5 Bahan Kerajinan Yang Dapat Memperindah Ruangan Rumah Anda, dan Mudah Dibuat!

Sekarang ini, kebanyakan orang menganggap barang bekas hanya sebelah mata dan sudah tidak ada manfaatnya. Eiits, tunggu dulu, siapa bilang barang bekas sudah tidak ada manfaatnya lagi. Itu semua hanyalah omong belaka, diartikel ini ingin memberikan tips & trick cara mengelolah barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai.

Kerajinan tangan dari barang bekas ini, bisa dibuat menjadi pemanis ruangan dirumah kamu, agar rumah kamu lebih cantik dan indah jika dipandang. Selain caranya mudah, kreasi dengan cara ini juga tidak memerlukan biaya yang besar.

Disini, kamu hanya memerlukan barang bekas yang sudah tidak terpakai untuk menghasilkan suatu karya yang unik dan cantik dirumah kamu.

Langsung saja, Bagaimana cara membuatnya? Apa saja bahan-bahan yang akan digunakan? Maka, ikuti saja cara-caranya dibawah ini.

Barang Bekas dan Sejuta Ide Kreativitas

Tak ada rotan, akar pun jadi. Ya, begitulah gambaran barang bekas dari peribahasa indonesia yang mampu meningkatkan kreasi para pemuda maupun tua, dalam bidang kerajinan barang bekas.

Sebelum berbicara barang bekas lebih jauh lagi, ini perlu dijelaskan bahwa barang bekas adalah kreasi atau kerajinan dari seseorang atau kelompok yang memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai, yang ada disekitarnya.

Pemakaian barang bekas ini bertujuan untuk bisa lebih menghemaat sumber daya sekitar. Dan sebagaian orang mengerjakan cara ini, bertujuan sebagai gerakan untuk menjaga lingkungannnya.

Dengan kondisi sekarang ini, banyak orang yang kerap membuang barang bekas hanya karna sudah tidak terpakai dirumah. Sebab itu, orang membuang barang bekas ke tempat sampah. Padahal, barang tersebut masih bisa dimanfaatkan kembali menjadi suatu kerajinan atau kreasi yang menarik dan cantik.

Persiapan dan Cara Membuat kerajinan Tangan

sebenernya, membuat kerajinan dari barang bekas ini tidak sesulit yang kamu bayangkan. Unutk lebih jelas lagi. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah membuat kerajinannya di bawah ini.

Yang pertama:

1. Memikirkan Bentuk Kerajinan Tangan

Setiap orang itu, memiliki ide yang berbeda-beda saat ingin membuat suatu kerajinan tangan dari barang bekas.

Oleh karena itu, apabila kamu berfikir terhadap sesuatu, kamu harus sesuaikan dengan benak kamu atau keinginan kamu.  Atau bisa dengan hobi kamu selama ini.

Dari sini, biasanya ide mulai muncul dan menggiring anda untuk melakukan suatu aktivitas berkreasi mengelolah barang bekas.

2. Mengumpulkan Barang Bekas

Ketika kamu, masih mencari barang bekasnya, maka kamu harus menyesuaikan apa yang akan kamu buat dalam kerajinan tersebut. Dan barang tersebut harus berpotensi bisa diolah menjadi suatu kerajinan.

Nah, ketika semua barangnya sudah terkumpulkan, maka catat dan kategorikan berdasarkan kebutuhan. Setelah itu, tengok interior rumah kamu unutk menaruh letaknya barang yang akan kamu buat yang tepat.

Yang terpenting jangan lupa dibersihkan.

Jangan lupa, barang yang akan kamu buat kondisikan tetap bersih dari kotoran atau debu, karena barang tersebut masih menyimpan kuman atau bakteri yang dapat berdampak negativ terhadap kesehatan kamu.

3. Mencari Sudut Rumah yang Berpotensial

Masalah yang ketiga ini, harus dipertimbangkan. Karena menjadi salah satu sudut pandang bagi keluarga atau teman kamu, dan dimana posisi yang tepat untuk diletakkannya kerajinan tersebut.

Kebiasanya, kebanyakan orang meletakkan hiasan-hiasan seperti: vas bunga, foto-foto keluarga atau yang lain. Itu, biasanya diletakkan di ruangan tengah. yang terpenting, kerajinan tersebut jangan sampai mengganggu dekorasi rumah kamu.

Cari sudut-sudut yang masih kosong dari barang apapun dan yang cocok untuk diisi sesuatu yang indah.

Mencari Inspirasi Kerajinan dari Barang Bekas

Sebelum membicarakan 5 bahan dari barang bekas ini, ada kalanya kita sama-sama mencari inspirasi kerajinan yang akan kita buat.

Agar bisa lebih jelas lagi, simak berbagai macam kerajinan tangan dari barang bekas yang terbagi beberapa bahan bekas di bawah ini.

Hiasan Dinding dan Ragam Kerajinan dari Kardus

ide-plus.blogspot.com

Kardus ini, awalnya digunakan sebagai pelindung atau pembungkus barang tertentu, saat awal membeli barang tersebut seperti, kardus televisi, kulkas, kipas dan sejenisnya.

