Cara Merawat Kucing Yang Baik dan Benar agar Tetap Terjaga Kesehatan

Kucing adalah hewan yang cantik, imut dan gemesin sehingga membutuhkan perawatan yang baik dan bersih. Karena agar tetap menjaga kebersihan tubuh serta kecantikan bentuk tubuh si Meong. Sebab keindahannya sangat digemari dan disukai sehingga banyak orang yang memelihara si kecil meong (kucing) ini.

Maka daripada itu, kami telah menulis beberapa cara merawat kucing yang baik dan sehat, mari kita simak berikut ini caranya.

Beberapa Hal Yang Harus Disiapkan Untuk Kucing

maniakucing.com

Ini ada beberapa hal yang harus disiapkan oleh si pemelihara agar kucing bisa terawat dengan baik. Ada makan, tempat dan lain-lain yang berhubungan dengan perawatan kucing.

Makanan

Untuk memberikan makan terhadap kucing anda harus memperhatikan lebel dari makanan tersebut, karena dikhawatirkan makanannya tidak sesuai dengan si kucing. Karena besar kecilnya kucing itu berbeda jenis makanannya.

Kami sarankan jikalau kucing kecil anda usahakan untuk memberikan makanan yang berlebel kitten (kucing kecil) sehingga dia tidak salah dalam asupan makanan. Untuk mereknya itu sangat banyak jenisnya sehingga disetiap produk makanan kucing berbeda pula kandungan nutrisi didalamnya.

Baca Juga Yaa Hukum Memelihara Kucing

Tempat Makan dan Minum

Ada berbagai toko biasa atau online yang menjual tempat makan dan minum dalam satu wadah dengan tempat lubang yang berbeda. Tempat yang seperti ini lebih efisien karena dapat lebih menghemat tempat dan ruang didalam kandang.

Jangan lupa juga anda menyediakan makanan dan minumannya ditmpat tersebut, sehingga ketika kucing tersebut lapar atau mencari makanan dan minuman tidak terlalu jauh dari tempat kucing tersebut.

Takaran Makanan

Takaran makan ini berfungsi untuk mengambil makanan dan banyak makannannya bisa disesuaikan dengan bentuk kucing tersebut. Tapi jika anda ingin mengganti dengan botol bekas air minum juga bisa.

Tergantung dengan kemampuan dalam biaya anda dan sesuaikan dengan kemampuan anda ya, jangan terlalu memaksakan kehendak sehingga dapat memberatkan diri kita sendiri.

Pasir

Lah kok ada pasir? Emang fungsinya apa? Yang pasti, pasir ini berfungsi banget untuk kebersihannya. Jadi apa fungsinya? Fungsinya adalah jika ada kotoran dipasir maka kotoran tersebut akan menggumpal dan tidak menyebar dan tidak mudah bau, sehingga mudah untuk dibersihkan.

Biasanya pasir ini hanya untuk sekali yang terkena kotorannya atau untuk membuangnya anda bisa mengambil pasir yang terkena kotorannya saja, dan jika hanya sekedar pipis kucing cukup anda rendam air dan dibersihkan kemudian anda jemur.

Bak Pasir

Bak pasir ini digunakan untuk tempat pasir. Tempat ini harus disediakan agar untuk membantu kucing dalam membuang air besar maupun kecil pada tempatnya. Nah, bagi kita membuang air di WC atau toilet kan, jadi kucing juga membutuhkan untuk membuang air. Sehingga kucing anda tidak membuang air sembarangan.

Serokan Pasir

Serokan ini pastinya digunakan untuk mengambil kotoran kucing yang sudah menggumpal di bak pasir, kemudian dibuang deh kotorannya. Nah dengan alat ini anda bisa lebih mudah dalam membersihkan tempat buang air kucing. Sehingga tangan anda tidak kotor dan bau pastinya, meskipun harus mengurus tempat buang air si Kucing.

Baby Oil dan Kapas

Baby Oil dan kapas ini berguna untuk membersihkan kebersihan kucing dibagian telinganya, tidak hanya kapas anda bisa menggunakan cottonbat. Jagalah kebersihan kucing anda, apalagi memeliharanya didalam rumah, bahkan tidur bareng dengan kucing. Harus lebih ekstra merawat kebersihannya.

Shampoo

Kucing juga butuh shampoo untuk mandii dan dipakai juga untuk badannya. Shampoo kucing biasanya dipakai seminggu sekali. Tapi anda harus berhati-hati dalam memandikannya, apalagi pada bagian dekat mata.

Vitamin

Selain perlengkapan untuk kebutuhan makan, minum dan kebersihan, ada juga vitamin yang perlu diberikan kepada kucing. Vitamin ini berfungsi untuk menjada kesehatan kulit dan bulu kucing. Biar tetep lembut dan cantik.

