Pantun Teka-teki

Pantun teka-teki adalah salah satu jenis pantun yang berisi berbagai ragam teka-teki dan termasuk golongan dalam sebuah karya sastra.

Pantun jenis ini terbilang sangat menarik karena diakhir pantunnya disisipkan sebuah pertanyaan dan disitu kita diharus untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Nah berikut ini beberapa contoh pantun teka-teki yang bisa menyebabkan Anda berfikir keras untuk menjawabnya :

Contoh Pantun Teka-teki dan Jawabannya

Ciri-ciri pantun teka-teki adalah isinya mengandung sebuah pertanyaan ringan berupa teka-teki. Pendengar maupun pembacanya ditantang untuk bisa menjawabnya.

Pantun ini ada yang berupa lucu atau cerdas. Nah tujuan pantun itu sendiri sangat baik sekali yaitu untuk mengasah otak kita. Nah dibawah ini ada pantun teka-teki lucu dan cerdas beserta jawabannya.

Pantun Teka-teki Hewan

pantun teka-teki, pantun singkat, pantun cerdas, pantun, lucu, pantun hewan

Jalan-jalan ke rumah teman
pulangnya bertemu luwak
Lebih lebar kepala dibanding bandan
hewan apa itu coba tebak?

Jawabannya adalah Ikan Pari.

Awas jatuh nanti luka
ibu bisa marah pula
Kalau kamu dapat menerka
binatang apa yang tak memiliki kepala?

Jawabannya adalah kepiting atau yuyu atau bisa juga ketam.

Ke goa mencari batu bertuah
ketemunya malah kunang-kunang
Memiliki belalai tapi bukan gajah
hobi berdengung tapi bukan kumbang

Jawabannya adalah Lebah.

Pergi bermain ke rumah surti
malah ketakutan melihat kilat
Jika kamu mampu mengerti
binatang apa yang berjenggot lebat?

Jawabannya adalah Singa.

Kalau bertemu ular berbisa
lebih baik jika kamu mundur
Coba ayo terka kalau bisa
bergigi tajam berjalan sambil tidur

Jawabannya adalah buaya.

Alpukat enak buahnya
tapi hati-hati dimakan semut
Jika kamu tahu jawabnya
hewan apa yang bertanduk di mulut?

Jawabannya adalah Nyamuk.

Ke Batu membeli ketan
paling enak yang warna hitam
Kalau siang mata tak kelihatan
kalau malam matanya tajam

Jawabannya adalah Burung Hantu.

Ke kebun bertemu katak
tak lama ketemu burung dara
Binatang apa coba tebak
yang lehernya panjang tak terkira

Jawabannya adalah Jerapah.

Pantu Teka-teki dan Maknanya

pantun teka-teki, pantun singkat, pantun cerdas, pantun, lucu, pantun hewan

Meskipun pantun teka-teki ini bersifat lucu, seru dan membingungkan, maka hal yang Anda bisa ambil ialah maknanya. Maka dari itu, berikut ini beberapa contoh pantun teka-teki beserta maknanya :

Tidur terus, tapi Dia Lelah

Mondar-mandir di depan rumah
Dipelihara oleh sang raja
Hewan apa tampak lelah
Padahal hanya tiduran saja

Jawabannya adalah anjing. Bingung kan kok bisa anjing dan tampak lelah? Karena anjing memiliki kebiasaan yaitu menjulurkan lidah dan mengeluarkan suara nafas seperti halnya manusia yang terengah-engah setelah berlari.

Lagipula, ada ciri tambahan di baris sebelumnya yaitu mondar-mandir di depan rumah dan dipelihara. Jika dianalisa dari dua petunjuk tadi, itu artinya adalah hewan peliharaan yang suka mondar-mandir di rumah.

Hewan yang biasa dipelihara, mondar-mandir di depan rumah, dan terengah-engah, maka jawabanya adalah anjing. Gimana? Mudah atau sulit?

Janggut 8, tapi Tulang 1

Melihat kura-kura lagi menyelam
Kura-kuranya cuma ada satu
Apa binatang darahnya hitam
Janggut delapan tulangnya satu

Ayoo coba tebak dulu jawabannya? Ini ciri-cirinya. Hewan ini merupakan hewan laut, dia bisa mengeluarkan cairan hitam, dan hampir selalu tersedia di setiap restoran seafood.

Udah ketemu belum, masih bingung? Jawaban dari pertanyaan ini ialah cumi-cumi. Kini kamu sudah tahu apa jawabannya, giliranmu membuat teman-temanmu juga penasaran dengan contoh pantun teka-teki lucu ini.