Jika anda semakin banyak berbelanja barang yang berkardus, maka semakin banyak pula kardus yang menumpuk di rumah anda. Oleh karena itu, disini penulis ingin memberi tips & trick untuk memanfaatkan kardus atau barang bekas yang ada di rumah anda.

Contoh sederhana dan paling umum yang dilakukan adalah diberi sketsa dibagian kerdus yang akan dipotong, misalnya gambar hewan atau berbagai regam tanaman.

Kardus bisa ditempelkan di bagian dinding yang anda inginkan, atau di kamar anak anda, bagi yang mempunyai anak, tapi yang masih belom mohon bersabar dulu, hehe. Gunakan lem atau alat perekat yang tepat agar perekatnya tidak mengotori sekitar dinding.

Karena bahan kertas yang kesar dan tebal, kardus bahkan bisa dirangkai menjadi seperti, pigora, rak buku, wadah tisu, selngkapnya anda bisa lihat di kerajinan dari kardus

Vas Bunga Cantik dan Kerajinan Tangan dari Sedotan

Ha, kerajinan dari sedotan? Dari sebagian orang berfikiran bahwa sedotan tidak  bisa dijadikan sebuah sesuatu yang indah bagus. Eiits, tunggu dulu!! Siapa bilang sedotan tidak bisa dijadikan sebuah kerajinan? Meskipun, bentuknya kecil dan pipih. Dibalik sedotan ini, bisa kita jadikan menjadi sebuah vas bunga yang cantik.

Mula-mula, yang harus anda lakukan adalah mengumpulkan sedotan-sedotan. Setelah itu, pastikan ada lem yang untuk merekatkan sedotan satu dengan yang lain.

Anda dapat mencari sejumlah informasi dari sumber manapun. Bahwa, kerajinan dari sedotan kebanyakan dibuat menjadi sebuah vas bunga, tempat pensil, dan taplak piring di meja.

Dan yang harus anda perlukan adalah gunting sebagai pemotong sedotan agar lebih mudah lagi. Anda dapat membuat kerajinan tangan dari sedotan ini, sehingga dapat dipajang di ruangan yang anda inginkan, seperti di meja maka, ruang tamu, atau keluarga.

Bingkai Foto dan Kerajinan dari Barang Bekas koran

pusatpandang.com

Sebagaian dari kita, membeli koran untuk dibaca terus di telantarkan kalau ngg dibuang ke tukang loak! Kerajinan dari barang bekas ini mempunyai potensi tinggi. Jika di jadikan sebuah kerajinan yang menguntungkan.

Koran bekas memiliki 2 fungsi, yakni menjadi elemen utama kreasi atau kerajinan hingga menjadi penghias untuk barang bekas yang lain.

Kerajinan koran ini, bisa menjadi sebuah bingaki foto, pot bunga, dan kerajinan yang lainnya. Hebat, ‘kan!!

Dijual mahal aja bisa, berarti barang bekas dari koran ini memiliki potensi tinggi dalam sebuah kerajinan. Apalagi, buat pajangan di rumah, malah lebih bagus lagi.

Kerang dan Ragam Kerajinan dari Limbah

pixabay.com

Pengertian dari limbah yang diperuntukkan sebagai kerajinan barang bekas, terbagi menjadi yakni, limbah organik basah dan limbah organik kering.

Pertama, limbah organik basah adalah sampah kandungan airnya cukup tinggi, seperti kulit buah, daun, atau bagian tertentu dari hewan seperti, cangkangnya kerang.

Sementara limbah organik kering adalahsampah yang mempunyai kadar air yang rendah, seperti sedotan, kaleng, kardus, dll.

kali ini, penulis membahas tentang pengelolahan limbah organik basah. Banyak sekali hasil yang akan anda peroleh dari bahan organik basah, seperti miniatur hewan dari kerang, tumbuhan dari cangkang, atau pernak-pernik guci dari cangkang kerang.

Wadah Tisu dari Jerami untuk Memperhias Ruang Tamu

id.aliexpress.com

Batang padi yang biasanya disebut jerami, merupakan limbah pertanian yang sangat banyak kita temui di daerah persawahan. Terutama pada saat pnen padi tiba.

Meskipun demikian, jerami yang adalah sebuah limbah yang harus dibakar. Akan tetapi, biasanya para petani memanfaatkan jerami ini untuk bahan pembakaran batu bata atau genteng yang dilakukan di daerah persawahan.

Ternyata, disamping menjadi bahan pembakaran batu bata, jerami bisa dijadikan sebuah kerajinan yang unik dan artistik lho!! Seperti tas, sandal, dan wadah tisu, dll.

Kesimpulan

Disini, penulis ingin memberikan kesimpulan. Bahwa jangan sering menganggap barang bekas itu adalah barang yang sudah tidak terpakai kembali. Karena, dibalik barang bekas tersebut pasti mempunyai suatu potensi kerajinan, sehingga dapat menjadi barang yang bernilai.

No Responses

Leave a Reply