Pantun Betawi

Pantun Betawi – Siapa sih yang gak tau Betawi? Suku betawi yang terkenal dengan budaya ondel-ondelnya. Apalagi ketika tradisi pernikahan, itu ada yang namanya tradisi palang pintu dan juga tanjidor.

Biasanya ketika pelaksanaan tradisi palang pintu kebanyakan di dalamnya berisi pantun-pantun lucu, sindiran, dan masih banyak lagi tema-temanya.

Orang suku betawi itu dikenal karena pandai dalam merangkai pantun. Nah berikut ini ada beberapa contoh pantun betawi yang bisa bikin Anda ngakak, baper, dan semoga aja bisa menghibur :

Pantun Betawi Cinta

Cinta itu merupakan salah satu pembahasan yang tak pernah terlewatkan di setiap artikel yang bertemakan puisi atau pun pantun.

Yang membedakan antara pantun betawi dengan pantun bahasa Indonesia yang biasanya adalah bahasa dari pantun betawi itu lebih gaul, lebih kekinian lah.

Intan beli rambutan
Rambutan dari cipinang
Mantan bukan pahlawan
Tidak perlu untuk dikenang

Makan ketan dicampur bakwan
Jaket kulit ngebungkus pakan
Mantan memang bukan pahlawan
Tapi sulit tuk di lupakan

Banyak arus tapi banyak ikan
Ambil saringan di atas loteng
Abang kurus bukan kurang makan
Tapi karna keseringan mikirin eneng

Naik sepeda kena paku
Minum jamu sambil baca buku
Kalo garuda itu didadaku
Kalo kamu di hatiku

Duduk diloteng adem hawa nya
Pohon kedondong jarang dipetikin
Kalo si eneng belum ada yg punya
Boleh dong kalo abang deketin

Duduk diloteng adem hawanya
Pepaye diambil sama orang miskin
Si eneng pan udah Ada yang punya
Aye duluan yg udah deketin

Sayur lodeh pancinya dinaekin
Sambel pete enaknya buatan nyonya
Biarin dah ente yang deketin
Ente emaknya kalo ane anaknya

Gandeng tangan sama si Yayang
Si Yayang pergi lebaran
Kalo kita saling menyayang
Boleh donk abang bawa lamaran

Ada pintu gak pake engsel
Cuma nempel gitu ajah
Gak usah pake kesel
Kalo kangen ngaku ajah

Naek kereta jurusan tegal
Beli ruti dibelah dua
Klo cinta jangan ditinggal
Sehidup semati harus berdua.

Mangga golek warnanya surem
Ada centeng tampangnya ganteng
Mata melek kagak bisa merem
Ngguin eneng kagak dateng-dateng.

Ngelap kembang di hari minggu
Makan sekuteng minumnya panta
Maap ye bang kelamaan nunggu
Nih aye dateng membawa cinta

Nenteng sekuteng muterin kota
Bawa sejadah kasih mantu di tanah koja
Kalo emang eneng dateng membawa cinta
Yaudah taro dulu situ di meja

Makan tape di bantar gebang
Beli sajadah dari sekarang
Yah ilah jangan nape bang
Ntar ajadah diambil orang

Ke solo naek onta lewat sebrang
Liat qosidah di rumah tukang
Kalo emang cintanya takut diambil orang
Lah pindain dah di laci blakang.

Pantun Betawi Lucu, Kocak & Gokil

Kejepara beli rebana
Pas dijalan ade orang perang
Cintaku kian membara
Hanya untuk kamu seorang

Jika pergi ke jepara
Jangan lupa cinderamata
Rinduku kian membara
Hanya kamu yg ku cinta

Paling enak buah atep
Beli paku ada’a d’rawamangun
Emang abang yang cakep
Gimana mau laku punya nya gga bisa bangun

Makan pagi dikereta
Asiknya sambil bercerita
Namun yang namanya cinta
Tak pernah mengenal kasta

Jalan jalan ke kali angke
Ikan bawal ditumisin
Jimat apa yg abang pake
Siang malam cewe tangisin

Kalo naro sirsak jgn di peti
Karena bisa merusak rase
Kalo abng siap menanti
Kapan abang brani ke rumah aye

Pergi ke utan cari rotan
Jangan lupe cari ubi kayu
Emang abang seorang pejantan
Tapi sayang sedikit kemayu

Pagi ini amat sejuk
Paling enak minum kopi
Pada debur kau meliuk
Cantikmu memikat hati

Sirsak emang manis
Lantaran sirsaknye naro dipeti
Si eneng jngan menangis
Lantaran abang siap menanti

Beli sirsak diciamis
Jalannye sambil terbang
Si eneng jangan menangis
Disamping ada abang

Jalan jalan keliling rumah
Jangan lupa beli jamu
Demi tuhan aku bersumpah
Yang kucinta hanyalah kamu

Pergi berburu ke tengah utan
Dapetnye kijang dan rusa
Kalo abang emang pejantan
Kenape mesti pake tunggu lama

Jalan jalan keciamis
Jangan lupa kerumah zaenal
Eh eneng yg manis
Boleh kaga abang kenal

Buah sirsak buah manggis
Kalo dimkn manis rasanye
Gimane eneng ga menangis
Ngeliat abang belom ade jodohnye

Itu pohon emang mau mati
Gare gare ga disiram ame bang mumu
Aku menunggu mu sampai mati
Karenaku sangat menyayangimu

Emanye entong dlunye biduan
Gare gare ga jadi beli papan
Emang ni hati ampe kerinduan
Itu perempuan ga ada tanggepan

Pantun Betawi Sindiran

Bagus hati bila tabah
ketika membaca surat biru
Jika dinasehati tak juga berubah
Baiknya kucari sahabat baru

Ada paku jatuh di taman
Ada wanita memakai tasbih
Ada orang ngakunya teman
Tapi rupanya pengen yang lebih
                   [Ini pasti orang yang lagi pdkt…]

Memang asyik membaca roman
Sayang lampu sangat redup
Awalnya sih ngaku teman
Pengen hati jadi teman hidup
                   [Nah, ini pasti kamu ya…?]