Coba kirim pantun ini sebagai pesan berantai, lihat berapa banyak temanmu yang bisa menjawabnya.

Berkaki tapi Gak Punya Badan

Jalan-jalan ke kota Medan
Jangan lupa membawa baju
Kakiku empat tak punya badan
Coba tebak siapakah aku?

Coba tebak apa itu hayoo? Gak tau jawabannya? Maka jawaban dari tebakan tersebut merupakan sebuah benda yang bisa kamu temui di mana-mana.

Jawabannya adalah meja. Kalau masih bertanya-tanya kok bisa jawabannya meja, coba kamu ingat-ingat lagi, deh. Kamu tentu pernah menyebutkan kaki meja, tapi nggak pernah menyebutkan badan meja, kan?

Kepala Kuda, Kaki Satu

Di pinggir pantai ada pohon kelapa
Kelapanya tinggal satu
Tahukah kau, hewan apa?
Kepala kuda kakinya satu

Pada umumnya, kuda itu berkaki empat dan mereka biasa hidup di darat. Kuda yang seakan memiliki kaki satu adalah kuda laut, tapi bukan itu jawabannya. Tau nggak? Coba teliti dulu kata-kata pantun tadi satu per-satu.

Di baris pertama ada kuda zebra, hal yang paling mencolok dari zebra adalah warna kulitnya yang hitam dan putih. Petunjuk berikutnya adalah memakan sekeras batu. Nah apa lagi tu? Coba dipikir lebih dalam lagi !

Jadi kira-kira apa yang berwarna hitam atau putih, memakan sesuatu yang keras, dan berkepala kuda? Jawabannya adalah kuda catur.

Nenek Jalan Lompat

Nenek lampir mampir ke desa
Capek berjalan naik delman
Tebak nenek siapa yang bisa
Melompat-lompat saat berjalan

Bukan Supernek lho yah, hehe. Atau bisa juga nenek lampir, tapi kalo anda berfikir itu nenek lampir, maka Anda telah terkecoh kan dengan pertanyaan ini.

Tapi coba pikir lagi ! Sudah tahu nenek siapakah itu? Jika Anda menjawab nenek katak, maka jawabanmu benar sekali.

Coba pikir dulu, kan makhluk yang hanya bisa melompat saat ingin jalan adalah katak, dan nenek dari seekor katak pastilah katak juga, hehe.

Hewan yang Slalu Bertiga

Memancing ikan di dermaga
Bertemu orang bajunya mirip
Hewan apa selalu bertiga
Dan berenang dengan sirip

Hmm, apa yaa? Anda udah tau belom, jawabannya? Nah dari berbagai petunjuk yang diberikan, pasti Anda sudah menebak hewan tersebut adalah ikan.

Yups, bener ikan. Tapi ikan apa yang dimaksud? Jawabannya ialah ikan teri, kok bisa ikan teri? Heran kan pasti, awalnya saya juga heran kok bisa.

Nah “teri” itu berasal dari bahasa inggris kata “three” yang artinya tiga. Coba berikan pertanyaan pantun teka-teki ini kepada temanmu, kemungkinan ia akan bingung juga ketika mendengar jawabannya.

Pantun Teka-teki Plesetan

pantun teka-teki, pantun singkat, pantun cerdas, pantun, lucu, pantun hewan

Sembari bersantai dengan kawan, saudara atau keluarga. Coba Anda awali dengan membuat sebuah pertanyaan plesetan dengan menggunakan pantun.

Untuk mengisi keseruan dan keakraban keluarga atau pun kawan. Coba Anda gunakan beberapa pantun teka-teki plesetan seperti contoh berikut ini. Soalnya lucu kali plesetannya, jom cobalah :

Lemari masuk Kantong

Chalid pergi beli dupa
Tokonya tutup di siang bolong
Kira-kira lemari apa
Muat masuk ke dalam kantong

Jawabannya ialah Lemaribuan, bener kan bisa di masukin ke kantong bahkan bisa dilipet tu lemarinya, hehe.

Jualan yang Banyak Mobil

Panas-panas minum teh tarik
Jalan kaki ke Jalan Kroya
Tak peduli bising dan terik
Jualan apa yang banyak kendaraanya

Hmm, apa yoo? Jualan apa yang banyak mobilnya, jualan mobil? Jualan mie goreng? Bener sih tapi kurang tepat. Jawaban yang bener ialah jualan raya.

Meskipun agak aneh sih dari kata jualan, tapi masuk juga seh “jualan raya”, hehe.