Baca Juga Yaa Jenis-Jenis Kucing yang Comel

Cara Merawat Kucing Bagi Pemula

lifestyle-indonesia.com

Jika anda seorang pemula dalam hal memelihara kucing dan ingin tau tentang cara merawat kucing, berikut ini beberapa tips dasar yang tepat untuk merawat kucing untuk anda.

  1. Jangan pernah berikan makanan anjing untuk kucing! Karena makanan anjing itu tidak mengandung taurin, nutrisi yang dibutuhkan oleh si Kucing untuk mencegah penyakit jantung dan penglihatan kabur.
  2. Anak kucing membutuhkan jumlah gizi dua kali lebih besar dibandingkan dengn kucing dewasa. Meskipun ia membutuhkan lebih banyak nutrisi, bukan berarti anda harus memberikan makan berlebihan. Setelah 6 sampai 6 minggu, berikan makanan secara rutin 4 kali sehari.
  3. Setelah 8 – 10 bulan, Anda bisa membiasakannya untuk makan – makanan rumah seperti nasi dan susu. Kebiasaan ini harus Anda lakukan sejak dini.
  4. Tidak perlu anda memandikan kucingnya secara teratur. Ketika bulu kucing udah mulai berbau, Anda sudah dapat memandikannya dengan air dingin. Jika memakai air panas dapat merusak bulu dan menyebabkan iritasi kulit pada kucing, jadi jangan terlalu panas sebisa mungkin hangat.
  5. Sikat bulu kucing secara rutin. Hal seperti ini dapat menghilangkan rambut mati, kuman dan bakteri pada bulu.
  6. Ajak kucing pergi keluar dan bermain dengannya. Kegiatan fisik membantu pertumbuhan dan perkembangan anak kucing dengan baik. Hewan peliharaan Anda akan cepat tumbuh sehat dan lincah.
  7. Ajarkan kebiasaan hidup sehari-hari. Anda bisa mulai mengajarkan beberapa kebiasaan baik pada kucing seperti pergi ke toilet, makan, dan tidur.
  8. Bersikaplah tegas pada perilaku buruknya. Anda harus bersikap tegas pada perilaku buruk yang ia tunjukkan. Dengan begitu, ia akan mengerti mana yang baik dan buruk juga dapat membuat kebiasaan baik pada kucing.
  9. Vaksinasi wajib dilakukan secara rutin untuk menghindari virus dan penyakit. Untuk itu, segera berkonsultasilah dengan dokter hewan.
  10. Merawat kebersihan tubuhnya. Anda harus rajin dan rutin membersihkan gigi, telinga, dan kuku kucing. Bagian-bagian ini sangat rentan terhadap kuman dan bakteri. Jika ia dibiarkan kotor, hal ini bisa menyebabkan infeksi dan penyakit pada si kucing.

Lebih Singkatnya

Nah jika anda ingin lebih simpelnya lagi, seperti ini:

  1. Cek suhu dan kelembapan ruangan atau kandang.
  2. Perhatikan makanan dan minuman kucing.
  3. Jagalah kebersihan kandang dan bak pasir.
  4. Jaga kebersihan dan kesehatan mata, telinga, gigi, dan rutin untuk dipotong kukunya.
  5. Lakukan vaksinasi, obat cacing, kontrol ke dokter hewan secara rutin, jangan hanya ketika ia cuma sakit.
  6. Berikan tempat atau alas tidur yang nyaman, mainan.
  7. Jaga hubungan baik dengan breeder.
  8. Grooming kucing: memandikan, menyisir dan mengerikan bulu.

Cara Mengetahui Kucing Persia yang Sakit

kucingpedia.com

Berikut ini penjelasannya:

  • Sulit membuang kotoran.
  • Menggelengkan kepala secara berlebihan.
  • Kelelahan dan lesu.
  • Selera menurun dna sebaliknya.
  • Berjalan pincang atau sulit untuk berdiri.
  • Ada cairan yang keluar dari lubuh tubuh.
  • Mengkonsumsi air secara berlebihan.
  • Jadi lebih agresif dan hiperaktif jika dipegang
  • Berat badan naik atau turun secara mendadak.
  • Ada bagian tubuh kucing yang bengkak.

Jika anda melihat salah satu ciri-ciri sakit diatas, maka anda harus bersegera membawanya ke dokter hewan. Karena dikhawatirkan kucing anda harus diberikan perawatan khusus. Agar bisa diketahui penyebab sakitnya dan cara mengobatinya.

Baca Juga Yaa Foto-Foto Kucing Lucu

Nah, sekian beberapa cara merawat kucing yang baik, benar dan sehat. Semoga dapat bermanfaat, jangan lupa dikasih nama kucingnya, biar lebih romantis jika dipanggil hehe.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply