15 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia beserta Gambarnya

Indonesia adalah negara yang kaya akan kesenian dan kebudayaannya contoh dari segi pakaian adat, tarian, makanan, bahkan lagu daerah. Indonesia terkenal sebagai gudangnya kesenian dan kebudayaan.

Bahkan setiap suku mempunyai bahasa tersendiri dalam kesehariannya. Tetapi sayang, pemuda-pemudi sekarang ini, lebih mementingkan kebudayaan dan kesenian orang-orang barat sehingga negaranya sendiri tidak di lestarikan kebudayaannya.

Kita harus sadar, sebagai seorang pemuda pemudi Indonesia, kita harus melestarikan kesenian dan kebudayaan Indonesia. Dan kita harus mempertahankannya.

Cuma sedikit seseorang yang bisa memainkan alat musik daerahnya masing-masing.

Di sini, penulis ingin memberikan salah satu kesenian tradisional dari Indonesia yaitu alat musiknya. Nah, seperti yang kami sampaikan tadi, bahwa Indonesia mempunyai banyak alat-alat tradisional terutama alat musik.

Macam-Macam Alat Musik Tradisional Indonesia

Seperti yang kita ketahui, bahwa negara Indonesia terdiri dari 34 Provinsi, dan setiap provinsi memiliki kebudayaan  masing-masing, terutama alat musik tradisional. Apabila kita sebutkan alat-alat musik tradisional di Indonesia, jika kita hitung, sebenernya berjumlah ratusan alat musik tradisonal di setiap daerah.

Untuk anda yang peduli terhadap alat musik dan kesenian daerah, sehendak mengetahui nama dan jenis alat musik tradisional Indonesia, sehingga agar dapat mewariskan kekayaan kebudayaan negara Indonesia. Berikut ini, beberapa alat musik tradisional Indonesia beserta asal daerahnya.

Saluang

alapedia.blogspot.com

Seluang merupakan salah satu alat musik yang berasal dari daerah Minangkabau Sumatra Barat. Alat musik ini adalah salah satu jenis alat musik tiup yang terbuat dari bambu.

Seluang hampir mirip dengan alat musik seruling, akan tetapi yang membedakannya adalah kalau seluang hanya memiliki 4 lubang di bagian tengah, kalau seruling lebih dari itu.

Gambus

riauberbagi.blogspot.com

Gambus merupakan alat musik petik yang berasal dari daerah Riau. Alat musik ini mengeluarkan bunyi jenis kordofun. Cara memainkannya mirip seperti gitar dengan cara dipetik menggunakan jari. Konon, alat musik ini digunakan sebagai media dakwah.

Angklung

smabpi2bandung.sch.id

Angklung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa barat. Alat musik ini terbuat dari bambu dengan ukuran tertentu, Cara memainkannya dengan cara digoyang sehingga dapat mengeluarkan bunyi. Dan termasuk alat musik yang terpopuler hingga sekarang ini.

Calung

lamios.com

Calung merupakan alat musik yang berasal dari daerah tanah Sunda dan telah berkembang lama di daerah Jawa barat. Banyak orang yang menganggap bahwa kedua alat musik ini sama, padahal keduanya berbeda dan terutama cara memainkannya.

Cara memainkannya dengan cara dipukul bagian bambunya sehingga dapat menghasilkan bunyi yang harmoni.

Kecapi

alampedia.blogspot.com

Kecapi merupakan alat musik yang berasal dari daerah sulawesi Barat. Cara memainkannya dengan cara dipetik senarnya sehingga mengeluarkan bunyi yang indah dan enak. Dan kecapi ini termasuk jenis alat musik yang cukup populer sehingga banyak yang menggelar konser tunggal denga menggunakan kecapi.

Gendang

id.wikipedia.org

Gendang merupakan alat musik yang berasal dari daerah Yogyakarta. Cara memainkannya dengan cara di tepuk menggunakan telapak tangan. Gendang biasanya di pergunakan pada acara dangdut, tari-tarian, dll. Gendang juga mempunyai banyak jenis gendang. Contoh:

Gendang Melayu dari Kepulauan Bangka Belitung

alampedia.blogspot.com

Gendang Panjang dari Kepulauan Riau

ebudaya.m-edukasi.kemdikbud.go.id

Dan ada juga gendang yang berasal dari daerah Banten.