Kuda berlari di arena pacu
Semakin semangat dengar teriakan
Kekasihku ini agak lucu
Setiap yang cantik diaku keponakan
                  [Padahal sih keponakan orang..]

Suruh pergi ke kota kerinci
Beli tiket banyak yang antre
Sungguh tidak mengherankan lagi
Lihat semakin banyak cewek matre

Jalan-jalan ke kota semarang
Tampak gabus didalam kerajang
Saya heran lihat gadis sekarang
Bodi tidak bagus kenakan pakaian jarang

Kecap asin tak perlu diseduh
Jolok mangga dengan galah panjang
Silap sedikit segera selingkuh
Tersebut dia lelaki mata kerajang

Meletus balon hijau
Hatiku sangat kacau
Dari jauh kukira kerbau
Eh, ternyata itu engkau

Dari dekat kulihat itik
Itik dikukus diatas panci
Dari jauh terlihat cantik
Dari dekat gak taunya banci

Gw cantik janganlah heran
Sering kesalon dan juga luluran
Melihat mu bagaikan pangeran
Pangeran penunggu kuburan

Buka jendela terasa terang
Buka pintu masih dikunci
Sungguh heran cowok sekarang
Lemah gemulai kayak banci

Pergi kepasar membeli duku
Duku dibeli isinya kopong
Malang bener nasib teman ku
Dapat pacar bibirnya monyong

Jika lewat sudilah mampir
Tak ada kopi suguhkan air
Pacarmu jelek kaya mak Lampir
Giginya ompong kalo nyengir

Makan nasi pake soto babat
Soto babat udah merakyat
Boleh bangga jadi anak pejabat
Asal jangan makan duit rakyat

Sungguh enak makan kerang
Kerang dijual dipinggi pasar
Sungguh heran cewek sekarang
Pake baju kekurangan dasar

Pantun Betawi Nasehat

Tak hanya pantun sindiran kocak, atau pun yang lainnya. Biar menjadi manfaat berikut ini ada beberapa contoh pantun betawi nasehat yang memberikan power dalam belajar bekerja dan lainnya :

Hari minggu paling enak tamasya
Oleh-oleh nya bawa tahu bulat
Udah masuk waktu isyaaa
Nyok kita pada shalat

Layar perahu boleh tarikin
Sepatu baru boleh di beliin
Biar kata kita orang miskin
Sholat 5 waktu jangan tinggalin

Karang bolong dibikin buat film laga
Beli songkok di jatiwaringin
Walau pun jarang aye olah raga
Kalo ngrokok ma aye ude kurangin

Kelabang demennya makan undur undur
Daerah plosok di nusa kembangan
Udah bang ente cuci kaki terus tidur
Nanti besok sekolahnya ke siangan

Naek kereta jurusan tegal
Beli ruti dibelah dua
Klo cinta jangan ditinggal
Sehidup semati harus berdua.

Jalan-jalan ke rumah atun
Bawa ke mari seekor angsa
Mari kita berbalas pantun
Melestarikan budaya bangsa

Ke Cimone naek DAMRI
Beli lilin di warung Umi
Maksud ane ngenalin diri
Biar terjalin silaturahmi.

Makan permen jangan dikulum
Pegi jauh ke kalimantan
Ane permisi assalamualakum
Waktunya sholat jum’atan

Makan ikan di bawah pohon
Tatakin koran buat sawi
Kita lestarikan budaya pantun
Karna bagian dari seni budaya betawi

Halal bihalal diwaktu lebaran
Pake celana jin baju kemeja
Rejeki halal masih banyak bertebaran
Asal kita rajin dan mau bekerjaa

Tuan beristri elok nan rupanya;
Bermandi maghligai wajah nan jelita.
Ramadhan kini berada di ufuk mata;
Mari Bersama Tingkatkan Iman dan Taqwa.

Makan roti jangan berlari;
Kalaulah jatuh kita yang rugi.
Bersihkan hati sucikan diri;
Sambut Ramadhan sebentar lagi

Ke Cibubur nebeng ponakan
Terus ke Tanjung Priuk jalan-jalan
Santap sahur jangan kekenyangan
Ntar bawa’annye ngantuk pas tadarussan

Makan laksa jangan tertawa
Kalau tertawa nanti keselekkan
Berpuasa tanta taqwa
Shalat teraweh jangan dilupakan

Makan nasi ame bocah ingusan
Makan nye di tempat lesehan
Abis subuh nyok kite tadarusan
Jangan sampe kite ke tiduran

Sie acong lagi nambel ban
Nambel nye di pasar kenari
Kite puase emang udah kewajiban 
Agar mendapat ridho ilahi

Buah buni jangan diungkep 
Anak Beruk maen di Taman 
Cari bini jangan yang cakep 
Kalo Hatinya gak seiman

Leave a Reply