Kera yang Berwarna

Pensil Tentara bawa tembak
Hilang satu dicari ke mana
Hei Kawan coba tebak
Kera apa yang banyak warna

Ada yang tau nggak? Kera apa yang banyak warnanya, jika Anda menjawab kerayon, maka Anda berhak mendapat kan nilai seratus💯 yee, selamat yaa. Jawabannya kerayon.

Pesan yang bisa Ngajar Agama

Makan ketupat hari lebaran
Salam-salaman di rumah Rama
Jika hendak mengirim pesan
Pesan apa yang mengajar agama

Kira-kira jawaban apa yang Anda pikirkan? Hmm, apa hayoo? Nah kalo Anda menjawab Pesantren, maka benar jawabannya.

Memang bener, nyata, No HOAX❌. Biasanya pesantren itu di dalam nya diajarkan berbagai macam ilmu dunia dan yang terutama Ilmu akhirat atau Ilmu agama Islam.

Artis yang Selalu Rapi

Menonton tv ada teh Iis
Lantas kuganti karena tak suka
Tebak siapa nama artis
Yang bajunya selalu disetrika

Nama artis loh Neng dan Abang, masa gak tau sih? Coba Anda pikir, teliti lebih jeli lagi. Ntar kalo bisa ke Ilmuwan yaa, biar Anda gak salah jawab, hehe.

Tau jawabannya? Jawabannya ialah Rapi Amat, tapi nama aslinya bukan kayak gitu. Jawaban itu hanya plesetan saja, jadi diambil dari nama artis dan presenter terkenal di Indonesia yaitu Raffi Ahmad.

Kera yang Di injek gak Marah

Tentara sedang menembak
Nembaknya salah arah
Hei kawan coba tebak
Kera apa yang di injek, kok gak marah?

Wah hebat tu keranya, di injek tapi gak marah, kuat banget lah. Tapi jawaban itu bukan yang sebenernya. Jawaban yang bener ialah keramik, ya kan kera-mik.

Tak hanya diinjek saja, bahkan di tiduri, di lompati semuanya lah Anda lakuin setiap saat, tapi dia gak marah, hehe.

Ketinggalan Jaman

Ada perampok ada maling
Mereka bernama adul
Kepalaku pusing tujuh keliling
Binatang apa yang sangat jadul

Wadawww, binatang apa itu? Hmm, Anda bingung atau tetep bingung, hehe. Nah jawabannya adalah Kucing, lah kok kucing? Iya kan, kucinggalan jaman, bener kan ! Masokk pak Eko.

Pantun Teka-teki Lucu

pantun teka-teki, pantun singkat, pantun cerdas, pantun, lucu, pantun hewan

Nah berikut ini beberapa contoh pantun teka-teki lucu yang dapat membuat Anda tertawa. Tapi usaha kan tertawa lho yaa, hehe. Bercanda, oke langsung aja :

Hal di Buku dan di Rumah

Ke Palembang mencari duku
Duku diambil di rumah duda
Hal apa dimiliki buku
Tapi di rumah juga ada?

Sudah tahu jawabannya? Jika belum, jawabannya adalah halaman. Halaman tidak hanya terdapat pada buku, tapi terdapat juga pada rumah, biasanya disebut juga teras.

Coba berikan tebakan ini pada temanmu, lihat apakah ia cukup cerdik untuk bisa menebaknya atau tidak.

Malam Berseri, Siang Menghilang

Tempat duduknya sangatlah tinggi
Namun ia bernasib malang
Bila malam ia berseri
Jika siang ia menghilang

Apa yaa, malam berseri siang menghilang? Sudah tau apa jawabannya? Jawabannya ialah bintang.

Coba Anda pikirkan terlebih dahulu, bintang bisa terlihat jelas ketika malam hari, tempatnya pun juga sangat tinggi. Tapi ketika siang hari, bintang menghilang dan tak nampak di langit tinggi.

Gemuk Tiba-tiba Kurus

Bukan gajah bukan beruk
Bukan kelapa bukan kaktus
Benda apa tubuhnya gemuk
Begitu kentut menjadi kurus

Anda pernah bermain balon? Jika pernah, pasti Anda memainkannya dengan mengeluarkan isi udara pada balon tersebut dan suaranya bisa seperti kentut.

Nah jawaban yang tepat ialah balon. Sebelum mengetahui jawaban yang benar, kira-kira apa jawabanmu? Ikan fugu? Mungkin masuk akal, tapi jawaban itu kurang tepat.

