Cara Menghitung Skala Peta yang Benar Beserta Rumus dan Contoh Soal

Peta merupakan salah satu benda yang dapat memudahkan kita untuk mengetahui sebuah daerah atau mencari letak suatu kota. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan peta kita bisa menghitung tempat, antara satu tempat ke tempat yang lain.

Kami, disini ingin membahas tentang cara menghitung skala. Cara menghitungnya dibagi dengan beberapa macam caranya. Sebelum, kita masuk dalam pembahasan utama. Mari kita semak, apa itu yang dimaksud dengan skala peta.

Pengertian Skala Peta

Skala peta ialah angka dengan perbandingan jarak terhadap jarak sebenarnya. Apabila, semakin besar skala peta tersebut, maka akan semakin detail informasi yang tersajikan dalam peta, begitu juga dengan sebaliknya.

Jenis Skala

Skala pata peta mempunyai fungsi sebagai petunjuk perbandingan antara jarak peta dengan jarak yang sebenarnya. Akan tetapi, skala peta tidak juga berwujud angka saja, bahkan ada juga yang berbentuk grafis. Skala peta ada 3 jenis, yaitu:

  • Skala Angka, adalah skala peta yang berbentuk angka yang untuk menunjukkan perbandingan jarak peta dengan jarak sebenarnya.
  • Skala Garis atau Grafis, merupakan skala yang ditunjuk dengan garis lurus yang dibagi menjadi beberapa macam ruas. Dan setiap ruas menunjukkan bagian yang sama.
  • Skala Verbal, adalah skala peta yang dinyatakan dalam bentuk kalimat atau dengan secara verbal.

Jenis Skala Berdasarkan Skala

Skala peta terbagi menjadi beberapa jenis. Peta memiliki 5 jenis skala dalam kategori ini, antara lain:

  • Peta Kadaster, peta yang berskala besar dengan skala, 1:100 – 1:5000
  • Peta Skala Besar, peta yang berskala, 1:5000 – 1:250.000
  • Peta Skala Menengah, peta yang berskala, 1:250.000 – 1:500.000
  • Peta Skala Kecil, peta yang berskala, 1:500.000 – 1:1.000.000
  • Peta Geografi, peta yang berskala, >1:1.000.000

Cara Menghitung Skala pada Peta

Nah, sekarang mulai masuk ke dalam pembahasan mengenai rumus untuk mencari skala dan mencari jarak. Berikut ini, pembahasannya.

Perhitungan Skala Angka

Skala ini dipakai untuk menghitung jarak antara wilayah sesungguhnya dengan memanfaatkan peta. Dibawah ini, rumus untuk menghitung jarak sebenarnya, adalah:

  • Jarak Sesungguhnya= Jarak peta / skala.

Tidak hanya itu, pada suatu perkara atau sebuah soal untuk mencari skala suatu peta. Rumus yang harus digunakan, adalah:

  • Skala= Jarak peta / skala.

Dan yang terakhir, apabila ingin mencari jarak peta, maka rumus yang digunakan adalah, sebagai berikut:

  • Jarak Pada Peta= Skala x Jarak sebenarnya.

Perhitungan Skala Batang

Untuk dapat menghitung skala peta dengan menggunakan jenis batang, kita harus memakai ukuran pada batang grafis atau garis lurus yang ada. Pada batang garis atau grafis, jarak suatu ruas atau kolom ialah sama dan masing-masing diantara ruas mewakili jarak tertentu.

Perbedaan mendasar antara skala batang dan skala angka, jika suatu peta diperkecil, kita masih bisa menggunakan skala batang tersebut, sebagai perhitungan tanpa melakukan konversi.

Pada umumnya, skala batang mempunyai ruas sepanjang 1 cm yang mewakili jarak sebenarnya. Semisalnya, pada suatu peta memiliki jarak 1:100.000, maka, skala batangnya mempunyai panjang ruas 1 cm.

Contoh Soal Menghitung Skala Peta

Cara Mencari Jarak Sebenarnya

Pada sebuah peta dengan jumlah skala 1:10.000.000, jarak antara kota Sidoarjo dan kota Jakarta adalah 5 cm. Maka, berapakah jarak sebenarnya dari kota Ngadirejo dengan kota Gorang-gareng?

Jawab: – Jarak sebenarnya=5 cm/ 1:10.000.000

= 5 cm x 10.000.000/1

= 50.000.000 cm

Jadi, jarak sebenarnya dari desa Ngadirejo dengan desa Gorang-gareng adalah 50.000.000 cm atau juga bisa diubah menjadi 500 km. (contoh)

Menghitung Skala Angka

Jarak antara kota B dan kota C, pada sebuah peta ialah 8 cm. Sementara, jarak sebenarnya antara kota B dan kota C adalah 160 km. Berapakah, skala peta tersebut berdasarkan satuan cm?

Jawab: – 160 km= 160.000.000 cm

– Skala= Jarak peta : Jarak sebenarnya

– 8 cm : 160.000.000 cm

– 1 : 2.000.000

Jadi, skala peta tersebut adalah 1 : 2.000.00-

Menghitung Skala Batang

Jarak antara desa Ngadirejo dengan desa Gorang-gareng, pada peta berskala batang adalah 4 ruas. Satu ruas peta tersebut mewakili 1 km. Hitunglah, berapa jarak sesungguhnya dari kedua desa tersebut?

Jawab: Karena disetiap ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km nya, jadi jarak antara desa Ngadirejo dengan desa Gorang-gareng adalah 4 x 1 = 4 km.

Tinggalkan komentar