6+ Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar (LENGKAP)

Angkatan kerja ialah aset yang paling terpenting dimiliki oleh sebuah negara. Karena merakalah yang bakal berkontrinusi dalam berbagai pekerjaan. Akan tetapi nyatanya, jumlah angkatan kerja sekarang tidaklah sebanding dengan lapangan pekerjaan. Nah, dikarenakan kondisi inilah yang menyebabkan tingginya angka pengangguran di negara kita ini.

Fenomena ini merupakan sebuah masalah yang pasti dihadapi disetiap negara diseluruh Dunia. Usaha untuk mengurangi jumlah pengangguran, ini terus dilakukan, dengan berbagai cara dan inovasi baru. Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

Bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017 tercatat sekitar 7 juta jiwa lebih pengangguran, dari total 128 juta angkatan kerja. Data spesifiknya, usia 35-39 tahun, mereka adalah angkatan kerja terbesar di Indonesia, yaitu berjumlah 17,6 juta orang. Pada posisi kedua, terdapat mereka yang berusia 30-34 tahun yang berjumlah 15,5 juta jiwa.

Nah, artikel sebelumnya membahas tentang isi surat dan lain-lain yang berkaitan dengan, Bagaimana cara membuat surat yang benar?. Nah, Kali ini kami membahas yang berkaitan juga dengan setiap surat yang kalian buat. Yaitu apa? Amplop lamaran kerja.

Tidak hanya isi dari surat saja yang benar, namun penulisan dan kerapihan amplop lamaran kerja juga sangat berpengaruh dan penting untuk kebutuhan Anda dalam melamar pekerjaan dan lain sebagainya. Bagi Anda yang akan mengirim surat kerja baik sebagai karyawan di bankatau guru lewat pos, berikut ini ada tips buat Anda.

Penulisan dan tata letak seperti tujuan, pengirim, tanggal dan alamat sangat diperhatikan pada amplop lamaram kerja tersebut. Untuk lebih jelasnya kita langsung lihat saja ulasannya.

Contoh Amplop Lamaran Kerja

majalah-historia.com

Nah, ketika Anda pengen diterima sebagai karyawan ditempat kerja yang Anda ingin kan. Dan disitu ada prosedur-prosedur yang diajukan, maka dari itu Anda jangan meremehkan hal kecil yang diajukan oleh Perusahaan, seperti penulisan pada sampul amplop.

Karena dalam hal ini, biasanya HRD akan memilih amplop yang paling menonjol dan menarik secara visual. Maka dalam poin ini Anda harus jeli dan teliti dalam memilih desain.

Penulisan Amplop Lamaran Kerja

majalah-historia.com

Setelah menentukan desain amplop, langkah selanjutnya adalah menulis secara lengkap dan jelas data pada sampul amplop. Selain itu ada beberapa hal lain yang kamu perhatikan diantaranya :

Kebersihan dan kerapihan amplop.

Kebersihan dan kerapihan Kondisi amplop yang Anda kirimkan, itu secara tidak langsung akan mencerminkan karakter dan kepribadian diri Anda.

Jika amplop yang Anda kirim ternyata kotor, lusuh, kusut dan tidak rapi tentu akan menimbulkan persepsi kalau Anda adalah pribadi yang tidak teratur, tidak bersihan dan berantakan. Oleh karena itu, usahakan jaga kebersihan dan kerapihannya.

Coklat adalah warna terbaik

Coklat adalah warna terbaik untuk amplop lamaran kerja serta dilengkapi tali sebagai pengaman isi surat agar tidak tercecer berantakan. Pemilihan amplop bertali lebih disarankan untuk antisipasi jika sewaktu-waktu ada keteledoran dari pihak perusahaan.

Penempatan huruf kapital pada setiap awal kata.

Penempatan huruf kapital pada setiap awal kata. Perkara ini penting untuk dicermati, agar kredibilitas surat kamu lebih terjaga.

Contoh : Nama    Dimas Maulana
             Alamat  : Jln. Merdeka, No. 16, Surabaya

             Telepon : 081234554421

Biodata diri

Cantumkan biodata diri meliputi nama lengkap ditambah gelar sarjana, alamat secara detail mulai dari nama jalan – kode Pos – Dusun – RT/RW – kelurahan – kecamatan – kabupaten dan provinsi. Jangan lupa juga tulis nomor telepon, e mail, kemudian tulis data tersebut pada bagian kiri atas.

Menulis nama jabatan 

Menulis nama jabatan atau posisi yang kamu inginkan. Letak penulisannya berada pada bagian kanan atas amplop surat lamaran kerja.

Tujuan Surat

Anda harus menulisnya secara detail dan lengkap. Ingat, setiap pada awal kata Anda harus menggunakan huruf kapital.

Baca Juga : Format Contoh Surat Pernyataan

Gambar Contoh Amplop Lamaran Kerja

Amplop Lamaran Kerja 1
Amplop Lamaran Kerja 2
Amplop Lamaran Kerja 3

Cara Mengunci Amplop Lamaran Kerja

Cara Mengunci Amplop

Didalam pembahasan ini, akan saya berikan bagaimana cara mengunci amplop lamaran kerja yang bagus dan rapi. Mungkin buat Anda yang baru pertama kali ngelamar kerja dan tidak tahu bagaimana mengunci amplopnya, bisa dilihat video diatas ini.

Orang Lain Biasanya Juga Menelusuri :

Amplop Lamaran Kerja Guru

Amplop Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Amplop Surat

Amplop Coklat

Nama Amplop Lamaran Kerja

Leave a Reply