Jangan terlalu terpaku pada pengetahuan umum, sebab ini hanyalah teka-teki konyol, hehe.

Kotak bisa Melihat Apa saja

Lihat adik berwajah muram
Baru jatuh dari sepeda
Berbentuk kotak berwarna hitam
Bisa melihat apa saja

Apakah kamu masih kesulitan? Kira-kira apa ya jawaban yang dimaksud pada teka-teki tadi? Bisakah kamu menjawabnya? Jika tidak bisa, jawabannya adalah televisi.

Pantun Teka-teki Singkat

Jikalau tuan tajuk cendana
Ambil gantang sukatkan pulut
Jikalau tuan bijak bijaksana
Binatang apa tandung di mulut?
(Jawabannya: Nyamuk)

Diukur dijangka-jangka
Burung merak burung angkasa
Dengar tuan saya meneka
Layang-layang gagah perkasa
(Jawabannya : Kapal terbang)

Buah budi bedara mengkal
Masak sebiji di tepi pantai
Hilang budi bicara akal
Buah apa yang tidak bertangkai?
(Jawabannya: Buah hati)

Siapa pun ingin jadi orang senang,
Kecuali yang mau selalu hidup susah,
Semua pasti basah jika ikut berenang,
Orang apa yang rambutnya tidak basah?
(Jawabannya: Orang Botak)

Jika tuan membeli tikar
Tikar anyaman dari mengkuang
Kalau tuan bijak pintar
Ular apa membelit pinggang?
(Jawabannya: Taling pinggang)

Meski dibungkus bukan paketan
Memang takdir Tuhan Yang Satu
Walau ditanam bukan tanaman
Coba tebak apakah itu?
(Jawabannya: Jenazah)

Punya tubuh dan juga tangan
Hilang kepala pun juga kaki
Suka menolong di kala hujan
Coba tebak apakah ini?
(Jawabannya: Jas Hujan)

Ambil betik potongkan pisau
Buah masak pokoknya rendah
Kecil-kecil berbaju hitam
Sudah besar berbaju merah
(Jawabannya: Cabe merah)

Pantun Teka-teki dan Jawabannya Pantun

pantun teka-teki, pantun singkat, pantun cerdas, pantun, lucu, pantun hewan

Kalau pergi ke Siantar,
Itulah tanda dekat dengan Malaka. 
Kalau kamu memang pintar,
Hewan apa ekornya di kepala?

Jawabannya:
Sungguh enak makan kebab,
Minum air gelasnya pecah.
Sudah tentu aku jawab,
itulah namanya hewan gajah.

Memang enak makan kebab,
Lebih enak ikan betutu. 
Orang pandai bisa menjawab,
Hewan apa tulangnya satu?

Jawabannya:
Beli ragi beli rengginang,
Belinya jauh di pasar pagi.
Sungguh mudah sungguh gampang,
Hewan itu nomonya cumi.

Lidi terikat menjadi sapu,
Pohon kelapa tumbuh di sawah. 
Hilang terlihat duduk tersipu,
Merayap-rayap sepanjang rawa.

Jawaban:
Pisau diasah tajam ujungnya,
Kembang jatuh karena layu.
Memang susah cari jawabannya,
Mungkin namanya hewan penyu.

Dayung-dayung naik perahu,
Anak manis pakai kerudung. 
Kalau kamu memang tahu,
Hewan apa tanduknya di hidung?

Jawabannya:
Kue lemang kue ketan,
Kalau manis ditambah gula.
Hewan itu jauh di hutan,
Dia bernama badak bercula.

Lereng bukit mulai landai,
Air hangat di atas baki. 
Jikalau kamu anak pandai,
Binatang apa tanduknya di kaki?

Jawabannya:
Istana raja memang megah,
Datang putri dari kelantan.
Binatangnya cantik juga gagah,
Itulah dia si ayam jantan.

Pergi ke pasar di kota Medan,
Membeli kue janganlah lupa. 
Kepala besar dari badan,
Cobalah terka binatang apa?

Jawabannya:
Hari lebaran baju baru
Hati senang berhari-hari
Saya tahu teka teki itu
Jawabannya pasti ikan pari

Pantun Teka-teki Anak Sekolah

Mari ke kebun memetik kelapa,
Kalau dipetik dibuang jangan. 
Cobalah tebak benda apa,
Makin berisi makin ringan?

Jawabannya:
Turun hujan bumipun basah,
Hari panas makan melon.
Biar kujawab teka teki susah,
Jawabannya adalah balon.

