahuinya. Ya dengan ciri khas bentuk kepala yang dapat mengembang seperti sendok, apabila ular tersebut mendapat gangguan di sekitarnya.

Tapi ketika ular kobra tidak mengembangkan kepalanya, maka sulit untuk bisa mengenalinya. Dengan kulit yang berwarna coklat hingga hitam, dengan panjang bisa mencapai 4 meter. Bahkan semburan bisanya sejauh 4 meter dengan mengarahkan ke mangsanya.

Apabila kita terkena bisa dari gigitannya, racunnya dapat mempengaruhi sistem pada syaraf-syaraf manusia. Dengan cepat, anda harus melarikannya ke rumah sakit untuk bisa mendapatkan suntikan antibiotik dengan dosis yang tinggi atau anti racun.

Baca juga bro 10 Usaha Sampingan Tanpa Modal Besar, Coba Sekarang!!

4. Ular Hijau Mira

Ular ini mempunyai nama lain yaitu, bangkai laut dan green pit viper. Ternyata, si hijau mira ini mempunyai kerabat dekat yaitu Malayan pit viper yang dapat dibedakan dari segi warnanya yang agak sedikit merah kecoklatan.

superadventure.co.id

Sedangkan green pit viper sendiri berwarna hijau yang ujung dari ekornya agak merah. Diantara keduanya mempunyai bentuk kepala yang sedikit segitiga dan badan yang kekar, rata-rata panjangnya mencapai 80 cm.

Bahayanya dari ular ini adalah dapat melompat untuk menyerang mangsanya dan merusak jaringan sehingga menyebabkan pendarahan. Biasanya bertempat di ranting-ranting pohon, dengan menyamar tubuhnya di balik dedaunan.

5. Ular Sanca Keling

superadventure.co.id

Mespikun tidak memiliki bisa atau racun yang mematikan. Namun, ular sanca keling ini dapat melilit dengan kuat yang dapat mematahkan tulang-tulang dengan waktu singkat. Yang terpenting anda harus waspada dengan ular ini ketika anda berada di alam bebas.

Ular sanca keling bisa makan dalam seminggu hanya 1 sampai 3 kali saja, dan sisa waktunya hanya digunakan untuk tidur setelah makan.

6. Fierce Snake atau Inland Taipan

flickr.com

Ular Fierce snake ini sangat berbahaya sekali, karena ular fierce mampu mengeluarkan racun 44 sampai 110 mg yang mampu membunuh 100 orang dewasa atau 250.000 tikus atau setara dengan dosis bisa atau racun 50 kali dari ular jenis king kobra.

7. Australian Brown Snake

kupang.tribunnews.com

Ular australian brown snake ini juga dapat ditemukan di daerah Papua Nugini dan Indonesia. Bahaya banget ular, karena mapu membunuh sekitar 100 sampai 200 oraang per gigitan dengan mengeluarkan bisa atau racun sekitar 2-10 mg.

8. King Brown Snake

m.caping.co.id

Ular king brown snake berasal dari negeri kanguru yaitu Australia. Jika anda berpertualang disana, maka berhati-hatilah anda dengan ular yang satu ini.

King brown snake ini termasuk ular berbisa urutan ke tiga yang mampu menyuntikkan racun hingga 150 mg per-kali gigitan, yang mana dosisnya tersebut dapat membunuh 100 orang.

9. Saw scaled Viper

he.wikipedia.org

Ular saw scaled viper ini adalah sejenis ular yang sering ditemukan di Benua Asia, Benua Afrika (di negara Afrika, Sri Lanka, Pakistan, dan India). Dalam satu gigitan ular ini menyuntikan racun 12-18 mg.

Dimana dalam 5 mg mampu membunuh seorang manusia dewasa dalam jangka waktu 12-24 jam setelah tergigit ular tersebut.

10. Many Banded Krait

superadventure.co.id

Ular many banded krait ini banyak dijumpai di kawasan benua Asia, seperti Tiongkok, Taiwan, bahkan Indonesia pun juga termasuk. Ular many banded mempunyai panjang antara 1-1,85 m dan mampu menyuntikkan racun sebanyak 4,6 sampai 19,4 mg per-sekali gigitan.

Gigitan ular tersebut dapat menimbulkan rasa gatal dibagian area yang terkena gigitan dan mati rasa di daerah sekitarnya.

11. Tiger Snake

snarg.net

Ular tiger snake berasal dari Benua Australia di bagian barat. Gigitan ular dapat mengakibatkan kesulitan dalam bernapas, kesemutan, mati rasa, berkeringat, dan bahkan dapat melumpuhkan. Beberapa pihak ada yang melapor bahwa, tingkat kematian yang disebabkan ular tiger snake ini mencapai 40-60% tingkat kematian.

12. Black Mamba

travel.tribunnews.com

Ular black mamba dapat kita temukan di Benua Afrika, dengan warna kulir hitam legam. Black mamba mempunyai kecepatan mencapai 16 km/jam dan ketika menyuntikkan racun sebanyak 100 sampai 120 mg seper-kali gigitan.

Korban yang telah tergigit oleh ular ini dapat lumpuh dalam kurun waktu 45 menit dan bisa menyebabkan kematian dalam jangka waktu 7 sampai 15 jam, apabila tidak mendapatkan perawatan yang segera.

13. King Cobra

Ular king cobra, yaa siapa yang gak kenal dengan ular yang satu ini? Ular yang sudah melegenda popularitasnya dan yang telah terjuluki sebagai ular yang sangat berbahaya dan berbisa.

pixabay.com

Karena seekor king cobra dapat menyuntik racun atau bisa antara 200 sampai 500 mg per-sekali gigitannya, yang cukup membunuh seekor gajah dalam jangka waktu 1 jam.

14. Death Adder

pecintahewan.id

Ular death adder terdapat di bagian Timur dan Selatan Australia. Reaksi dari racun atau bisa ular death adder sangatlah cepat dan dapat menyebabkan kematian dalam kurun waktu 6 jam. Apabila orang yang terkena gigitannya itu tidak cepat-cepat mendapatkan perawatan khusus.

15. Mojave Rattlesnake

superadventure.co.id

Ular mojave rattlesnake dikenal juga dengan ular derik, ular memiliki panjang sekitar 100 sampai 140 cm dan memiliki kemampuan mengeluarkan suara dari ekornya, apabila ia merasa terancam dari predator.

Leave a Reply