Gamelan

jenisalat.com

Gamelan adalah alat musik yang berasal dari daerah Jawa. Secara bahasa jawa gamel artinya memukul / menabuh, dan diikuti tambahan an di akhir yang menjadikan kata benda. Gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Lombok, Madura, dan Bali. Cara memainkannya dengan cara memuluk.

Kolintang

vinnykumar.com

Kolintang adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari daerah Minahasa Sulawesi Utara. Bentuk kolintang mirip seperti belira yang terdiri dari bilah panjang yang bervariasi kemudian yang di sanggah dengan bambu.

Cara memainkannya dengan cara dipukul, dan si pemukul harus menggunakan alat khusus untuk memukul kolintang sehingga menghasilkan suara yang indah nan bagus. Kolintang nadanya sama seperti yang lain yakni, do, re, mi, fa, so, la, si.

Gong

jasabackdropjakarta.com

Gong merupakan sejenis seperti gamelan, yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Bentuknya bulat dengan tonjolan di bagian tengah, hampir mirip seperti gamelan tapi gong lebih besar. Cara memainkannya dengan cara dipukul.

Bila alat musik bonang berfungsi sebagai pemimpin dalam gamelan, sedangkan gong lebih berfungsi sebagai penjaga nada dari gamelan atau instrumen dalam gamelan.

Serunai

archive.rimanews.com

Serunai merupakan alat musik tradisional berasal dari Nusa Tenggara Barat. Cara memainkannya mirip seperti seruling dengan cara ditiup. Tapi, yang membedakan serunai dan seruling adalah buni yangdihasilkan dari kedua alat musik tersebut.

Serunai biasanya digunakan sebagai pengiring pertunjukan kesenian, terkadang sering juga sebagai pengiring petunjukan tarian tradisional. Serunai memiliki bentuk dan warna sehingga di nilai sebagai seni yang tinggi.

Aramba

dictio.id

Aramba adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Sumatera Utara. Dan alat musik ini terbuat dari tembaga, kuningan, dan logam. Alat ini dimainkan dengan cara dipukul, biasanya aramba digunakan oleh masyarakat sumatera untuk acara pernikahan. Bentuk mirip seperti gamelan, ada tonjolan ditengah.

Sasando

tukinfo.ne

Sasando merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur. Cara memainkannya denga cara dipetik. Banyak turis mancanegara yang sengaja berkunjung ke Indonesia hanya untuk memelajari alat musik sasando ini.

Bunyi yang dihasilkannya indah dan mendayu-dayu sehingga menimbulkan pesona pada orang.

Selain bunyi yang indah dan merdu, sasando memiliki bentuk yang artistik yang berwarna putih.

Doll

budaya-indonesia.com

Doll merupakan sejenis alat musik tradisional yang berasal dari Bengkulu.Bentuknya bulat ovel sama seperti genderang yang siap untuk dimainkan. Dipinggir-pinggir alat musik ini, terdapat hiasan-hiasan, sehingga dapat mempercantik alat musik tersebut.

Doll ini biasanya digunakan pada acara penyambutan, dan ketika digunakan si pemukul harus menggunakan karet sehingga dapat menghasilkan bunyi yang enak di dengar.

Tifa

IndonesiaKaya.com

Tifa adalah salah satu alat musik tradisional yang dimiliki oleh Papua. Bentuknya beragam-ragam ada yang besar, kecil, sedang, dll. Biasanya tifa ini digunakan untuk acara penyambutan atau pesta-pesta yang lain. Dan cara memainkannya denga cara dipukul.

Slenthem

gamelanjawa.com

Slenthem adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Biasanya slenthem dibuat antara campuran kuningan dan seng dengan warna keemasan. Untuk bisa membunyikannya harus dengan cara dipukul.

Bagian-bagian alat ini berupa bilah yang berbentuk berbagai ukuran, dimana setiap bilah-bilah yang berbeda ukuran itu akan menghasilkan nada yang berbeda dengan setiap ukuran.

Kesimpulan:

Nah, sebagai pemuda dan pemudi Indonesia seharusnya kita bangga terhadap kekayaan alam yang di milikinya. Dari segi kesenian maupun kebudayaannya, agar selalu tetap terjaga.

Kita harus melestarikan kesenian dan kebudayaan Indonesia, agar penerus bangsa kita mengetahui, bahwa Indonesia memiliki banyak kesian dan kebudayaannya.

2 pemikiran pada “15 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia beserta Gambarnya”

Tinggalkan komentar