Negeri Arab banyak gurun,
Hutan jawa tumbuh jati. 
Terus naik tak pernah turun,
Kalau hilang tak bisa diganti.

Jawabannya:
Memang Arab negeri gurun,
Sangat berharga adanya sumur.
Memang naik tak pernah turun,
Itulah yang disebut dengan umur.

Ada minyak tumpah ke batu,
Batu hancur pohon belukar. 
Anaknya banyak ibunya satu,
Bila meleset kepala terbakar?

Jawabannya:
Air tertampung dalam tangki,
Datang malam suasana sepi.
Ini memang teka teki,
Jawabannya adalah korek api.

Ada kodok lompat ke sawah,
Burung datang petani melempar. 
Duduk berderet atas bawah,
Pagar di dalam tebing di luar?

Jawabannya:
Tali terikat bagai membelit,
Buah nangka bersisa pulut.
Baik kujawab teki teki sulit,
Itulah gigi dalam mulut.

Pantun Teka-teki Cerdas

pantun teka-teki, pantun singkat, pantun cerdas, pantun, lucu, pantun hewan
Mencari benih di tengah sawah
Rupa-rupanya tertindih batu
Jangan sedih janganlah gundah
Kita punya Tuhan Yang Satu?

(Jawaban : Allah Subhaanahu wa Ta’ala)

Naik delman minggu pagi
Keliling kota di jalanan
Kota metropolitan ibukota provinsi
Banyak yang bilang kota pahlawan

(Jawaban : kota Surabaya)

Jalan-jalan ke Ciracas
Jangan lupa membeli padi
Jika engkau memang cerdas
Binatang apa tanduk di kaki?

(Jawaban : ayam)

Sawah luas sungguh indahnya
Banyak ditemui di pedesaan
Punya ekor ditaruh kepala
Hewan apakah gerangan?

(Jawaban : gajah)

Ikut upacara pagi hari
Baris-berbaris dengan teratur
Suka keluar malam hari
Kalau siang malah tidur

(Jawaban : kelelawar)

Buah melon buah nangka
Dijual di pasar Kauman
Coba jawab wahai saudara
Makin diisi semakin ringan?

(Jawaban : balon)

Anak-anak bermain batu
Batu dilempar satu per satu
Badannya lurus bermata satu
Ekornya tajam apakah itu?

(Jawaban : jarum)

Pergi ke kota naik taksi
Sambil jalan-jalan keliling kota
Punya dua sayap terbuat dari besi
Benda apakah namanya?

(Jawaban : pesawat)

Ialah Figa sang Pemberani
Rumahnya ada di Goa Batu
Mataku tiga berwarna-warni
Tak punya tangan kaki pun satu?

(Jawabannya: Lampu Lalu Lintas)

Pergi ke kota naik angkutan
Tidak lupa berkunjung ke balai kota
Punya sisik tapi bukan ikan
Punya mahkota tapi bukan raja

(Jawaban : nanas)

Ke sekolah naik sepeda
Kayuh kencang di jalanan
Bentuk kotak keluar suara
Benda apakah itu gerangan?

(Jawaban : radio)

Sawah luas sungguh indahnya
Banyak ditemui di pedesaan
Punya ekor ditaruh kepala
Hewan apakah gerangan?

(Jawaban : gajah)

Menolong orang tanpa pamrih
Itulah kebaikan yang sesungguhnya
Loreng-loreng hitam putih
Punya empat kaki mirip kuda

(Jawaban : zebra)

Main bola sama teman-teman
Baru selesai saat malam hari
Kalau panas tidak digunakan
Kalau hujan dicari-cari

(Jawaban : payung)

Pohonnya bulat berdaun rindang
Asam dan hijau ketika muda
Bentuknya ia seperti bintang
Jikapun masak, kuninglah ia?

(Jawaban : belimbing)

Kalau tuan muda teruna
Pakai seluar dengan gayanya
Kalau tuan bijak laksana
Biji di luar apa buahnya

(Jawaban : jambu mete)

Pergi ke pasar membeli nanas
Tidak lupa membeli semangka
Bentuknya bulat bikin panas
Benda apakah namanya?

(Jawaban : matahari)

Kalau tuan bawa keladi
Bawakan juga si pucuk rebung
Kalau tuan bijak bestari
Binatang apa tanduk di hidung?

(Jawaban : badak)

Penutup

Demikian beberapa contoh pantun teka-teki yang sekiannya bisa membuat Anda tertawa tapi kalo nggak ketawa yaa gak apa-apa kok. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan komentar